Pameran China-ASEAN Expo Indonesia

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 04 Juli 2019 - 14:37 WIB

Pameran China-ASEAN Expo Indonesia(Foto Dok Industry.co.id-)
Pameran China-ASEAN Expo Indonesia(Foto Dok Industry.co.id-)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dalam rangka meningkatkan perdagangan berskala Internasional antara negara negara Asia Tenggara (Asean) dalam waktu dekat akan diselenggarakan China-ASEAN Expo. Ini adalah acara ekonomi dan perdagangan internasional yang disponsori bersama oleh Tiongkok dan Kementrian Ekonomi dan kementrian  Perdagangan Indonesia. Expo yang diadakan setiap bulan September di kota Nanning, Tiongkok.

Sejauh ini, ASEAN expo telah berhasil diselenggarakan sebanyak 15 kali dan menjadi platform penting untuk mempererat hubungan dan mengembangkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, serta kerja sama di bidang lainnya antara negara Tiongkok dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Pada tahun 2018, Indonesia mengekspor US $24,39 miliar ke Tiongkok, meningkat sebesar 14,3% dibanding tahun sebelumnya, atau sebanyak 15,0% dari total ekspor Indonesia. Indonesia mengimpor US $36,62 miliar dari Tiongkok, meningkat sebanyak 30,9% dari tahun sebelumnya, atau sebanyak 27,9% dari total impor Indonesia. Dengan ini, Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia.

Tahun 2019 ini adalah peringatan ke 69 atas pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dengan Indonesia, dan Indonesia akan menjadi tema negara dari Expo ke-16 kali ini.

Untuk lebih memperdalam hubungan kerjasama ekonomi dan perdagangan bilateral, Guangxi International Expo Group bersama dengan Sekretariat China-ASEAN Expo dan Departemen Bisnis Daerah Otonomi Guangxi Zhuang akan menyelenggarakan China-ASEAN expo Indonesia tahun 2019 di Pusat Pameran Internasional Jakarta di Indonesia pada tanggal 11 Juli hingga 13 Juli 2019.

Pameran di Indonesia kali ini adalah pameran yang kedua kalinya dilaksanakan setelah pameran pada tahun 2015. Pameran ini telah didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, Kamar Dagang Indonesia Tiongkok, dan Dewan Bisnis Indonesia Tiongkok. Perusahaan dalam dan luar negeri semuanya antusias, interaktif dan memiliki banyak hal menarik.

 

Karena perusahaan yang mengikuti pameran memiliki integritas tinggi, kualitas barang pameran yang sangat baik, dan harga yang kompetitif. 

Pameran kali ini memiliki luas sebesar 4.000 meter persegi dengan peserta yang termasuk ke dalam 500 perusahaan kuat di Tiongkok. Selama ini perusahaan tersebut telah memenuhi kebutuhan pasar dengan kualitas tinggi. Pameran ini berpusat pada lima kategori utama, yaitu: mesin dan peralatan, teknologi terbaru dan tercanggih, barang-barang konsumsi sehari-hari, produk pertanian dan makanan.

Bersamaan dengan itu tahun ini bertepatan dengan dimulainya "Visi Kemitraan Strategis China-ASEAN 2030". Keberadaan pameran ini merupakan wadah untuk mempererat hubungan persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia, untuk mengembangkan inovasi dan bekerjasama dalam menciptakan masa depan yang sejahtera bagi kedua negara. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sejumlah Tokoh Sampaikan Amicus Curiae Terkait Uji Materi Pasal 2 UU Tipikor

Jumat, 29 Agustus 2025 - 00:35 WIB

24 Tokoh Sampaikan Amicus Curiae Terkait Uji Materi Pasal 2 Ayat (1) dan 3 UU Tipikor

Jakarta-Sebanyak 24 tokoh antikorupsi menyampaikan pandangannya sebagai amicus curiae (sahabat pengadilan) terkait uji materi (judicial review) atas Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-undang…

Jan Sysmans, Mobile App Security Evangelist, Appdome

Jumat, 29 Agustus 2025 - 00:27 WIB

Loyalty Fraud Ancam Konsumen Digital Indonesia, Perlu Pendekatan Keamanan Berlapis

Jakarta-Pesatnya adopsi teknologi dan transformasi digital di sektor keuangan dan ritel Indonesia menghadirkan peluang sekaligus tantangan baru. Salah satu ancaman yang kini semakin marak adalah…

BTN kembali membuka Digital Store di Jakarta. Outlet yang ketiga kali ini di buka di jantung investasi nasional, yakni di Gedung Bursa Efek Indonesia. Digital Store menjadi wujud transformasi wajah perbankan modern BTN untuk masyarakat Indonesia yang makin digital.

Kamis, 28 Agustus 2025 - 23:09 WIB

Bidik Komunitas Modern, BTN Luncurkan Digital Store di Bursa Efek Indonesia

Jakarta– PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) resmi membuka BTN Digital Store di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Digital Store ini bukan sekadar pengganti kantor cabang…

(kiri ke kanan) Direktur Wholesale & International Services Telkom Honesti Basyir, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini, dan CEO Telin Budi Satria Dharma Purba saat sesi Press Conference BATIC di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada Selasa (26/8).

Kamis, 28 Agustus 2025 - 22:53 WIB

BATIC 2025 Edisi-10: Igniting Tomorrow’s Digital Evolution - Hubungkan Konektivitas Global

PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kembali menyelenggarakan Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) edisi ke-10…

Super Indo ajak 28.000 anak nikmati buah lokal di seluruh gerai.

Kamis, 28 Agustus 2025 - 22:44 WIB

Super Indo Rayakan Ulang Tahun ke-28 dengan Ajak 28.000 Anak Nikmati Buah Lokal di Seluruh Gerai

Super Indo rayakan ulang tahun ke-28 dengan program “Rayakan Buah Lokal” melibatkan 28.000 anak SD di seluruh gerai. Edukasi konsumsi buah lokal sejak dini sekaligus dukung petani lokal.