Krakatau Steel Suplai Pipa Baja dalam Sinergi BUMN untuk Kembangkan Dermaga Tanjung Mas

Oleh : Herry Barus | Kamis, 04 Juli 2019 - 03:00 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Krakatau Steel melalui anak usahanya, PT KHI Pipe Industries (KHI) melakukan pengiriman perdana pipa proyek Pengembangan Dermaga Pelabuhan Tanjung Jetty Emas pada Senin (2/7/2019) lalu. Proyek Pengembangan Dermaga Pelabuhan Jetty Emas milik PT Pelindo III merupakan Proyek Sinergi empat BUMN, yaitu PT  Hutama Karya sebagai kontraktor, KS melalui anak usahanya KHI mensuplai pipa konstruksi dan  PT Bhanda Graha Reksa sebagai transportir.

Pada proyek pengembangan dermaga tersebut, dimensi terminal seluas 38 x 300 meter ditinggikan 2,1 meter low water spring (LWS) atau permukaan airnya. Pengembangan ini dilakukan agar dermaga yang semula untuk general cargo, bisa menjadi dermaga peti kemas.

 

KHI mensuplai pipa dengan spesifikasi ASTM A252 untuk konstruksi dermaga pelabuhan Tanjung Emas dengan total order sebanyak 7.300 ton. Pipa dengan diameter bervariasi antara 32-47” dan panjang masing-masing 12 meter ini menggunakan aplikasi coating (pelapisan anti korosi) 3LPE (three layer polyethylene) dan varnish. Seluruh bahan baku Hot Rolled Coil (HRC) yang digunakan di dalam pembuatan pipa ini berasal dari hasil produksi Krakatau Steel.

 

Direktur Utama PT KHI Pipe Industries Jati Santiono mengatakan, Krakatau Steel bersama anak usahanya akan selau berupaya mendukukung pembangunan infrastruktur dalam negeri yang akan bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Produk Krakatau Steel dan turunannya memiliki kualitas yang baik dan mampu memenuhi spesifikasi untuk konstruksi pembangunan.

“Melalui sinergi BUMN yakni PT Hutama Karya sebagai kontraktor, KS melalui anak usahanya mensuplai pipa konstruksi dan PT Bhanda Graha reksa sebagai transportir dapat menumbuh kembangkan industri baja dalam negeri sebagai mother of industries,” ungkap Jati.

Jati juga menyatakan, pihaknya juga akan menyelesaikan pengiriman pipa tepat waktu dengan tetap memperhatikan kualitas produk dalam setiap proyek yang dijalankan.

 

Sekilas tentang PT KHI Pipe Industries

PT KHI Pipe Industries – “World Class Steel Pipe Manufacturer and Corrosion Protection Applicator”

PT KHI Pipe Industries (KHI) merupakan salah satu anak usaha milik PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang manufacturing pipa baja dan jasa pelapisan anti korosi.

Terdapat dua tipe pipa yang mampu di produksi KHI, yaitu Pipa Baja Spiral dan Pipa Baja HFRW (High Frequency Resistance Welded). Dengan kapasitas produksi pipa baja spiral sebesar 150.000 ton/tahun dan pipa baja HFRW sebesar 220.000 ton/tahun menjadikan KHI sebagai pabrikan pipa baja yang handal. Pipa yang diproduksi KHI dapat diaplikasikan di Industri perminyakan dan gas, konstruksi dan infrastruktur

Selain itu sebagai pabrikan pipa yang terintegrasi KHI juga memiliki fasilitas pelapisan anti korosi dengan kapasitas produksi mencapai 800.000 sqm/tahun. Beberapa jenis pelapisan anti korosi yang dapat dilakukan oleh KHI yaitu 3LPE (three layer polyethylene), 3LPP (three layer polypropylene), Coaltar Enamel Coating, Asphalt Enamel, Concrete Weight Coating, dan Internal Cement Lining. 

A.        Pipa Baja Spiral

-           Kapasitas Produksi : 150.000 ton/tahun

-           Diameter : 12” - 80”

-           Panjang Pipa : 12.4 meter untuk Line Pipe dan 65 meter Pilling Pipe

B.        Pipa Baja HFRW (High Frequency Resistance Welded) 

-           Kapasitas Produksi : 220.000 ton/tahun

-           Diameter : ½” – 20”

C.        Fasilitas Coating

-           Internal Coating : 

•           Diameter : 4” - 60”

•           Kapasitas Produksi : 800.000 sqm/year

-           Eksternal Coating

•           Diameter : 4” – 80”

•           Kapasitas Produksi  : up to 1.600.000 sqm/year

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…

Bintang Handayani, Ph.D, Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:33 WIB

Benang Merah Disiplin Dan Berbahasa Disiplin

Rabu cerah di Jakarta Raya, duduk kembali di tempat favorit dengan teh hangat citrus mint. Kesulitan menerjemahkan citrus mint saya putuskan untuk menulisnya dengan cetak miring, berikut kajian,…

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.