Gub DKI: Kehadiran Wartawan Menjadi Sangat Penting untuk Rujukan Semua

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Juli 2019 - 18:00 WIB

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)
Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta periode 2019-2024 yang diketuai Sayid Iskandarsyah resmi dilantik, Senin (2/7/2019).

Prosesi pelantikan berlangsung meriah dipimpin langsung oleh Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari di Balai Agung, Balaikota Pemprov DKI Jakarta.

Diawali pembacaan ikrar dan selanjutnya penyerahan bendera pataka oleh Ketum PWI Pusat, Atal S Depari kepada Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah.

Turut hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; mantan Ketua Umum PWI Pusat, Margiono; anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jenderal (Purn) TNI Agum Gumelar; Ketua DPR, Bambang Soesatyo; dan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono.

"Ini luar biasa, saya bangga sekali PWI Jaya hidup di bawah Pak Sayid. Beberapa senior kita di PWI Jaya bukan diturunkan, tapi dinaikkan ke PWI Jaya jadi penasehat," kata Atal agak berkelakar dalam sambutannya.

Atal juga menyapa satu per satu tokoh/pejabat undangan yang hadir, termasuk wartawan senior, Muchlis.

"Bapak Ketua DPR waktu pelantikan saya tidak datang, hanya mantan Ketua Umum Bapak Margiono. Bapak Agum Gumelar, Watimpres, ini bapak saya, dia rekan kerja di KONI," sapa Atal.

Ia optimistis PWI Jaya di bawah kepemimpinan Sayid bisa menjadi ikon.

"PWI Jaya bisa jadi ikon, yang lima tahun tidak kelihatan karena kantornya agak repot. Ini Pak Anies bilang nanti kita perbaiki," tutur Atal kembali memancing tawa hadirin.

Atal pun menekankan pentingnya menjamin wartawan di bawah naungan PWI betul-betul profesional dan mempraktikkan kode etik. Diakuinya memang tidak mudah mendidik wartawan. 

 

"Hewan kancil sangatlah cerdik, terjerat kawat berduri, selamat PWI Jaya yang baru dilantik, bersinergi kita memajukan Jakarta," tuturnya berpantun.

Sementara itu Gubernur DKI dalam sambutannya, mengajak pengurus PWI Jaya bisa menjadi pemancar kepercayaan (trust) yang kuat, khususnya di Jakarta.

"Bukan soal kantor perkantoran, yang lebih penting bagaimana PWI memainkan peran di dalam memperkuat trust di masyarakat kita. Muncul distrust tidak akan memunculkan kemajuan," jelasnya. 

 

Terlebih di tengah kebebasan yang luas dan pertumbuhan media luar biasa, menurut Anies, kehadiran wartawan menjadi sangat penting untuk rujukan semua. 

 

"Republik ini dibangun kaum intelektual, mengungkapkan pemikiran-pemikiran dalam bentuk tulisan. Semuanya 1-2 pasti punya kaitan dengan jurnalistik dan itu medan perjuangan," mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu menegaskan.

Sayid Iskandarsyah terpilih secara aklamasi melalui Konferprov PWI Jaya yang digelar 27 April 2019 di Balai Kota DKI Jakarta. Saat bersamaan terpilih juga secara aklamasi Diapari Sibatangkayu sebagai ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP).

Tim formatur dari Konferprov kemudian melengkapi kepengurusan harian PWI Jaya 2019-2024.

Pengurus harian PWI Jaya 2019-2024 terdiri atas Sayid Iskandarsyah (ketua), Irmanto (wakil ketua bidang organisasi), Firdaus Baderi (wakil ketua bidang pendidikan), Arman (wakil ketua bidang pembelaan wartawan), Amy Atmanto (wakil ketua bidang hubungan antar lembaga), Tubagus Adhi (wakil ketua bidang kesejahteraan), serta Kesit Budi Handoyo (sekretaris umum), Iqbal Irsyad (sekretaris 1) dan Naek Pangaribuan (sekreraris 2).

Acara pelantikan diakhiri foto bersama jajaran pengurus PWI Jaya dengan para tokoh dan pejabat yang hadir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin