Tingkatkan Pengembangan Usaha dan Pemasaran UMKM, Kemenkop Gelar Pelatihan Bersama Gojek

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 09 Juli 2019 - 05:50 WIB

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Perkoperasian, Drs Talkah Badrus, MM, saat berfoto bersama peserta pelatihan wirausaha UMKM
Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Perkoperasian, Drs Talkah Badrus, MM, saat berfoto bersama peserta pelatihan wirausaha UMKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa selaku pengelola Gojek melakukan pelatihan wirausaha. Kerjasama ini dilakukan dalam upaya meningkatkan pengembangan usaha dan pemasaran para pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pelatihan yang mengambil tema 'Pelatihan Digital Marketing Go-Nusantara' ini, dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Perkoperasian, Drs Talkah Badrus, MM, di gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Selain Talkah Badrus, acara tersebut, juga dihadiri Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Selatan II Rizaldi dan Senior Manager Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek Presthysa Nagitha. 

"Terima kasih terhadap Gojek yang telah bersedia kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Kerja sama ini dilakukan, karena kita rasakan bahwa pembinaan terhadap UMKM dalam kaitannya dengan pengembangan usaha, khususnya di bidang pemasaran, saat ini sangat diperlukan, terutama berkaitan dengan perkembangan informasi teknologi," ujar Talkah, dalam sambutannya. 

Menurut dia, para pelaku usaha, mau tidak mau harus mulai mengikuti perkembangan teknologi. Kerja sama seperti ini, katanya, sangat diperlukan, karena sebagian besar pelaku UMKM belum memiliki kemampuan atau pengetahuan di bidang teknologi, sehingga pengembangan usahanya dapat dikategorikan sulit berkembang atau jauh ketinggalan dengan UMKM yang lebih dahulu mengikuti perkembangan teknologi.

"Karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan kerjasama dengan Gojek ini, tidak lain bertujuan untuk mendorong agar para pelaku UMKM melek terhadap teknologi. Maka tindak lanjut dari MoU sebelumnya, kita melakukan pelatihan-pelatihan,  termasuk di dalamnya pelatihan terkait usaha menggunakan teknologi, dengan program 'GO NUSANTARA', yakni Gerakan Online Nusantara," katanya menambahkan. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Kemenkop dan UKM, tahun 2018, 99% industri Indonesia ditopang oleh UMKM. Dengan total 62 juta unit Gojek yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara, UMKM menjadi solusi
dalam menciptakan banyak lapangan kerja, dimana UMKM merupakan basis   terbesar di tanah air dalam upaya meningkatkan perekonomian nasional. 

Kolaborasi antara Kemenkop dan UKM dengan Gojek ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari tantangan-tantangan para pelaku UMKM melalui pelatihan dan edukasi bagi para pelaku UMKM agar mereka dapat mengakses pasar yang lebih luas melalui teknologi.

"Program ini diharapkan dapat menciptakan dampak sosial yang positif dalam skala besar bagi masyarakat Indonesia," katanya. 

Sementara itu, Senior Manager Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek, Presthysa Nagitha mengatakan, UMKM berpotensi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. "Namun demikian, terdapat tantangan yang dihadapi oleh UMKM mulai dari keterbatasan pada akses pasar yang lebih luas, akses ke teknologi, serta akses pada peningkatan skill," kata Presthysa. 

Karena itu, dia menyatakan, Gojek sebagai perusahaan teknologi terdepan di Indonesia, berkomitmen untuk membantu para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan skala bisnis dan memperluas pasarnya.

"Komitmen ini ditunjukkan melalui program Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara (Go-Nusantara), sebuah program pelatihan berbisnis yang diberikan oleh Gojek kepada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka," ujarnya menambahkan.

Program ini, kata Presthysa, bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia bisa menjadi naik kelas dengan masuk ke dunia digital.

Presthysa mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan Go-Nusantara ini, antara lain, peserta dapat mengetahui bagaimana cara mengembangkan bisnis mereka melalui platform digital yang sudah tersedia.

"Peserta juga dapat memiliki akses pasar yang lebih luas dalam memasarkan produk usahanya," ujar Presthysa lebih lanjut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…