Segera Digelar, Kompetisi Barista ABTC19 Umumkan Sponsor Presenter Utama JAVAROMA

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Juli 2019 - 16:17 WIB

Press Conference ASEAN Barista Team Championship 2019 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Press Conference ASEAN Barista Team Championship 2019 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ASEAN Coffee Federation (ACF), penyelenggara Kompestisi Perdana ASEAN Barista Team Championship 2019 (ABTC19) bersama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), mengumumkan JAVAROMA sebagai Sponsor Presenter Utama bersama-sama dengan sejumlah sponsor lain yang mendukung kompetisi barista dengan hadiah tertinggi se-ASEAN ini.

Kompetisi ini berhadiah uang tunai total sebesar US$10,000.00, ABTC 2019 akan disponsori oleh JAVAROMA, coffee bar bergaya Italia yang juga telah hadir di Indonesia. Kejuaraan ini akan berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2019 di JI Expo, Jakarta, Indonesia. 

Aria Santoso, Head of Communication dari JAVAROMA mengungkapkan rasa bangga dapat mendukung kegiatan kejuaraan barista diregional ASEAN ini. Javaroma yang berawal di Roma, Italia, terus meningkatkan brand value untuk dapat melakukan ekspansi ke beberapa negara di seluruh dunia.

"Pilihan pertama untuk melebarkan jaringan bisnis Javaroma adalah di Pulau Jawa, Indonesia. Selanjutnya harapan kami adalah dapat menjadi kegemaran pecinta kopi di Indonesia bahkan seluruh dunia. Kami menyambut para pemilik kedai kopi di Indonesia utk berkolaborasi bersama menjadi kedai kopi Javaroma yang pernah berperan serta dalam berbagai event kopi nasional dan Internasional,” kata Aria Santoso di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Sementara Victor Mah, Presiden ASEAN Coffee Federation menyambut baik hadirnya JAVAROMA sebagai sponsor Presenter Utama para kejuaraan ASEAN Barista Team Championship 2019 yang baru pertama kali diselenggarakan ini.

"Berkat dukungan para sponsor yang memiliki perhatian besar seperti JAVAROMA dan sejumlah sponsor lainnya, kami yakin akan mampu mengangkat standar kualitas barista ASEAN sesuai dengan tujuan dan obyektif ACF yang berdaya upaya untuk mempromosikan profesi-profesi yang berhubungan dengan dunia perkopian di ASEAN,” kata Victor Mah.

Bersama dengan Presenter Utama JAVAROMA, ABTC 2019 juga mengumumkan sejumlah sponsor lainnya yang turut membantu suksesnya kompetisi ini, antara lain:

• Official Machine – Nuova Simonelli Aurelia Wave and Official Grinder – Compak E6 On Demand by Toffin Indonesia,
• Official Milk – Diamond Milk and Official Syrup – 1883 by Sukanda Djaya,
• Official Alternative Diary Barista Product by Alternative Dairy Co.,
• Official Green Bean & Roaster by Wahana Estate & Common Ground Coffee Roaster,
• Official Ceramic Cup, Sero & Glass Cup Duralex  by P.T.Kumala Kencana Cipta
• Official Coffee Accessories by Maharaja Coffee,
• Official Chocolate by Luxe-Brew

Serta sejumlah Sponsor Strategis seperti:
• Starbucks,
• Bunn-o-matic dan
• Singapore Coffee Association


Kompetisi yang diselenggarakan pada salah satu pameran makanan dan minuman terbesar di Indonesia - Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019 ini akan diikuti oleh lebih dari 15 tim barista terbaik Asia Tenggara dan akan memperebutkan gelar ASEAN Best Team Barista. Tiga tim teratas akan memenangkan hadiah uang tunai sebesar US $ 10.000,00.

Tanggapan yang luar biasa telah berdatangan dari berbagai negara ASEAN, dimana sebagian besar negara mengirimkan 2 tim atau lebih untuk bertanding di kejuaraan ini. Diharapkan setidaknya sekitar 7 hingga 9 negara anggota ASEAN akan diwakili dalam kejuaraan perdana ini. Negara tuan rumah, Indonesia, diperkirakan akan menurunkan tim terbanyak, antara 4 hingga 5 tim, yang dibentuk dari para juara dari perlombaan yang berlangsung sebelumnya.

Ada pula “Tim Impian” yang dibentuk oleh para barista pemenang kejuaraan barista tingkat nasional. Negara tetangga, Singapura, juga akan mengirimkan 3 tim untuk mengikuti kompetisi yang berhadiah tertinggi di ASEAN ini. Malaysia, Thailand, dan Filipina juga diharapkan untuk mengirimkan tim terkuatnya.

“Sebagai negara tuan rumah, kami senang melihat lebih dari 60 barista ASEAN, untuk pertama kalinya berkumpul di Jakarta. Hal ini menunjukkan dinamika industri kopi ASEAN dan juga minat kompetitif untuk meningkatkan keterampilan barista ASEAN. Bukan tidak mungkin suatu saat juga akan membawanya ke tingkat dunia,” ungkap Syafudin, Ketua Asosiasi Kopi Specialty ndonesia, Joint Organizer ABTC 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang digitalisasi mendorong banyak pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:00 WIB

Pemanfaatan Digital Skills dengan Benar Selamatkan Bisnis di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih yang berdampak pada bisnis dan perekonomian, serta dalam pemanfaatan digital ternyata mampu untuk membuat pelaku usaha dan UMKM bisa…

Sawah yang menguning siap panen

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:46 WIB

Apresiasi Pakar Pangan UB Untuk Indonesia Sebagai Anggota Dewan FAO

Pakar ketahanan pangan dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Dr Sujarwo menyampaikan selamat sekaligus apresiasi setinggi-tingginya atas terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan FAO yang…

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…