ASUS ROG Strix G531, Laptop Pertama di Dunia Yang Diinspirasi oleh BMW Designworks Group

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Juli 2019 - 12:38 WIB

Asus ROG Strix
Asus ROG Strix

INDUSTRY.co.id - Jakarta – ASUS mengumumkan jajaran laptop gaming ROG Strix G531 di acara ROG “Be Unstoppable”, jajaran laptop gaming ROG Strix terbaru kembali hadir untuk gamer eSport yang sangat bergantung pada refresh rate serta response time layar saat bermain game. Jajaran laptop gaming terbaru tersebut juga dirancang khusus untuk tidak hanya menghadirkan performa terbaik, tetapi juga tingkat respon dan akurasi input yang tinggi.
 
Ditenagai oleh prosesor 9 Gen Intel Core terbaru serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX, ROG Strix SCAR III dan Hero III dipastikan dapat menjadi senjata paling ampuh di medan pertandingan eSport.
 
“Sejak awal ROG Strix didedikasikan khusus untuk para penggemar eSport. Generasi terbaru laptop gaming ROG Strix kali ini hadir lebih hebat lagi dengan refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms pada layarnya. Selain tampil dengan spesifikasi layar tersebut, jajaran laptop gaming ROG Strix terbaru kali ini juga semakin powerful dengan dukungan prosesor 9 Gen Intel Core serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX.” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia beberapa waktu lalu.
 
Yang membuat ROG Strix SCAR III dan Hero III berbeda dari generasi sebelumnya adalah desainnya yang lebih terlihat ramping dan elegan mengadopsi desain ROG Face Off, sebuah laptop gaming konsep hasil kerjasama antara tim ASUS ROG dengan BMW Designworks Group.
 
Beberapa elemen desain yang diadopsi oleh ROG Strix SCAR III dan Hero III adalah engsel layar yang terinspirasi oleh desain pada pintu mobil sport. Selain itu elemen pendinginan dan bentuk bodi sebagian besar juga mengadopsi desain ROG Face Off. Seluruh port di ROG Strix SCAR III dan Hero III juga ditempatkan di sisi belakang dan samping kiri, membuat pergerakan mouse tidak akan terganggu oleh kabel atau objek lainnya yang terhubung ke port.
 
ROG Strix SCAR III dan Hero III juga dilengkapi dengan fitur baru bernama Keystone, yaitu sebuah “kunci” untuk mengakses berbagai fitur ekstra di laptop terbaru ini. Keystone dipasang pada bodi ROG Strix SCAR III dan Hero III dan dapat menyimpan berbagai pengaturan yang ada di aplikasi Armoury Crate. Selain itu, Keystone juga dapat digunakan untuk menampilkan Shadow Drive, yaitu drive penyimpanan tambahan yang hanya dapat dilihat jika Keystone dipasang.
 
Secara keseluruhan, ROG Strix SCAR III dan Hero III hadir dengan desain yang unik dan mudah untuk dikenali. Pengguna laptop gaming terbaru ini bahkan bisa membuat laptopnya tampil lebih personal melalui RGB LED yang dapat dikustomasi. Lewat aplikasi Armoury Crate, pengguna ROG Strix SCAR III dan Hero III dapat menghadirkan tampilan RGB LED sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, fitur Aura Sync juga memungkinkan tampilan RGB LED di laptop gaming ini disinkronkan dengan perangkat lain seperti mouse dan headset.
 
ROG Strix SCAR III dan Hero III tidak hanya sekadar hadir dengan layar ultra-responsif. Laptop gaming ini juga dilengkapi dengan hardware terkini yang menjamin pengalaman bermain game maksimal, tidak hanya di seluruh judul game eSport tetapi juga pada game AAA. Lebih jauh lagi, ASUS menghadirkan opsi layar dengan refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms pada laptop gaming ini. ASUS juga merupakan produsen laptop pertama di dunia yang mengusung teknologi layar ultra-cepat tersebut ke dalam sebuah laptop gaming.
 
Laptop terbaru ini telah ditenagai oleh prosesor 9 Gen Intel Core dengan versi tertingginya yaitu Intel Core i9-9980H yang hadir dengan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Prosesor ini dapat menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,8GHz pada mode Turbo dan merupakan salah satu prosesor mobile paling kencang dari Intel saat ini.
 
