Penjelasan Jasa Marga Mengenai Sistem Aplikasi FLO dan LinkAja Sebagai Alat Pembayaran di Jalan Tol

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Juli 2019 - 06:00 WIB

 PT Jasa Marga Tbk (JSMR) / http://pasarmodal.inilah.com
PT Jasa Marga Tbk (JSMR) / http://pasarmodal.inilah.com

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Untuk memberikan pemahaman yang lebih tepat terkait Sistem Aplikasi FLO dan LinkAja sebagai salah satu alat pembayaran di jalan tol yang dikutip beberapa pemberitaan di media dan percakapan di media sosial, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) menyampaikan beberapa penjelasan berikut.

1. Pembayaran Tarif Tol Dengan Sistem SLFF di Jalan Tol

Direktur Utama PT JMTO, Septerianto Sanaf, mengatakan PT JMTO menginisiasi dan mengembangkan sistem transaksi _Single Lane Free Flow_ (SLFF) di jalan tol yang diberi nama FLO. FLO merupakan Sistem Pembayaran Tol Prabayar berbasis _Mobile Application_ dan _Sticker,_ yang menggunakan teknologi _Radio Frequency Identification_ (RFID), serta menggunakan _source of fund_ berbasis Voucher Elektronik (VE).

 

“Dengan mengunduh mobile application FLO di _smartphone,_ lalu mengkoneksikannya dengan _Sticker_ FLO maka pengguna jalan tidak perlu lagi berhenti untuk _tapping_ uang elektronik saat melewati gerbang tol. Untuk lebih memudahkan pengguna jalan, dalam waktu dekat menu pembelian VE FLO juga akan tersedia ada di _mobile application_ LinkAja, ” jelas pria yang akrab dipanggil dengan Aan ini.

 

2. LinkAja Berperan Sebagai Sumber Dana Pembelian Voucher Elektronik (VE) Aplikasi FLO.

Peran LinkAja dalam mekanisme kerjasama antara PT JMTO dan LinkAja adalah sebagai sumber dana untuk pembelian Voucher Elektronik (VE) FLO yang dapat digunakan untuk pembayaran tarif tol melalui aplikasi FLO, bukan sebagai alat pembayaran langsung yang dapat digunakan oleh pengguna jalan.

“Nantinya, untuk pengguna LinkAja yang sudah melakukan pembelian voucher elektronik FLO melalui _mobile application_ LinkAja, akan dapat melewati atau mengakses Gardu Tol khusus di Jalan Tol Jasa Marga, dengan menggunakan aplikasi dan sticker FLO di kendaraan yang kami kembangkan,” lanjut Aan.

3. Saat Ini SLFF dengan Aplikasi FLO Masih Dalam Tahap Uji Coba Terbatas.

Walaupun hingga saat ini jumlah Gardu Tol khusus pengguna Aplikasi & Sticker FLO telah mencapai 20 gardu yang tersebar di Jabotabek, FLO belum dijual untuk masyarakat umum. PT JMTO masih melakukan uji coba terbatas dengan mengedepankan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diantaranya melalui kerjasama dengan armada operasional Garuda Indonesia dan bus-bus milik DAMRI.

 

“Kami harap uji coba terbatas untuk memastikan kesiapan teknologi dan produk dapat berjalan lancar, sehingga di akhir tahun 2019 dapat dijual kepada masyarakat dengan target 200 Gardu Tol khusus dapat melayani pengguna FLO,” jelas Aan.

 

4. Bayar Tol Tetap Harus Mengurangi Kecepatan

Aan juga menjelaskan yang dimaksud pembayaran tanpa henti adalah dengan menggunakan Aplikasi dan Sticker FLO, maka pengguna jalan tidak perlu berhenti untuk tapping uang elektronik.

“Ini beda hal dengan tidak perlu mengerem sama sekali. Pengguna FLO tetap harus mengurangi kecepatan saat memasuki Gerbang Tol. Demi keamanan pengguna jalan, kecepatan yang kami sarankan adalah 30Km/jam,” tegas Aan.

Dengan adanya inovasi FLO yang berbasis RFID ini menunjukkan bahwa Jasa Marga konsisten untuk terus melakukan pengembangan pada berbagai aspek, baik dari segi fasilitas maupun layanan kepada pengguna jalan tol.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erich Gerber, selaku senior vice president TIBCO Software untuk kawasan EMEA dan APJ

Selasa, 07 April 2020 - 11:21 WIB

TIBCO Ditetapkan Sebagai Pemimpin dalam Laporan Platform Bisnis Digital 2020 oleh Aragon Research

TIBCO Software Inc., mengumumkan pengukuhan sebagai Pemimpin dalam laporan Aragon Research Globe Digital Business Platforms 2020  untuk kedua kalinya berturut-turut.

Airmas Group Berikan makanan kepada Ojol dan masyarakat

Selasa, 07 April 2020 - 11:10 WIB

Terdampak Covid-19, Bos Airmas Group Basuki Surodjo: Kami Putuskan Turun Kejalan Berbagi Makanan kepada Tukang Ojek dan Pedagang

Airmas Group merupakan perusahaan teknologi informasi yang bergerak di bidang e-commerce dengan bendera Ayooklik.com yang memiliki cabang di 26 provinsi di Indonesia dan unit-unit usaha lainnya…

Pamelo mask

Selasa, 07 April 2020 - 11:10 WIB

Pamelo Bersama Industri Fesyen Lawan Virus Corona Lewat Pamelo Cares

Pomelo juga akan meluncurkan fitur untuk menyumbangkan dana atau masker secara langsung ke mitra organisasi kesehatan di Thailand, Singapura, dan Indonesia, serta melakukan kampanye sosial dan…

Synopsys

Selasa, 07 April 2020 - 11:00 WIB

Code quality and maintenance: Emerging risks of open source use

In the invaluable Gartner research paper Technology Insight for Software Composition Analysis, the analyst cites an interesting finding during his examination of the current state of SCA (software…

Logitech G

Selasa, 07 April 2020 - 10:40 WIB

Psysical Distancing, Logitech G Meluncurkan Gerakan #PlayAtHome

Logitech G, sebuah brand dari Logitech membuat gerakan bertajuk #PlayAtHome guna mendukung himbauan pemerintah dan WHO untuk menyukseskan physical distancing, sehingga semua masyarakat dapat…