PTPP Lakukan Groundbreaking Proyek Smelter FeNi di Kloaka

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 17 Juni 2019 - 07:23 WIB

Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).
Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).

INDUSTRY.co.id - Kolaka - Setelah memperoleh kontrak pembangunan pabrik peleburan (Smelter) feronikel (FeNi) berteknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dari PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) melakukan prosesi groundbreaking di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara.

Prosesi groundbreaking pada Sabtu (15/06/2019) tersebut dilaksanakan perseroan bersama PT CNI dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ditandai dengan penekanan tombol bersama Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang; Direktur Utama PT CNI, Derian Sakmiwata; Menteri PANRB, Syafruddin; Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar; Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi; dan Bupati Kolaka Ahmad Safei. Di samping itu, pelaksanaan groundbreaking tersebut juga turut dihadiri oleh Jajaran Manajemen PTPP dan PT CNI.

Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang, mengemukakan, dalam proyek pembangunan smelter ini, PTPP berperan sebagai kontraktor yang bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek. Itu dilakukan melalui kerjasama dengan partner konsorsium ENFI, yaitu sebuah BUMN Cina. Karena itu, PTPP optimistis dapat menyelesaikan proyek tersebut dalam 24 bulan.

“Keberhasilan PTPP menjadi kontraktor EPC (Engineering, Procurement and Construction-red) dengan berbagai pengalaman mengerjakan proyek-proyek pembangkit listrik dan migas, maka perseroan saat ini mulai terjun ke area industri pengolahan mineral,” papar Abdul.

Proyek Pembangunan Smelter Feronikel di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara ini akan menelan investasi Rp4 triliun untuk Tahap Pertama. Kemudian, pembangunan proyek tersebut akan dilanjutkan dalam tahap berikutnya dengan total investasi Rp. 14,5 triliun.

Smelter berkapasitas 4x72 MVA ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2021 dan diperkirakan akan memproduksi 229.000 ton Feronikel (FeNi) setiap tahun dengan kadar nikel antara 22-24%.

Smelter ini berteknologi RKEF, yang terdiri dari empat tanur listrik jenis rectangular dimana teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Pembangunan Smelter Feronikel ini adalah upaya PT CNI selaku perusahaan lokal untuk dapat membantu meningkatkan devisa negara di sektor minerba.

Selain itu, dengan beroperasinya pabrik Smelter ini, penyerapan tenaga kerja di masyarakat sekitar dipastikan dapat membantu meningkatkan perekonomian. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Demo ojol

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:20 WIB

Ribuan Driver OJOL Serang DPR Minta Ojek Dilegalkan

Para driver ojek online menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI pada hari ini, Jumat (28/2/2020) yang ditengarai karena wacana penolakan angkutan roda dua untuk dijadikan transportasi…

Menko Maritim Kunjungi KEK Sorong

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:06 WIB

Siapkan Dana Rp1,1 Triliun, Pelindo IV Siap Kembangkan Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Arar di Papua Barat

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) siap mengembangkan Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Arar di Papua Barat yang akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong.

Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:00 WIB

Pelindo IV Cabang Makassar Lakukan Uji Coba Penertiban Parkir di Pelabuhan

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar melakukan uji coba penertiban parkir kendaraan roda empat dan roda dua di area Pelabuhan Makassar selama satu minggu, mulai Kamis…

Cantik dan Cerah dalam 15 Menit

Jumat, 28 Februari 2020 - 16:00 WIB

Cantik dan Cerah dalam 15 Menit

L’Oréal Paris sebagai produk perawatan wajah nomor satu di dunia1 menghadirkan inovasi perawatan kulit terbaru yaitu “Pro Youth Face Mask”. Terobosan ini merupakan masker serum wajah…

Cambridge

Jumat, 28 Februari 2020 - 15:51 WIB

Pelajar Indonesia meraih penghargaan terbaik Cambridge International, Intip yang Mereka Lakukan?

Setiap tahunnya, murid dari lebih dari 10,000 sekolah di 160 negara mengikuti ujian Cambridge dengan satu tujuan yaitu lulus dengan nilai terbaik! Ternyata, beberapa pelajar Indonesia tidak…