G-81 Berikan Manfaat Bagi Tanah Kelahirannya

Oleh : Nina Karlita | Senin, 10 Juni 2019 - 10:51 WIB

Silaturahmi G-81SMAN 1Purbalingga
Silaturahmi G-81SMAN 1Purbalingga

INDUSTRY.co.id - G-81 atau Ganesha 81 merupakan istilah bagi komunitas alumni SMAN 1 Purbalingga lulusan tahun 1981, hampir setiap tahunnya mereka rutin bersilaturahmi mengadakan kegiatan bersama. Persahabatan dan silaturahmi yang telah terjalin selama 41 tahun membawa dampak yang sangat positif.

Jum’at 6 Juni 2019 masih dalam suasana hari raya, G-81 mengukuhkan empat program sosial yang merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat Purbalingga.

Proram pertama, Bakti Sosial Pembagian Sembako Gratis berupa beras, gula, kopi, teh, minyak, biskuit, kecap, mie instan, sirup orange dan variasi lainnya. Nur Hamam salah satu penggagas kegiatan ini berujar “Untuk kegiatan ini sampai dengan saat ini telah dilakukan sekitar 18 kali, pembagian paket sembako gratis kepada kaum duafa di berbagai wilayah di Purbalingga di lakukan 2 kali dalam satu bulannya dengan membagikan 50-100 paket sembako. Total paket sembako yang telah dibagikan sampai saat ini lebih dari 1000 paket”, jelas Nur Hamam.

Dalam program kedua, Santunan (Bea Siswa) Yatim/Piatu, alumni memberikan santunan berupa uang dan peralatan sekolah kepada 15-30 anak yatim piatu pada setiap kegiatan. Pemberian santunan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemberian sembako gratis. 

Program sosial berikutnya adalah Rumah Berbagi Sesama (RBS), dimana alumni menyediakan busana dan perlengkapan (bukan baru) bagus pakai yang bisa diambil oleh siapapun yang membutuhkan, dengan catatan setiap tamu hanya diperbolehkan mengambil dua potong pakaian setiap kedatangan. Tuti Pratnawati, alumni yang merintis RBS ini menjelaskan bahwa busana yang disediakan dalam RBS ini merupakan sumbangan dari alumni. “Seperti dalam sembako gratis dan santunan yatim piatu, program RBS merupakan sumbangan gotong royong dari alumni. Namun demikian, kami juga membuka pintu jika ada sahabat dari luar alumni yang ingin ikut menyumbang kegiatan sosial ini” jelas Tuti. Rumah Berbagi Sesama berada di Jl. Letkol Isdiman No. 35 Purbalingga.

Program terakhir yang baru pertama kalinya dilakukan adalah Renovasi Rumah Tidak Layak Huni, untuk membantu merenovasi rumah yang masuk kategori ‘tidak layak huni’ agar menjadi rumah yang layak dihuni dan sehat untuk ditinggali, istirahat maupun belajar.

Empat program tersebut merupakan hasil urunan atau patungan bersama seluruh anggota G-81.

Hari Setianto, salah satu alumnus 1981 yang berdomisili Jakarta menjelaskan bahwa “Melalui silaturahmi kali ini, anggota G-81 ingin menyampaikan rasa syukur bahwa pada usia yang sebagian mendekati atau bahkan sudah memasuki masa pensiun, ternyata kami masih bisa memberi manfaat kepada orang lain, sekecil apapun sumbangan yang diberikan” ujarnya. Semoga mendapat ridho Allah SWT dan barokah bagi semua yang menerima maupun yang memberi.

Pada hari ini, bersamaan dengan halal bi halal di kediaman Hari Set, di berikan santunan  60 paket sembako gratis kepada yang berhak, 30 santunan kepada yatim piatu, dan untuk pertama kalinya diberikan bantuan renovasi rumah tidak layak huni, kepada Kusworo, warga kelurahan Purbalingga Kidul. Penyerahan bantuan di saksikan oleh Lurah Purbalingga Kidul, Azizah Nur Elita, yang sekaligus akan melakukan pengawasan agar tujuan renovasi terwujud.

Yuningsih, salah satu alumni yang sedang mudik mengharapkan agar melalui pengukuhan pada hari ini, program-program tersebut dapat berkelanjutan dan semakin membesar di masa mendatang. “Dengan acara pada hari ini, mudah-mudahan para alumni baik yang ada di Pubalingga maupun yang domisili di luar Purbalingga memiliki semangat yang bertambah dan semakin ikhlas dalam berbagi kepada sesama”, imbuhnya.

Semangat mempererat silaturahmi, dan saling  berbagi kepada sesama ternyata merupakan pengikat komunitas alumni 1981, atau yang sering disebut dengan G-81 ini. Meski tidak semua alumni berkelebihan, bahkan ada sebagian alumni yang juga kekurangan, ternyata dengan bergotong royong, komunitas ini mampu membuat hidup menjadi lebih berarti dan lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.