PTPP Lakukan Groundbreaking Proyek Smelter FeNi di Kloaka

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 17 Juni 2019 - 07:23 WIB

Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).
Prosesi Groundbreaking Pembangunan Smelter FeNi yang dilakukan PT Pembangunan Perumahan Tbk di Kloaka, Sulawesi Tenggara, pada Sabtu (15/06/2019).

INDUSTRY.co.id - Kolaka - Setelah memperoleh kontrak pembangunan pabrik peleburan (Smelter) feronikel (FeNi) berteknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) dari PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) melakukan prosesi groundbreaking di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara.

Prosesi groundbreaking pada Sabtu (15/06/2019) tersebut dilaksanakan perseroan bersama PT CNI dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ditandai dengan penekanan tombol bersama Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang; Direktur Utama PT CNI, Derian Sakmiwata; Menteri PANRB, Syafruddin; Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar; Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi; dan Bupati Kolaka Ahmad Safei. Di samping itu, pelaksanaan groundbreaking tersebut juga turut dihadiri oleh Jajaran Manajemen PTPP dan PT CNI.

Direktur Operasi III PTPP, Abdul Haris Tatang, mengemukakan, dalam proyek pembangunan smelter ini, PTPP berperan sebagai kontraktor yang bertanggung jawab dalam penyelesaian proyek. Itu dilakukan melalui kerjasama dengan partner konsorsium ENFI, yaitu sebuah BUMN Cina. Karena itu, PTPP optimistis dapat menyelesaikan proyek tersebut dalam 24 bulan.

“Keberhasilan PTPP menjadi kontraktor EPC (Engineering, Procurement and Construction-red) dengan berbagai pengalaman mengerjakan proyek-proyek pembangkit listrik dan migas, maka perseroan saat ini mulai terjun ke area industri pengolahan mineral,” papar Abdul.

Proyek Pembangunan Smelter Feronikel di Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara ini akan menelan investasi Rp4 triliun untuk Tahap Pertama. Kemudian, pembangunan proyek tersebut akan dilanjutkan dalam tahap berikutnya dengan total investasi Rp. 14,5 triliun.

Smelter berkapasitas 4x72 MVA ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2021 dan diperkirakan akan memproduksi 229.000 ton Feronikel (FeNi) setiap tahun dengan kadar nikel antara 22-24%.

Smelter ini berteknologi RKEF, yang terdiri dari empat tanur listrik jenis rectangular dimana teknologi ini merupakan yang pertama di Indonesia. Pembangunan Smelter Feronikel ini adalah upaya PT CNI selaku perusahaan lokal untuk dapat membantu meningkatkan devisa negara di sektor minerba.

Selain itu, dengan beroperasinya pabrik Smelter ini, penyerapan tenaga kerja di masyarakat sekitar dipastikan dapat membantu meningkatkan perekonomian. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 12:10 WIB

Jababeka Real Estate dan Tata Rapika Globalindo Optimis Dapat Peluang Bisnis di Manufacturing Surabaya

Jababeka Real Estate dan Tata Rapika Globalindo berharap dapat peluang bisnis saat hadir di Pameran Manufacturing Surabaya 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Kamis, 18 Juli 2019 - 12:00 WIB

Menpar AY Pastikan Atraksi Wisata Indonesia Miliki Kualitas Terbaik

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memastikan atraksi wisata Indonesia dalam 100 Calender of Event (CoE) yang telah ditetapkan setiap tahunnya sudahmemiliki kualitas terbaik untuk ditawarkan…

Kawasan Industri Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Danau Matano, Sulawesi Selatan. (Foto: IST)

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:00 WIB

Pemerintah Siapkan 10 Danau Dipersiapkan Sebagi Destinasi Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merevitalisasi 10 di antara 15 danau prioritas yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata alam di Indonesia.