PTPP Lakukan Groundbreaking Proyek Smelter FeNi di Kloaka

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 17 Juni 2019 - 07:23 WIB

Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).
Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).

INDUSTRY.co.id - Kolaka - Setelah memperoleh kontrak pembangunan pabrik peleburan (Smelter) feronikel (FeNi) berteknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dari PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) melakukan prosesi groundbreaking di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara.

Prosesi groundbreaking pada Sabtu (15/06/2019) tersebut dilaksanakan perseroan bersama PT CNI dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ditandai dengan penekanan tombol bersama Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang; Direktur Utama PT CNI, Derian Sakmiwata; Menteri PANRB, Syafruddin; Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar; Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi; dan Bupati Kolaka Ahmad Safei. Di samping itu, pelaksanaan groundbreaking tersebut juga turut dihadiri oleh Jajaran Manajemen PTPP dan PT CNI.

Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang, mengemukakan, dalam proyek pembangunan smelter ini, PTPP berperan sebagai kontraktor yang bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek. Itu dilakukan melalui kerjasama dengan partner konsorsium ENFI, yaitu sebuah BUMN Cina. Karena itu, PTPP optimistis dapat menyelesaikan proyek tersebut dalam 24 bulan.

“Keberhasilan PTPP menjadi kontraktor EPC (Engineering, Procurement and Construction-red) dengan berbagai pengalaman mengerjakan proyek-proyek pembangkit listrik dan migas, maka perseroan saat ini mulai terjun ke area industri pengolahan mineral,” papar Abdul.

Proyek Pembangunan Smelter Feronikel di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara ini akan menelan investasi Rp4 triliun untuk Tahap Pertama. Kemudian, pembangunan proyek tersebut akan dilanjutkan dalam tahap berikutnya dengan total investasi Rp. 14,5 triliun.

Smelter berkapasitas 4x72 MVA ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2021 dan diperkirakan akan memproduksi 229.000 ton Feronikel (FeNi) setiap tahun dengan kadar nikel antara 22-24%.

Smelter ini berteknologi RKEF, yang terdiri dari empat tanur listrik jenis rectangular dimana teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Pembangunan Smelter Feronikel ini adalah upaya PT CNI selaku perusahaan lokal untuk dapat membantu meningkatkan devisa negara di sektor minerba.

Selain itu, dengan beroperasinya pabrik Smelter ini, penyerapan tenaga kerja di masyarakat sekitar dipastikan dapat membantu meningkatkan perekonomian. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Tekstil

Jumat, 20 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Siapkan SDM Kompeten Topang Daya Saing Industri Tekstil

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk menopang daya saing industri nasional. Terutama, pada sektor-sektor…

Kolaborasi dengan PrivyID, Investree Gunakan Tanda Tangan Digital Dorong Inklusi Keuangan

Jumat, 20 September 2019 - 17:00 WIB

Kolaborasi dengan PrivyID, Investree Gunakan Tanda Tangan Digital Dorong Inklusi Keuangan

Perusahaan perintis di bidang regulatory technology (regtech) PrivyID (PT Privy Identitas Digital) kini resmi menjadi rekan kerja sama perusahaan pionir teknologi finansial marketplace lending,…

Mustika Ratu-Djarum Foundation Resmikan SMK Beauty Spa di Kudus

Jumat, 20 September 2019 - 17:00 WIB

Mustika Ratu-Djarum Foundation Resmikan SMK Beauty Spa di Kudus

Mustika Ratu bersama Djarum Foundation mengadakan kerjasama melalui pendidikan dan keterampilan Tata Kecantikan di SMK PGRI 1 Kudus.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Jumat, 20 September 2019 - 16:53 WIB

Dorong Investasi Perkebunan ke Industri Hilir untuk Ekspor

Jakarta - Kementerian Pertanian saat ini terus mendorong masuknya investasi dan berupaya terus meningkatkan ekspor. Salah satu yang menjadi andalan ekspor adalah komoditas perkebunan, bahkan…

Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Jumat, 20 September 2019 - 16:00 WIB

Mendukung Pembangunan Ekonomi Daerah, Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Kredit Pintar, perusahaan financial technology (Fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang merupakan penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan…