Platform Ekosistem Industri Fesyen Siap Diwujudkan

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 13 Juni 2019 - 10:51 WIB

 IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
IKM tekstil Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan membuat platform yang menghubungkan ekosistem bisnis industri fesyen tahun ini. Platform tersebut terdiri dari suplier bahan baku, desainer, penjahit, dan industri dalam konsep yang dinamakan Fitting Room.

Fitting Room nantinya dapat mengintegrasikan supply chain industri fashion. Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian E. Ratna Utarianingrum mengatakan pembuatan platform tersebut akan memberikan kemudahan kepada konsumen dalam membeli produk fashion yang sesuai dengan ukuran tubuh tanpa harus mendatangi penjahit. “Jadi bisa lebih praktis,” kata Ratna dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Ratna mengungkapkan proyek percontohan tersebut bakal diuji coba dahulu kepada IKM fashion di Jawa Barat. Dia berharap IKM fashion di kota lainnya juga dapat mengimplementasikan industri 4.0 sebab sektor ini diklaim sedang mengalami pertumbuhan positif setiap tahunnya.

Catatan Kemenperin menyebutkan Indonesia berhasil mengekspor produk fashion hingga US$ 14,29 miliar pada tahun 2018 atau meningkat 7,75% dari tahun 2017 yang hanya mencapai US$ 13,29 miliar.

Dikatakan industri tekstil dan produk tesktil (TPT) dalam negeri mampu kompetitif di kancah global karena telah memiliki daya saing tinggi. Hal ini didorong lantaran struktur industrinya sudah terintegrasi dari hulu sampai hilir dan produknya juga dikenal memiliki kualitas yang baik di pasar internasional.

Dengan pertumbuhan ekonomi dan pergeseran permintaan dari pakaian sehari-hari (basic clothing) menjadi pakaian fungsional seperti baju olahraga, kata dia, industri TPT nasional pun perlu membangun kemampuan produksi dan meningkatkan skala ekonomi agar dapat memenuhi permintaan di pasar domestik maupun ekspor.“Peningkatan skala ekonomi harus ditopang produksinya,” kata Airlangga.

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan pemerintah menyadari produk IKM Indonesia memiliki pasar yang terus meningkat. Karena itu, menurut dia para penggiat IKM termasuk sektor fashion menjadi salah satu tombak ekonomi kerakyatan yang tahan terhadap krisis ekonomi global.

Gati menambahkan guna meningkatkan akses pasar bagi pelaku IKM, Kemenperin memiliki program e-Smart IKM yang menjalin kerja sama dengan beberapa marketplace. Melalui program e-Smart ini, kata Gati, produk IKM didorong untuk memasuki pasar online sehingga memiliki jangkauan pasar yang lebih luas karena dapat diakses oleh konsumen dari berbagai daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tifanny Meilianti, Project Manager E-Learning GMT Institute

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:37 WIB

Menguasai Property Management Melalui E-Learning

Di era digitalisasi yang semakin berkembang, kebutuhan akan konsep suatu pembelajaran berbasis teknologi mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pendidik hingga pebisnis. 

Ilustrasi Bitcoin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:00 WIB

Libra Bitcoin

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berjudul Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019 yang diselenggarakan…

Bedah rumah Kementerian PUPR

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:48 WIB

Tahun 2019, Bedah Rumah Kementerian PUPR Sasar 3.000 Rumah MBR di Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program peningkatan kualitas hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Stimulan Perumahan…

Panen padi (Ist)

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:35 WIB

Berbagai Cara Petani Siasati Kekeringan

Jakarta - Beberapa wilayah sentra produksi pangan mulai menghadapi ancaman kekeringan dan gagal panen. Namun petani punya cara sendiri menyiasati agar padi yang mereka sudah tanam bisa tetap…

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) (Foto Abe)

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:06 WIB

Ekspor Kendaraan Salah Satu Penopang Surplus Neraca Perdagangan

Jakarta - Peningkatan ekspor kendaraan nasional topang surplusnya angka neraca perdagangan di bulan Mei 2019. Hal ini sejalan dengan meningkatnya angka ekspor kendaraan yang berada di Terminal…