Terapi Garang Arang Jadi Pengobatan Alternatif Penyakit Jaman Modern

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 25 Juni 2019 - 09:08 WIB

Pengobatan Garang Arang Di Masa lalu yang Kemudian Dijadikan Pengobatan Masa Kini
Pengobatan Garang Arang Di Masa lalu yang Kemudian Dijadikan Pengobatan Masa Kini

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Beberapa abad silam masyarakat suku Baduy (Banten) yang masih tinggal di  pedalaman meyakini bahwa sumber penyakit adalah gangguan yang datang dari pengaruh jahat baik itu dari mahluk halus ataupun sihir dari orang sakti.  Maka cara untuk membuang pengaruh jahat atau sihir tersebut salah satunya adalah menggunakan hawa panas yang terbuat dari bara arang kayu tertentu.  Hawa panas dari bara arang kayu tersebut dialirkan melalui telapak kaki lalu terjadilah reaksi pengobatan yaitu mengusir atau membuang sumber penyakit. Begitulah menurut kepercayaan masyarakat suku Baduy pedalaman saat itu.

Seiring dengan berjalannya waktu terapi garang arang itupun akhirnya digunakan sebagai media pengobatan yang sangat ampuh terhadap berbagai penyakit. Masyarakat suku Baduy mengunakannya untuk mengeluarkan bisa racun dari gigitan binatang berbisa seperti ular dan sejenisnya.

Adalah seorang bernam Hizrah Bacan yang kemudian mengangkat kembali terapi Garang Arang ini menjadi salah satu alternative pengobatan di jamam modern ini. Ia mengangkat kembali khazanah pengobatan kuno ini untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya stroke, asam urat, saraf terjepit nyeri sendi, rematik dan lain lain. Tentu ditambah dengan racikan ramuan herba pendukung lainnya.

Puspa Paramita selaku konsultan terapist di klinik Garang Arang yang terletak di Ciputat mengatakan bahwa selain dengan metode terapi garang arang, dia juga memperkaya dengan racikan ramuan herbal pendukung lainnya.

“Reaksi dari terapi garang arang ini memang luar biasa. Hawa panas yang masuk melalui pori-pori kulit telapak kaki akan mengurai kristal-kristal asam urat pada persendian kaki dan tangan," ujar Puspa Paramita.

Bukan hanya itu, tambah Puspa,  hawa panas dari garang arang juga mampu merontokan plak kolestrol pada dinding pembuluh darah yang kemudian dikeluarkan melalui keringat. Menjadikan sirkulasi darah yang mengalir ke jantung dan otak menjadi berjalan lancar. “Pengobatan terapi garang arang memiliki fungsi dua arah.  Pertama berfungsi untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui keringat dari hawa panas bara arang. Kedua memiliki sensasi yang dapat merilexsasi ketegangan saraf sehingga menimbulkan kesegaran dan ketenangan,” terangnya.

Tehnik pengobatan terapi garang arang sangat aman sekali dan tidak memiliki efek samping yang negatif karna yg digunakan hanya hawa panas dari kandungan gas karbon dari bara arang aktif nya saja yang di aliri melalui telapak kaki. Tambahnya.

Beberapa pasien yang menggunakan terapi garang arang ini sudah menyatakan testimoninya seperti yang terpampang pada dinding dan brosur di tempat terapi Garang Arang.  Di lokasi ini pun pengobatan antara wanita dan pria dipisahkan dengan terapis yang juga disesuaikan dengan kebutuhan pasien. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SIBIMA Kementerian PUPR Masuk Dalam TOP 99 SINOVIK 2019

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:38 WIB

SIBIMA Kementerian PUPR Masuk Dalam TOP 99 SINOVIK 2019

Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi Siap Gapai Pekerjaan (SIBIMA KONSTRUKSI SIGAP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan penghargaan TOP…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:22 WIB

Bahana TCW : Pasar Saham Berpotensi Menguat di Semester Dua

Pasar saham Indonesia kembali berpeluang menguat di semester dua tahun ini setelah usai dari hiruk pikuk politik dan para pelaku pasar mendapat kepastian Presiden terpilih Joko Widodo kembali…

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…