Dari sisi grafis, jajaran laptop ROG Strix terbaru ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX dan GTX dengan versi tertingginya telah dilengkapi dengan GeForce RTX 2070. Chip grafis tersebut tidak hanya memiliki performa yang tinggi dan dapat menjalankan seluruh game eSport tanpa kompromi, bahkan game AAA pun dipastikan dapat dimainkan dengan lancar.
 
ROG Strix SCAR III dan Hero III telah dilengkapi dengan RAM DDR4 berkapasitas 32GB sehingga juga dapat digunakan untuk multitasking seperti bermain game sambil melakukan live streaming. Agar performanya lebih kencang, ASUS menempatkan RAM dengan frekuensi 2666MHz serta menggunakan NVMe PCIe SSD sebagai media penyimpanannya.

ROG Strix SCAR III dan Hero III menggunakan dua kipas 12V berteknologi n-Blades yang mampu menghasilkan aliran udara lebih baik dari kipas standar di laptop gaming lainnya. Teknologi n-Blades memanfaatkan bilah kipas (fan blade) terbuat dari liquid-crystal polymer yang sangat tipis namun tetap kuat menahan gaya di RPM tinggi. Sistem pendingin di laptop gaming ini juga dapat bekerja secara otomatis dan mengatur kecepatannya sesuai dengan beban kerja yang sedang berjalan.
 
Selain ROG Strix SCAR III dan Hero III, ASUS juga menghadirkan varian laptop gaming baru yang masuk ke dalam jajaran ROG Strix yaitu ROG Strix G. Berbeda dengan ROG Strix SCAR III dan Hero III yang dirancang khusus hanya untuk gamer eSport bahkan juga untuk atlet eSport profesional, ROG Strix G lebih dirancang untuk mereka yang gemar bermain game eSport namun tetap memainkan game lainnya.
 
Beberapa perbedaan yang mencolok dari ROG Strix G adalah varian dan spesifikasinya yang lebih beragam dari ROG Strix SCAR III dan Hero III. Selain itu, ROG Strix G juga tidak memiliki fitur Keystone dan menggunakan panel dengan refresh rate hingga 120Hz.
 
Meski demikian, keseluruhan desain bodi pada laptop gaming ini masih sangat serupa dengan ROG Strix SCAR III dan Hero III. Sistem pendingin, engsel serta elemen desain lain yang diadaptasi dari ROG Face Off masih digunakan di ROG Strix G.
 
Bahkan dalam urusan performa, ROG Strix G juga tetap tampil powerful berkat penggunaan prosesor 9 Gen Intel Core hingga Core i7-9750H dan ditenagai oleh chip grafis hingga GeForce RTX 2070. Laptop gaming ini juga tetap dilengkapi dengan RAM DDR4 yang berjalan di frekuensi 2666MHz serta mendukung penyimpanan NVMe PCIe SSD.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.

Ilustrasi 5G.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:03 WIB

Menyambut 5G, Ini Tantangan yang Dihadapi di Indonesia

Indonesia belum memanfaatkan secara penuh data dalam pembangungan.

Sony luncurkan kamera Alpha 7R IV dan RX100 VII di ajang Alpha Festival 2019.(Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:40 WIB

Alpha Festival 2019 Luncurkan Sony α7R IV dan RX100 VII

Mempersembahkan kamera Sony bagi semua tipe fotografer di berbagai experience zone.

Mandiri Syariah sedang bertransaksi dengan nasabahnya

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:14 WIB

Gandeng Metland, Mandiri Syariah Genjot KPR

Jakarta -Menawarkan pembiayaan kepemilikan rumah dengan prinsip syariah, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bekerja sama dengan pengembang perumahan (developer) besar diantaranya PT Metropolitan…

PT FWD Life Indonesia (FWD Life), (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 11:00 WIB

FWD Luncurkan FWD Elite Signature di INSEAD

FWD Group (“FWD”) baru-baru ini mengumumkan peluncuran FWD Elite Signature di Program INSEAD, sebuah platform pengembangan pertama di industri asuransi untuk para agency leaders guna mentransformasi…