2019, Bisnis Waralaba Diproyeksi Bakal Tumbuh 10 Persen

Oleh : Ridwan | Jumat, 05 Juli 2019 - 15:20 WIB

Pameran Waralaba (Ist)
Pameran Waralaba (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia Andrew Nugroho optimis pertumbuhan usaha franchise atau waralaba di Indonesia tumbuh 10 persen tahun 2019 secara tahunan (yoy).

"Target kami growth 10 persen untuk tahun 2019 year on year (yoy). Kalau tahun lalu enggak sampai 10 persen, mungkin sekitar 5-6 persen," kata Andrew Nugroho dalam acara IFRA 2019 di Jakarta Convention Center, Jumat (5/7/2019).

Dijelaskan Andrew, target pertumbuhan tersebut meliputi pertumbuhan cabang, konsep baru, dan transaksi.

Andrew mengakui, sejauh ini produk makanan dan minuman (food and beverage) menyumbang paling banyak untuk pertumbuhan waralaba di Indonesia. Alasannya karena jangkauan pasarnya lebih luas dan produk yang dihasilkan lebih simpel.

"Pasarnya food and beverage itu besar sekali, dan memang kalau orang jualan kopi atau kue itu lebih simpel. Jadi banyak pertumbuhannya dari sektor food and beverage itu," papar Andrew.

Untuk tahun 2019, Andrew tak memungkiri pertumbuhan waralaba akan didominasi kembali oleh sektor food and beverage tersebut. Kendati mendominasi, Andrew yakin sektor lainnya bisa terus tumbuh.

"Iya memang akan ditopang F&B juga, tapi tidak menutup kemungkinan pertumbuhan tumbuh di jasa-jasa kursus dan minimart yang masih tetap populer," ungkap dia.

Pertumbuhan stabil yang diperlihatkan waralaba Indonesia, kata Andrew, terlihat dari beberapa usaha waralaba Indonesia yang mampu bersaing di kancah global. Andrew menyebutkan beberapa nama seperti Es Teler 77, J.Co, dan Kebab Baba Rafi.

Andrew berharap, waralaba bisa terus menaikkan kelasnya ke kancah global, terlebih dengan diselenggarakannya acara International Franchise, Lisence, and Bussiness Concept Expo & Conference (IFRA) 2019 hingga hari Minggu mendatang.

"Sekarang yang terdaftar di kami waralaba Indonesia di luar negeri itu baru sekitar 20 merek. Tapi dengan adanya kerjasama asosiasi franchise yang datang ke IFRA, mungkin bisa nambah 3-4 persen," harap Andrew.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan melakukan penataan akses masuk truk petikemas

Sabtu, 19 September 2020 - 08:00 WIB

TPK Belawan Lakukan Penatan Akses Masuk Terminal Tingkatkan Layanan

TPK Belawan melakukan penataan akses masuk mulai tanggal 20 Agustus 2020 dan sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder…

Dyah Roro Esti Anggota DPR RI (Foto Ist)

Sabtu, 19 September 2020 - 07:00 WIB

Dyah Roro Esti Ajak Kaum Milenial Terjun ke Dunia Politik

Roro menyadari bahwa cara tercepat membuat sebuah perubahan adalah dengan terlibat aktif di parlemen atau pemerintahan. Semua ini memotivasi dirinya untuk menjadi bagian dari sistem tersebut.…

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 19 September 2020 - 06:00 WIB

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Marines Cycling Community (MCC) atau komunitas bersepeda Korps Marinir TNI AL dibawah pimpinan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bersama-sama lawan Covid…

Sabtu, 19 September 2020 - 05:30 WIB

Atlet Dayung Korps Marinir Tinngkatkan Kemampuan Jelang Seleksi PON Papua

Pelatih dayung Marwiltim Sertu Marinir Ramijo mengatakan penjaringan atlet ini sangat penting untuk kaderisasi dan regenerasi dalam meningkatkan prestasi pedayung agar tidak kehabisan stok.…

Patroli Kewaspadaan Sungai dan Rawa Oleh Prajurit Yonif 5 Marinir Malang

Sabtu, 19 September 2020 - 05:00 WIB

Patroli Kewaspadaan Sungai dan Rawa Oleh Prajurit Yonif 5 Marinir Malang

Kegiatan latihan yang dipimpin Komandan Kompi Latihan Jaguar Yonif 5 Marinir Letda Marinir Mardian tersebut merupakan program pembinaan yang dilaksanakan Brigif 2 Marinir yaitu latihan Satuan…