Selama 2015 Hingga 2018, Kementerian PUPR Bangun Sebanyak 895 Rusus di Gorontalo

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 Juni 2019 - 13:31 WIB

Pembangunan Rusus
Pembangunan Rusus

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan jumlah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang dapat memiliki rumah layak huni dengan harga terjangkau sebagai bagian dari Program Satu Juta Rumah.

Dari sisi penyediaan, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran untuk program pembangunan Rumah Susun (Rusun) bagi MBR, Rumah Khusus (Rusus), Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan bantuan Prasarana Sarana Utilitas (PSU)

Salah satu upaya tersebut, Kementerian PUPR membangun sebanyak 895 unit rumah khusus (Rusus) di Provinsi Gorontalo yang dilakukan sejak tahun 2015 hingga 2018. Pembangunan rusus tersebut dilakukan di enam kabupaten/kota berbeda yakni di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato, dan Kabupaten Bonebolango.

“Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus, seperti nelayan,  pemukiman kembali korban bencana/pengungsi, guru, tenaga medis, TNI/Polri dan petugas di daerah perbatasan dan pulau terpencil,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Secara rinci di Kota Gorontalo pada tahun 2015 telah dibangun  sebanyak 50 unit Rusus yang diperuntukkan untuk nelayan. Sedangkan di Kabupaten Gorontalo pada tahun 2015 dibangun sebanyak 200 unit rusus untuk nelayan dan 12 unit rusus untuk anggota Polri pada tahun 2015-2016 enam lokasi berbeda.

Di Kabupaten Gorontalo Utara, pada tahun 2016 Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 114 unit rusus di tiga lokasi berbeda yang diperuntukkan bagi anggota TNI sebanyak 12 unit dan 102 unit lainnya untuk nelayan.

Selanjutnya pada tahun 2017 dibangun sebanyak 80 unit rusus di dua lokasi berbeda pada Kabupaten Gorontalo Utara yang masing-masing sebanyak 40 unit diperuntukkan untuk nelayan dan daerah tertinggal. Sementara pada tahun 2018 dilanjutkan pembangunan pada kabupaten tersebut sebanyak 50 unit rusus di Kecamatan Monano, Desa Pilohuwata.

Untuk di Kabupaten Pohuwato, pada tahun 2015 Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 33 unit rusus yang diperuntukkan bagi anggota Polri di delapan lokasi berbeda. Selanjutnya pada 2016 dibangun sebanyak 100 unit rusus dan tahun 2017 sebanyak 50 unit rusus untuk nelayan di dua lokasi berbeda.

Sementara di Kabupaten Bonebolango, pada tahun 2015 dibangun sebanyak 37 unit rusus untuk anggota Polri yang tersebar di 11 wilayah dan pada tahun 2016 serta tahun 2018 dibangun sebanyak 109 unit rusus untuk anggota Polri dan nelayan di empat lokasi berbeda.

Di Kabupaten Boalemo, Kementerian PUPR pada tahun 2015 telah membangun sebanyak 10 rusus untuk anggota Polri di dua lokasi berbeda. Selanjutnya pada tahun 2018, telah diselesaikan pembangunan 50 unit rumah khusus untuk para nelayan di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi dengan tipe bangunan  28 Coupel dan sudah dalam kondisi siap huni.

Pembangunan 50 unit rusus tersebut dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT. Tunggal Abadi Cemerlang dan menggunakan anggaran senilai Rp 5,3 miliar. Rumah tersebut telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan air bersih.

Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf dalam sambutannya saat Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kunci Kepada Penerima Manfaat di Desa Tabongo pada 11 Juni 2019 lalu, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Boalemo sangat bersyukur dengan adanya bantuan rumah khusus untuk para nelayan di daerahnya.

Menurutnya, rumah merupakan salah satu kebutuhan nelayan yang harus dipenuhi sehingga mereka bisa lebih fokus bekerja mencari ikan di laut. “Terima kasih atas bantuan hunian MBR di Kabupaten Boalemo dari Kementerian PUPR. Bangunan Rusus ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara Pemkab Boalemo dengan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR,” kata Anas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.