Krakatau Steel Suplai Pipa Baja dalam Sinergi BUMN untuk Kembangkan Dermaga Tanjung Mas

Oleh : Herry Barus | Kamis, 04 Juli 2019 - 03:00 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Krakatau Steel melalui anak usahanya, PT KHI Pipe Industries (KHI) melakukan pengiriman perdana pipa proyek Pengembangan Dermaga Pelabuhan Tanjung Jetty Emas pada Senin (2/7/2019) lalu. Proyek Pengembangan Dermaga Pelabuhan Jetty Emas milik PT Pelindo III merupakan Proyek Sinergi empat BUMN, yaitu PT  Hutama Karya sebagai kontraktor, KS melalui anak usahanya KHI mensuplai pipa konstruksi dan  PT Bhanda Graha Reksa sebagai transportir.

Pada proyek pengembangan dermaga tersebut, dimensi terminal seluas 38 x 300 meter ditinggikan 2,1 meter low water spring (LWS) atau permukaan airnya. Pengembangan ini dilakukan agar dermaga yang semula untuk general cargo, bisa menjadi dermaga peti kemas.

 

KHI mensuplai pipa dengan spesifikasi ASTM A252 untuk konstruksi dermaga pelabuhan Tanjung Emas dengan total order sebanyak 7.300 ton. Pipa dengan diameter bervariasi antara 32-47” dan panjang masing-masing 12 meter ini menggunakan aplikasi coating (pelapisan anti korosi) 3LPE (three layer polyethylene) dan varnish. Seluruh bahan baku Hot Rolled Coil (HRC) yang digunakan di dalam pembuatan pipa ini berasal dari hasil produksi Krakatau Steel.

 

Direktur Utama PT KHI Pipe Industries Jati Santiono mengatakan, Krakatau Steel bersama anak usahanya akan selau berupaya mendukukung pembangunan infrastruktur dalam negeri yang akan bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Produk Krakatau Steel dan turunannya memiliki kualitas yang baik dan mampu memenuhi spesifikasi untuk konstruksi pembangunan.

“Melalui sinergi BUMN yakni PT Hutama Karya sebagai kontraktor, KS melalui anak usahanya mensuplai pipa konstruksi dan PT Bhanda Graha reksa sebagai transportir dapat menumbuh kembangkan industri baja dalam negeri sebagai mother of industries,” ungkap Jati.

Jati juga menyatakan, pihaknya juga akan menyelesaikan pengiriman pipa tepat waktu dengan tetap memperhatikan kualitas produk dalam setiap proyek yang dijalankan.

 

Sekilas tentang PT KHI Pipe Industries

PT KHI Pipe Industries – “World Class Steel Pipe Manufacturer and Corrosion Protection Applicator”

PT KHI Pipe Industries (KHI) merupakan salah satu anak usaha milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang manufacturing pipa baja dan jasa pelapisan anti korosi.

Terdapat dua tipe pipa yang mampu di produksi KHI, yaitu Pipa Baja Spiral dan Pipa Baja HFRW (High Frequency Resistance Welded). Dengan kapasitas produksi pipa baja spiral sebesar 150.000 ton/tahun dan pipa baja HFRW sebesar 220.000 ton/tahun menjadikan KHI sebagai pabrikan pipa baja yang handal. Pipa yang diproduksi KHI dapat diaplikasikan di Industri perminyakan dan gas, konstruksi dan infrastruktur

Selain itu sebagai pabrikan pipa yang terintegrasi KHI juga memiliki fasilitas pelapisan anti korosi dengan kapasitas produksi mencapai 800.000 sqm/tahun. Beberapa jenis pelapisan anti korosi yang dapat dilakukan oleh KHI yaitu 3LPE (three layer polyethylene), 3LPP (three layer polypropylene), Coaltar Enamel Coating, Asphalt Enamel, Concrete Weight Coating, dan Internal Cement Lining. 

A.        Pipa Baja Spiral

-           Kapasitas Produksi : 150.000 ton/tahun

-           Diameter : 12” - 80”

-           Panjang Pipa : 12.4 meter untuk Line Pipe dan 65 meter Pilling Pipe

B.        Pipa Baja HFRW (High Frequency Resistance Welded) 

-           Kapasitas Produksi : 220.000 ton/tahun

-           Diameter : ½” – 20”

C.        Fasilitas Coating

-           Internal Coating : 

•           Diameter : 4” - 60”

•           Kapasitas Produksi : 800.000 sqm/year

-           Eksternal Coating

•           Diameter : 4” – 80”

•           Kapasitas Produksi  : up to 1.600.000 sqm/year

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Investor pemula ke IPCC

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:10 WIB

IPCC Nikmati Peningkatan Ekspor Kendaraan CBU

Jakarta - Belum pulihnya kondisi ekonomi global akibat dari imbas perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok tak menyurutkan semangat PT Indonesia Terminal Tbk (IPCC) untuk meningkatkan…

Ki Manteb Soedharsono (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:02 WIB

Ki Manteb Soedarsono Tampil Pada Perayaan HUT Ke-44 SENAWANGI

Dalam rangka ulang tahun ke 44 Sena Wangi Menggelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dengan menyuguhkan lakon Sri Sadana. Updi Gedung…

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK saat upacara HUT RI ke 74

Minggu, 18 Agustus 2019 - 05:40 WIB

HUT RI ke 74, OJK Tekankan SDM Unggul, Indonesia Maju

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 kemarin. Tema peringatan hari Kemerdekaan tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:15 WIB

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Wayang, sebagai warisan seni budaya yang sudah diakui oleh dunia, harus terus dijaga kelestariannya. Untuk itu wayang harus bisa menjangkau kaum milenial yang saat ini tumbuh dalam dunia yang…

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:05 WIB

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Penerbit Smart Media menyelenggarakan acara Launching dan Bedah Buku terbaru karya Mulyanto Utomo berjudul ‘Orang Lumpuh Naik Haji’, di Rumah Makan Taman Sari, Jalan Adi Sucipto, Colomadu,…