Potensi Curah Hujan Tinggi Masih Ada Hingga Lima Hari ke Depan (11 - 15 Juni 2019)

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Juni 2019 - 18:00 WIB

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)
Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

INDUSTRY.co.id -Jakarta-Aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia. Aktivitas MJO ini berpotensi cukup signifikan mendukung pembentukan awan hujan di Indonesia bagian tengah dan timur yang diprakirakan akan berlangsung hingga 5 hari ke depan. 

Wilayah-wilayah yang berpotensi *hujan lebat* untuk periode *11 - 15 Juni 2019*, antara lain:

*- Sumatera Barat*

*- Bengkulu*

*- Bangka Belitung*

*- Kalimantan Utara*

*- Kalimantan Timur*

*- Kalimantan Tengah*

*- Sulawesi Selatan*

*- Sulawesi Utara*

*- Gorontalo*

*- Sulawesi Barat*

*- Sulawesi Tengah*

*- Sulawesi Tenggara*

*- Maluku Utara*

*- Maluku*

*- Papua Barat*

*- Papua*

Selain potensi hujan lebat, potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan juga masih akan terjadi di Perairan barat P. Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Perairan selatan Jawa hingga P. Sumba, Selat Bali - Lombok – Alas bagian selatan, Laut Sawu, Perairan P. Sawu - Kupang - P. Rotte, Laut Timor selatan NTT, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, Laut Flores bagian timur, Perairan timur Kep. Wakatobi, Perairan Manui - Kendari, Laut Banda, Perairan selatan P. Buru - P. Seram, Perairan Kep. Sermata - Kep. Letti, Perairan Kep. Babar - Kep. Tanimbar, Perairan selatan Kep. Kei - Kep. Aru, dan Laut Arafuru.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan lebat tersebut seperti potensi terjadi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” ujar  Deputi Bidang Meteorologi Drs. R. Mulyono R. Prabowo M.Sc, Senin (10/6/2019)

 Harap diperhatikan juga risiko tinggi terhadap keselamatan pelayara : Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada, “ pungkas Mulyono R. Prabowo M.Sc

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

- call center 021-6546315/18;

- http://www.bmkg.go.id;

- follow @infobmkg;

atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karya Citra Nusantara (KCN) ikut serta dalam Gerakan Bersih Laut dan Pantai

Selasa, 17 September 2019 - 16:05 WIB

KCN Dukung Program Gerakan Bersih Laut dan Pantai Milik Pemerintah

Karya Citra Nusantara (KCN) kembali menunjukan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat.

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.

Samsung Galaxy A10s

Selasa, 17 September 2019 - 13:24 WIB

Resmi Diluncurkan, Ini Harga Samsung Galaxy A10s

Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan Galaxy A10s dengan teknologi yang telah ditingkatkan. Menghadirkan dual camera 13+2 MP dengan kemampuan Live Focus, membuat hasil konten Live…