Tak Hanya Bangun Resort Bertaraf Internasional,SD Darmono Juga Dirikan Sekolah Gratis di Tanjung Lesung

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Juli 2019 - 21:53 WIB

Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono
Direktur Utama PT Jababeka Tbk SD Darmono

INDUSTRY.co.id - Tanjung Lesung - Tidak hanya membangun resort bertaraf internasional di Tanjung Lesung, Chairman PT Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono juga membangun sekolah gratis untuk anak-anak setempat. Mulai dari tingkat kanak-kanak sampai sekolah menengah.

Direktur Operasional Banten West Java, Kunto Wijoyo menjelaskan, SD Darmono mendirikan sekolah TK dan SMP Darma Cahya Purnama, serta SMK Krida Taruna. Niat ini muncul karena keprihatinan SD Darmono saat melihat adanya lembaga pendidikan yang minim di Tanjung Lesung.

Sementara, profesi masyarakat terbatas karena mata pencaharian mereka kebanyakan bercocok tanam dan nelayan. Oleh karenanya, pada tahun 2001 ia berinisiatif untuk membuat sekolah dan juga balai pengobatan. 

"Mengapa sampai mendirikan sekolah dan balai pengobatan? Karena pak Darmono ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hanya lewat pendidikan dan kesehatanlah kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” kata Kunto Wijoyo, Selasa, (7/9/2019).

Tak tanggung-tanggung, SD Darmono menggratiskan seluruh biaya pendidikan bagi anak-anak yang bersekolah di sana. Hal itu, kata Kunto, merupakan wujud kepedulian SD Darmono terhadap pendidikan dan keadaan masyarakat yang kurang mampu.

“Dulu, saat sekolah digratiskan saja, anak-anak masih bersekolah tanpa alas kaki. Masa iya kami ingin membebani lagi. Lantas dari mana bisa menggaji guru dan kegiatan operasioanal tetap berjalan? Semuanya pak SDD yang membiayai, dan sampai sekarang pun pak SDD tidak mengambil biaya satu sen pun,” kenang Kunto.

“Bahkan para karyawan di Tanjung Lesung sebagian besar sekolah di sana. Artinya apa? Pak Darmono tak hanya menggratiskan sekolah untuk anak, tetapi juga memberi pekerjaan untuk bisa hidup dan mandiri,” tambahnya.

Kepedulian SD Darmono tak sampai di situ, sistem pembelajaran sekolah-sekolah di sana menitikberatkan pada agama. Menurut Anas Sunarya S.Ag, Kepala Sekolah SMK Krida Taruna-Tanjung Lesung, SD Darmono sejak semula menyambut baik dan memfasilitasi sistem pembelajaran berbasis Islam yang dilakukan di SMK Krida Taruna.

“Contohnya, sebelum memulai pelajaran pertama sekolah, para siswa diharuskan membaca doa dan membaca Al-Quran,” ungkapnya.

Eli Suyanti S.Pd, Kepala Sekolah TK Darma Cahya Purnama, menambahkan, sistem pembelajaran berbasis Islam juga dijalani mulai tingkat TK. TK Darma Cahya Purnama selain melakukan program belajar dan bermain, para murid TK juga dianjurkan menghafal berbagai doa, ilmu agama Islam, dan budi pekerti.

“Semua dengan harapan siswa mampu menyerap dan memahami ilmu sebagai bekal untuk menjalani pendidikan ke jenjang selanjutnya. Dan seperti pak Darmono inginkan anak di sekitar Tanjung Lesung tumbuh dengan baik dan menjadi anak cerdas,” pungkas Eli. (dtk)
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bal

Minggu, 11 April 2021 - 21:41 WIB

Luar Biasa Terobosan Pak Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bali

DenpasarSebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Indonesia Coral…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 21:08 WIB

DPR dan Pakar Ekonomi Ungkap Beban Berat APBN Pulihkan Perekonomian

kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas defisit anggaran melampaui 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan…

Saleh Partaonan Daulay , Komisi IX DPR

Minggu, 11 April 2021 - 20:45 WIB

Saleh DPR: Masjid BUMN dan Pemerintah Harus Tetap Moderat, Tak Boleh Bermazhab

Anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyerukan masjid-masjid harus tetap menjaga sikap moderatnya di tengah masyarakat. Masjid tidak boleh berafiliasi pada mazhab dan aliran tertentu, apalagi…

Ilmuwan BATAN (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 20:33 WIB

Agar Maju, Pemerintah Diminta DPR Kembangkan Tenaga Nuklir, Sugeng: Skala Kecil Saja Dulu, Kami Dukung...

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyampaikan, tenaga nuklir saat ini sudah dikembangkan dan menjadi tren di negara-negara maju sebagai energi alternatif.  Menurutnya, Indonesia sebenarnya…

Pembangkit Listrik

Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)…