Butuh Rp 89 Milyar, Presiden Jokowi Akan Gencarkan Revitalisasi Pasar Tradisional

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 14 Juni 2019 - 14:44 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Presiden Joko Widodo akan menyiapkan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk menggencarkan program pembangunan dan revitalisasi tradisional dalam lima tahun ke depan. 

Program ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan selama pemerintahannya pada periode pertama.

Menurut kepala negara, pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional diperlukan untuk mendukung kenyamanan kegiatan belanja masyarakat. Dengan begitu, aktivitas perdagangan domestik di pasar tradisional kian nyaman dan kondusif. 

Maklum, pasar tradisional saat ini paling banyak diakses oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. "Ke depan sama, saya kira pasar sebagai sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli, produk-produk dari petani, nelayan, perajin. Pasar-pasar di seluruh Indonesia memang harus hidup," ungkap Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (14/6). 

Salah satu yang direvitalisasi merupakan Pasar Sukowati yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar tersebut, akhir pekan ini dikunjungi Jokowi. 

Program revitalisasi Pasar Sukowati memakan anggaran dari APBN senilai Rp89 miliar dan APBD sebesar Rp3,9 miliar. 

Saat ini, revitalisasi pasar tersebut masih dilangsungkan. "Kami harapkan ini tahun depan selesai semua," ujar Jokowi. 

Di tengah kunjungannya, mantan gubernur DKI Jakarta itu sempat berkelakar mengenai Pasar Sukowati. Menurutnya, kunjungan ke Bali tidak lengkap bila belum menginjakkan kaki di Pasar Sukowati yang merupakan salah satu yang terbesar di Pulau Dewata. 

Pasar ini menghidupi 1.700 pedagang, ini luar biasa. Tidak tahu saya sudah berapa kali ke sini," katanya. 

Ia pun berharap revitalisasi Pasar Sukowati bisa menjadikan pasar tersebut lebih modern, bersih, dan tertata bagi masyarakat, baik pedagang maupun pembeli.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SIBIMA Kementerian PUPR Masuk Dalam TOP 99 SINOVIK 2019

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:38 WIB

SIBIMA Kementerian PUPR Masuk Dalam TOP 99 SINOVIK 2019

Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi Siap Gapai Pekerjaan (SIBIMA KONSTRUKSI SIGAP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan penghargaan TOP…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:22 WIB

Bahana TCW : Pasar Saham Berpotensi Menguat di Semester Dua

Pasar saham Indonesia kembali berpeluang menguat di semester dua tahun ini setelah usai dari hiruk pikuk politik dan para pelaku pasar mendapat kepastian Presiden terpilih Joko Widodo kembali…

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

UniPin akan gelar eSport

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:42 WIB

UniPin Gelar Kompetisi eSport Kelas Internasional

Jakarta - UniPin menggelar kompetisi eSport kelas internasional untuk mendukung pegiat eSport yang berkomitmen tinggi dengan mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet eSport profesional.

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…