Segera Digelar, Kompetisi Barista ABTC19 Umumkan Sponsor Presenter Utama JAVAROMA

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Juli 2019 - 16:17 WIB

Press Conference ASEAN Barista Team Championship 2019 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Press Conference ASEAN Barista Team Championship 2019 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ASEAN Coffee Federation (ACF), penyelenggara Kompestisi Perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), mengumumkan JAVAROMA sebagai Sponsor Presenter Utama bersama-sama dengan sejumlah sponsor lain yang mendukung kompetisi barista dengan hadiah tertinggi se-ASEAN ini.

Kompetisi ini berhadiah uang tunai total sebesar US$10,000.00, ABTC 2019 akan disponsori oleh JAVAROMA, coffee bar bergaya Italia yang juga telah hadir di Indonesia. Kejuaraan ini akan berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2019 di JI Expo, Jakarta, Indonesia. 

Aria Santoso, Head of Communication dari JAVAROMA mengungkapkan rasa bangga dapat mendukung kegiatan kejuaraan barista diregional ASEAN ini. Javaroma yang berawal di Roma, Italia, terus meningkatkan brand value untuk dapat melakukan ekspansi ke beberapa negara di seluruh dunia.

"Pilihan pertama untuk melebarkan jaringan bisnis Javaroma adalah di Pulau Jawa, Indonesia. Selanjutnya harapan kami adalah dapat menjadi kegemaran pecinta kopi di Indonesia bahkan seluruh dunia. Kami menyambut para pemilik kedai kopi di Indonesia utk berkolaborasi bersama menjadi kedai kopi Javaroma yang pernah berperan serta dalam berbagai event kopi nasional dan Internasional,” kata Aria Santoso di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Sementara Victor Mah, Presiden ASEAN Coffee Federation menyambut baik hadirnya JAVAROMA sebagai sponsor Presenter Utama para kejuaraan ASEAN Barista Team Championship 2019 yang baru pertama kali diselenggarakan ini.

"Berkat dukungan para sponsor yang memiliki perhatian besar seperti JAVAROMA dan sejumlah sponsor lainnya, kami yakin akan mampu mengangkat standar kualitas barista ASEAN sesuai dengan tujuan dan obyektif ACF yang berdaya upaya untuk mempromosikan profesi-profesi yang berhubungan dengan dunia perkopian di ASEAN,” kata Victor Mah.

Bersama dengan Presenter Utama JAVAROMA, ABTC 2019 juga mengumumkan sejumlah sponsor lainnya yang turut membantu suksesnya kompetisi ini, antara lain:

• Official Machine – Nuova Simonelli Aurelia Wave and Official Grinder – Compak E6 On Demand by Toffin Indonesia,
• Official Milk – Diamond Milk and Official Syrup – 1883 by Sukanda Djaya,
• Official Alternative Diary Barista Product by Alternative Dairy Co.,
• Official Green Bean & Roaster by Wahana Estate & Common Ground Coffee Roaster,
• Official Ceramic Cup, Sero & Glass Cup Duralex  by P.T.Kumala Kencana Cipta
• Official Coffee Accessories by Maharaja Coffee,
• Official Chocolate by Luxe-Brew

Serta sejumlah Sponsor Strategis seperti:
• Starbucks,
• Bunn-o-matic dan
• Singapore Coffee Association


Kompetisi yang diselenggarakan pada salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Indonesia - Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019 ini akan diikuti oleh lebih dari 15 tim barista terbaik Asia Tenggara dan akan memperebutkan gelar ASEAN Best Team Barista. Tiga tim teratas akan memenangkan hadiah uang tunai sebesar US $ 10.000,00.

Tanggapan yang luar biasa telah berdatangan dari berbagai negara ASEAN, dimana sebagian besar negara mengirimkan 2 tim atau lebih untuk bertanding di kejuaraan ini. Diharapkan setidaknya sekitar 7 hingga 9 negara anggota ASEAN akan diwakili dalam kejuaraan perdana ini. Negara tuan rumah, Indonesia, diperkirakan akan menurunkan tim terbanyak, antara 4 hingga 5 tim, yang dibentuk dari para juara dari perlombaan yang berlangsung sebelumnya.

Ada pula “Tim Impian” yang dibentuk oleh para barista pemenang kejuaraan barista tingkat nasional. Negara tetangga, Singapura, juga akan mengirimkan 3 tim untuk mengikuti kompetisi yang berhadiah tertinggi di ASEAN ini. Malaysia, Thailand, dan Filipina juga diharapkan untuk mengirimkan tim terkuatnya.

“Sebagai negara tuan rumah, kami senang melihat lebih dari 60 barista ASEAN, untuk pertama kalinya berkumpul di Jakarta. Hal ini menunjukkan dinamika industri kopi ASEAN dan juga minat kompetitif untuk meningkatkan keterampilan barista ASEAN. Bukan tidak mungkin suatu saat juga akan membawanya ke tingkat dunia,” ungkap Syafudin, Ketua Asosiasi Kopi Specialty ndonesia, Joint Organizer ABTC 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…