PTPP Lakukan Groundbreaking Proyek Smelter FeNi di Kloaka

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 17 Juni 2019 - 07:23 WIB

Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).
Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).

INDUSTRY.co.id - Kolaka - Setelah memperoleh kontrak pembangunan pabrik peleburan (Smelter) feronikel (FeNi) berteknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dari PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) melakukan prosesi groundbreaking di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara.

Prosesi groundbreaking pada Sabtu (15/06/2019) tersebut dilaksanakan perseroan bersama PT CNI dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ditandai dengan penekanan tombol bersama Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang; Direktur Utama PT CNI, Derian Sakmiwata; Menteri PANRB, Syafruddin; Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar; Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi; dan Bupati Kolaka Ahmad Safei. Di samping itu, pelaksanaan groundbreaking tersebut juga turut dihadiri oleh Jajaran Manajemen PTPP dan PT CNI.

Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang, mengemukakan, dalam proyek pembangunan smelter ini, PTPP berperan sebagai kontraktor yang bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek. Itu dilakukan melalui kerjasama dengan partner konsorsium ENFI, yaitu sebuah BUMN Cina. Karena itu, PTPP optimistis dapat menyelesaikan proyek tersebut dalam 24 bulan.

“Keberhasilan PTPP menjadi kontraktor EPC (Engineering, Procurement and Construction-red) dengan berbagai pengalaman mengerjakan proyek-proyek pembangkit listrik dan migas, maka perseroan saat ini mulai terjun ke area industri pengolahan mineral,” papar Abdul.

Proyek Pembangunan Smelter Feronikel di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara ini akan menelan investasi Rp4 triliun untuk Tahap Pertama. Kemudian, pembangunan proyek tersebut akan dilanjutkan dalam tahap berikutnya dengan total investasi Rp. 14,5 triliun.

Smelter berkapasitas 4x72 MVA ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2021 dan diperkirakan akan memproduksi 229.000 ton Feronikel (FeNi) setiap tahun dengan kadar nikel antara 22-24%.

Smelter ini berteknologi RKEF, yang terdiri dari empat tanur listrik jenis rectangular dimana teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Pembangunan Smelter Feronikel ini adalah upaya PT CNI selaku perusahaan lokal untuk dapat membantu meningkatkan devisa negara di sektor minerba.

Selain itu, dengan beroperasinya pabrik Smelter ini, penyerapan tenaga kerja di masyarakat sekitar dipastikan dapat membantu meningkatkan perekonomian. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 18 November 2019 - 19:02 WIB

2019, CIMB Niaga Bidik Penerbitan Obligasi Rp1 Triliun

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan Paparan Publik Tahunan 2019 dan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan III Bank CIMB Niaga Tahap I Tahun 2019 serta…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan Korsel

Senin, 18 November 2019 - 19:01 WIB

Terbang ke Jepang dan Korsel, Menperin Bakal Bawa Pulang Investasi Senilai USD 5 Miliar

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong peningkatan investasi di sektor industri manufaktur, terutama yang menjadi prioritas dalam Making Indonesia 4.0. Adapun dua negara yang…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Senin, 18 November 2019 - 18:52 WIB

Nasabah Green Sukuk Ritel Mandiri Syariah Terima Penghargaan

Jakarta,--PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berpartisipasi dalam Green Sukuk Investor Day-Green Sukuk Ritel for Sustainable Indonesia  yang diselenggarakan oleh Kementrian Keuangan…

Industri Hasil Tembakau (IHT)

Senin, 18 November 2019 - 18:15 WIB

Bakal Timbulkan Banyak Pengangguran, Kemenko Perekonomian Tak Sepakat Revisi PP 109/2012

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tidak sepakat dengan wacana revisi Peraturan Pemerintah 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau…

PT Astra International Tbk (ASII)

Senin, 18 November 2019 - 17:48 WIB

Berburu Kredit Murah di Astra Auto Fest 2019

Pecinta otomotif dan para pemburu diskon hingga bunga rendah dapat menjelajah di Astra Auto Fest 2019 di BSD City 22-24 November 2019.