G-81 Berikan Manfaat Bagi Tanah Kelahirannya

Oleh : Nina Karlita | Senin, 10 Juni 2019 - 10:51 WIB

Silaturahmi G-81SMAN 1Purbalingga
Silaturahmi G-81SMAN 1Purbalingga

INDUSTRY.co.id - G-81 atau Ganesha 81 merupakan istilah bagi komunitas alumni SMAN 1 Purbalingga lulusan tahun 1981, hampir setiap tahunnya mereka rutin bersilaturahmi mengadakan kegiatan bersama. Persahabatan dan silaturahmi yang telah terjalin selama 41 tahun membawa dampak yang sangat positif.

Jum’at 6 Juni 2019 masih dalam suasana hari raya, G-81 mengukuhkan empat program sosial yang merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat Purbalingga.

Proram pertama, Bakti Sosial Pembagian Sembako Gratis berupa beras, gula, kopi, teh, minyak, biskuit, kecap, mie instan, sirup orange dan variasi lainnya. Nur Hamam salah satu penggagas kegiatan ini berujar “Untuk kegiatan ini sampai dengan saat ini telah dilakukan sekitar 18 kali, pembagian paket sembako gratis kepada kaum duafa di berbagai wilayah di Purbalingga di lakukan 2 kali dalam satu bulannya dengan membagikan 50-100 paket sembako. Total paket sembako yang telah dibagikan sampai saat ini lebih dari 1000 paket”, jelas Nur Hamam.

Dalam program kedua, Santunan (Bea Siswa) Yatim/Piatu, alumni memberikan santunan berupa uang dan peralatan sekolah kepada 15-30 anak yatim piatu pada setiap kegiatan. Pemberian santunan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemberian sembako gratis. 

Program sosial berikutnya adalah Rumah Berbagi Sesama (RBS), dimana alumni menyediakan busana dan perlengkapan (bukan baru) bagus pakai yang bisa diambil oleh siapapun yang membutuhkan, dengan catatan setiap tamu hanya diperbolehkan mengambil dua potong pakaian setiap kedatangan. Tuti Pratnawati, alumni yang merintis RBS ini menjelaskan bahwa busana yang disediakan dalam RBS ini merupakan sumbangan dari alumni. “Seperti dalam sembako gratis dan santunan yatim piatu, program RBS merupakan sumbangan gotong royong dari alumni. Namun demikian, kami juga membuka pintu jika ada sahabat dari luar alumni yang ingin ikut menyumbang kegiatan sosial ini” jelas Tuti. Rumah Berbagi Sesama berada di Jl. Letkol Isdiman No. 35 Purbalingga.

Program terakhir yang baru pertama kalinya dilakukan adalah Renovasi Rumah Tidak Layak Huni, untuk membantu merenovasi rumah yang masuk kategori ‘tidak layak huni’ agar menjadi rumah yang layak dihuni dan sehat untuk ditinggali, istirahat maupun belajar.

Empat program tersebut merupakan hasil urunan atau patungan bersama seluruh anggota G-81.

Hari Setianto, salah satu alumnus 1981 yang berdomisili Jakarta menjelaskan bahwa “Melalui silaturahmi kali ini, anggota G-81 ingin menyampaikan rasa syukur bahwa pada usia yang sebagian mendekati atau bahkan sudah memasuki masa pensiun, ternyata kami masih bisa memberi manfaat kepada orang lain, sekecil apapun sumbangan yang diberikan” ujarnya. Semoga mendapat ridho Allah SWT dan barokah bagi semua yang menerima maupun yang memberi.

Pada hari ini, bersamaan dengan halal bi halal di kediaman Hari Set, di berikan santunan  60 paket sembako gratis kepada yang berhak, 30 santunan kepada yatim piatu, dan untuk pertama kalinya diberikan bantuan renovasi rumah tidak layak huni, kepada Kusworo, warga kelurahan Purbalingga Kidul. Penyerahan bantuan di saksikan oleh Lurah Purbalingga Kidul, Azizah Nur Elita, yang sekaligus akan melakukan pengawasan agar tujuan renovasi terwujud.

Yuningsih, salah satu alumni yang sedang mudik mengharapkan agar melalui pengukuhan pada hari ini, program-program tersebut dapat berkelanjutan dan semakin membesar di masa mendatang. “Dengan acara pada hari ini, mudah-mudahan para alumni baik yang ada di Pubalingga maupun yang domisili di luar Purbalingga memiliki semangat yang bertambah dan semakin ikhlas dalam berbagi kepada sesama”, imbuhnya.

Semangat mempererat silaturahmi, dan saling  berbagi kepada sesama ternyata merupakan pengikat komunitas alumni 1981, atau yang sering disebut dengan G-81 ini. Meski tidak semua alumni berkelebihan, bahkan ada sebagian alumni yang juga kekurangan, ternyata dengan bergotong royong, komunitas ini mampu membuat hidup menjadi lebih berarti dan lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

Senin, 01 Juni 2020 - 18:30 WIB

Pengusaha Menjerit "Enggak Kuat", Apindo Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM, Listrik & Gas untuk Industri

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan pemerintah agar menurunkan harga BBM industri, listrik dan gas yang dibebankan kepada dunia usaha.

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Senin, 01 Juni 2020 - 18:00 WIB

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Bangun Nawoko mensosialisasikan “New Normal” bersama Komunitas Road Bike Kabupaten Merauke dengan menikmati keindahan…

Leonard Tupamahu Bali United FC

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Leonard Tupamahu Berharap Putrinya Jadi Atlet

Leonard Tupamahu, salah satu pemain belakang senior berkualitas milik Bali United adalah salah satu dari sekian banyak pemain yang sudah merasakan berbagai tim di Indonesia. Sepanjang kariernya,…

Marc Anthony Klok

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Nomor 10 Idola Marc Anthony Klok

Bagi seorang pesepakbola, nomor punggung adalah sesuatu hal yang cukup penting. Karena dari nomor tersebut seorang pemain terkadang semakin dikenal dan bisa menjadi identitas bagi mereka.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menandatangani prasasasti peresmian Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Senin, 01 Juni 2020 - 16:44 WIB

Percepatan Digitalisasi Indonesia, Telkom Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Di tengah kondisi pandemi COVID-19, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman…