Terra Drone Indonesia Lakukan Pemetaan dengan Drone di Sungai Duri untuk PT Wijaya Karya

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Juni 2019 - 15:00 WIB

Terra Drone Indonesia (Foto Dok Industry.co.id}
Terra Drone Indonesia (Foto Dok Industry.co.id}

INDUSTRY.co.id - Bengkayang– Pemanfaatan teknologi drone di sektor konstruksi bukanlah hal yang baru. Drone mulai banyak digunakan untuk keperluan survei pemetaan topografi karena dapat bekerja di luasan yang beragam dan dengan mudah menjangkau wilayah lokasi konstruksi.

“Selain untuk kebutuhan pemetaan, drone dalam infrastruktur membantu melihat progress pengerjaan pembangunan hingga melihat potensi berbahaya di wilayah pengerjaan konstruksi. Drone juga dapat terbang diketinggian rendah sehingga dapat mendapatkan resolusi gambar yang lebih tinggi, “Michael Wishnu Wardana Siagian Managing Director Terra Drone Indonesia

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang melihat keunggulan dan manfaat terknologi drone tersebut, telah lama menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan mereka. Kegiatan terakhir bersama Terra Drone Indonesia adalah survei foto udara pada proyek infrastruktur yang terletak di Sungai Duri, Bengkayang, Kalimantan Barat, yang sukses dilakukan menggunakan drone akhir Mei lalu. Survei tersebut dilakuka di wilayah seluas ± 347 hektar, dengan hasil akhir berupa peta topografi dan kontur dengan interval 1 meter. Terra Drone Indonesia menggunakan drone seri Terra Wing yang dapat menghasilkan peta dengan ketelitian kurang dari 10 cm.

Pekerjaan tersebut dikerjakan untuk kepentingan pemutakhiran topografi awal dalam perhitungan kebutuhan biaya konstruksi, perencanaan teknis, rekayasa, operasi, manajemen pembangunan hingga pengambilan keputusan strategis.

 Di Jepang, lokasi kantor pusat Terra Drone Corporation, teknologi drone di sektor konstruksi bukan lagi hanya sebuah inovasi, melainkan oleh pemerintah telah dijadikan metode standar dalam setiap proyek infrastruktur. Drone dapat diterima karena terbukti memudahkan dan mempersingkat waktu pekerjaan, mendukung proses kontruksi yang efektif dan berkelanjutan. Diharapkan, perusahaan-perusahaan penyedia jasa konstruksi nantinya akan semakin banyak yang mengadaptasi teknologi drone dalam pekerjaanya jika dilihat dari banyaknya kemudahan dan manfaat yang akan didapat.

Tentang Terra Drone Corporation

Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan. Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.

Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:42 WIB

Berikan Perlindungan Menyeluruh Si Kecil Sejak Hari Pertama Sekolah

Orangtua harus melindungi anak tidak hanya dalam aspek psikologis, tetapi juga aspek kesehatan gigi dan mulut.