Segera Digelar, Kompetisi Barista ABTC19 Umumkan Sponsor Presenter Utama JAVAROMA

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Juli 2019 - 16:17 WIB

Press Conference ASEAN Barista Team Championship 2019 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Press Conference ASEAN Barista Team Championship 2019 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ASEAN Coffee Federation (ACF), penyelenggara Kompestisi Perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), mengumumkan JAVAROMA sebagai Sponsor Presenter Utama bersama-sama dengan sejumlah sponsor lain yang mendukung kompetisi barista dengan hadiah tertinggi se-ASEAN ini.

Kompetisi ini berhadiah uang tunai total sebesar US$10,000.00, ABTC 2019 akan disponsori oleh JAVAROMA, coffee bar bergaya Italia yang juga telah hadir di Indonesia. Kejuaraan ini akan berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2019 di JI Expo, Jakarta, Indonesia. 

Aria Santoso, Head of Communication dari JAVAROMA mengungkapkan rasa bangga dapat mendukung kegiatan kejuaraan barista diregional ASEAN ini. Javaroma yang berawal di Roma, Italia, terus meningkatkan brand value untuk dapat melakukan ekspansi ke beberapa negara di seluruh dunia.

"Pilihan pertama untuk melebarkan jaringan bisnis Javaroma adalah di Pulau Jawa, Indonesia. Selanjutnya harapan kami adalah dapat menjadi kegemaran pecinta kopi di Indonesia bahkan seluruh dunia. Kami menyambut para pemilik kedai kopi di Indonesia utk berkolaborasi bersama menjadi kedai kopi Javaroma yang pernah berperan serta dalam berbagai event kopi nasional dan Internasional,” kata Aria Santoso di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Sementara Victor Mah, Presiden ASEAN Coffee Federation menyambut baik hadirnya JAVAROMA sebagai sponsor Presenter Utama para kejuaraan ASEAN Barista Team Championship 2019 yang baru pertama kali diselenggarakan ini.

"Berkat dukungan para sponsor yang memiliki perhatian besar seperti JAVAROMA dan sejumlah sponsor lainnya, kami yakin akan mampu mengangkat standar kualitas barista ASEAN sesuai dengan tujuan dan obyektif ACF yang berdaya upaya untuk mempromosikan profesi-profesi yang berhubungan dengan dunia perkopian di ASEAN,” kata Victor Mah.

Bersama dengan Presenter Utama JAVAROMA, ABTC 2019 juga mengumumkan sejumlah sponsor lainnya yang turut membantu suksesnya kompetisi ini, antara lain:

• Official Machine – Nuova Simonelli Aurelia Wave and Official Grinder – Compak E6 On Demand by Toffin Indonesia,
• Official Milk – Diamond Milk and Official Syrup – 1883 by Sukanda Djaya,
• Official Alternative Diary Barista Product by Alternative Dairy Co.,
• Official Green Bean & Roaster by Wahana Estate & Common Ground Coffee Roaster,
• Official Ceramic Cup, Sero & Glass Cup Duralex  by P.T.Kumala Kencana Cipta
• Official Coffee Accessories by Maharaja Coffee,
• Official Chocolate by Luxe-Brew

Serta sejumlah Sponsor Strategis seperti:
• Starbucks,
• Bunn-o-matic dan
• Singapore Coffee Association


Kompetisi yang diselenggarakan pada salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Indonesia - Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019 ini akan diikuti oleh lebih dari 15 tim barista terbaik Asia Tenggara dan akan memperebutkan gelar ASEAN Best Team Barista. Tiga tim teratas akan memenangkan hadiah uang tunai sebesar US $ 10.000,00.

Tanggapan yang luar biasa telah berdatangan dari berbagai negara ASEAN, dimana sebagian besar negara mengirimkan 2 tim atau lebih untuk bertanding di kejuaraan ini. Diharapkan setidaknya sekitar 7 hingga 9 negara anggota ASEAN akan diwakili dalam kejuaraan perdana ini. Negara tuan rumah, Indonesia, diperkirakan akan menurunkan tim terbanyak, antara 4 hingga 5 tim, yang dibentuk dari para juara dari perlombaan yang berlangsung sebelumnya.

Ada pula “Tim Impian” yang dibentuk oleh para barista pemenang kejuaraan barista tingkat nasional. Negara tetangga, Singapura, juga akan mengirimkan 3 tim untuk mengikuti kompetisi yang berhadiah tertinggi di ASEAN ini. Malaysia, Thailand, dan Filipina juga diharapkan untuk mengirimkan tim terkuatnya.

“Sebagai negara tuan rumah, kami senang melihat lebih dari 60 barista ASEAN, untuk pertama kalinya berkumpul di Jakarta. Hal ini menunjukkan dinamika industri kopi ASEAN dan juga minat kompetitif untuk meningkatkan keterampilan barista ASEAN. Bukan tidak mungkin suatu saat juga akan membawanya ke tingkat dunia,” ungkap Syafudin, Ketua Asosiasi Kopi Specialty ndonesia, Joint Organizer ABTC 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenristek/BRIN-Shopee Sepakat Tingkatkan SDM Bidang Teknologi

Jumat, 21 Februari 2020 - 09:00 WIB

Kemenristek/BRIN-Shopee Sepakat Tingkatkan SDM Bidang Teknologi

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) bekerja sama dengan platform e-commerce_Shopee menyelenggarakan National Data Science Challenge 2020 (NDSC…

Pintek

Jumat, 21 Februari 2020 - 08:03 WIB

Lewat Pintek Edu-Gathering 2020, Pintek Transformasi Pendidikan di Indonesia

Untuk pertama kalinya, perusahaan teknologi finansial (Peer-to-Peer Lending) yang memiliki misi dalam mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan, Pintek (PT. Pinduit…

Gad Permata, Vice President D-house Clarion Events di ajang Indonesia Property Expo 2020 di JCC, Senayan, Jakarta.

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:49 WIB

Indonesia Properti Expo 2020 Targetkan Pasar Milenial Miliki Hunian Pertama

Ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 yang berlangsung sejak 15 feruari hingga 23 Februari di JCC, Senayan, Jakarta ini menargetkan total 170.000 pengunjung. Hingga hari ke 6 Pameran…

Kakao (kakaoindonesia)

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:31 WIB

Pertanian Andalan Perbaikan Neraca Dagang

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan neraca perdagangan melalui lalu lintas ekspor. Peningkatan dilakukan sebagai upaya menekan angka defisit neraca…

Qlue hadir di kota Tomohon

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:29 WIB

Qlue Hadirkan Berbagai Solusi Smart City di Tomohon

Berbagai solusi teknologi smart city Qlue secara resmi hadir di Kota Tomohon Kamis (20/2/2020). Solusi tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan publik, memahami berbagai potensi wilayah,…