Kepada Presiden Jokowi, ADB Tegaskan Dukungan pada Agenda Reformasi Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 24 Juni 2019 - 10:00 WIB

Bank Pembangunan Asia/ADB (Foto ist)
Bank Pembangunan Asia/ADB (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Pembangunan Asia (ADB) menegaskan dukungan pada agenda reformasi yang selama ini sudah dilakukan dengan baik oleh Indonesia dan berencana memperluas basis operasi di RI.

Hal tersebut diungkapkan Presiden ADB Takehiko Nakao saat bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di sela-sela KTT ASEAN yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

"Agenda reformasi Indonesia amatlah esensial untuk dapat mencapai pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan, serta kesejahteraan bersama," ujar Nakao dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Minggu(23/6/2019)

Nakao juga menyambut baik fokus Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan sumber daya manusia, dan infrastruktur seperti pasokan air, sanitasi, energi dan transportasi.

Selain itu, mengembangkan keahlian tenaga kerja Indonesia, beserta sistem proteksi sosial yang memadai, menjadi hal penting untuk menjadikan Indonesia sebagai ekonomi yang modern dan berorientasi pada jasa.

Dalam kesempatan ini, Nakao memuji manajemen fiskal dan makroekonomi Indonesia yang solid, terlihat dari pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, inflasi 3,2 persen serta kehati-hatian manajemen fiskal dan cadangan devisa.

Fundamental ekonomi Indonesia yang solid ikut terlihat dari nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang menguat dan stabil sejak 2018.

Nakao juga menyampaikan perkembangan dukungan ADB yang komprehensif berupa paket tanggap darurat senilai 800 juta dolar AS pascabencana alam di Sulawesi Tengah dan Lombok pada 2018.

Fase pertama dukungan tersebut, yaitu senilai 500 juta dolar AS untuk membiayai keperluan rehabilitasi telah disetujui ADB pada 20 November 2018, atau kurang dari tujuh pekan setelah musibah di Sulawesi Tengah.

Fase kedua sebesar 300 juta dolar AS akan dipertimbangkan oleh Dewan Direktur ADB pada 26 Juni 2019 untuk rekonstruksi sarana irigasi, sistem pasokan air dan sanitasi, sebuah universitas, serta pelabuhan dan bandara.

Saat ini, pinjaman rutin ADB untuk sektor publik ke Indonesia, yang terus tumbuh pada tahun terakhir, diperkirakan akan mencapai 2,9 miliar dolar AS pada 2019.

​​​​​​​ADB telah mendukung pembiayaan investasi di sektor energi, pengembangan sumber daya manusia, irigasi dan pembangunan area perbatasan, baik melalui pinjaman proyek maupun pinjaman berbasis hasil.

​​​​​​​ADB ikut mendukung reformasi struktural untuk manajemen sektor publik, sektor finansial, sektor energi, dan iklim investasi melalui pinjaman berbasis kebijakan.
Selain pinjaman sektor publik, operasi sektor swasta ADB memberikan pinjaman bagi berbagai proyek swasta di sektor strategis seperti energi panas bumi.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…