Kementerian BUMN Lepas 35.846 peserta Mudik Bareng BUMN 2019 Transportasi Laut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Mei 2019 - 18:00 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Kementerian BUMN dan beberapa BUMN menyelenggarakan Mudik Bareng BUMN 2019 dengan kapal laut milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - PELNI. Tahun 2018 24 BUMN menyediakan 19.850 tiket, Tahun 2019 terdapat 33 BUMN yang menyediakan 35.846 tiket gratis untuk dibagikan kepada masyakarat.

Pelepasan Mudik Bareng BUMN Transportasi Laut dilepas oleh Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra di Terminal Penumpang Nusantara l Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Rabu (29/5/2019)

Dalam kata sambutannya, Hambra mengatakan ini adalah tahun kedua penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN 2019 dengan kapal PELNI. 33 BUMN peserta Mudik Bareng 2019 telah membooking dan mendanai pembelian tiket kapal PELNI untuk dibagikan kepada masyarakat. “Hari ini terdapat 7 BUMN yang memberangkatkan 1.903 pemudik dengan KM. Dorolonda tujuan Surabaya-Makasar-Ambon dan 90% penumpangnya dibiayai BUMN “, terang Hambra.

 Pelepasan pemudik KM.Dorolonda pada Rabu (29/5) pagi merupakan bentuk simbolis dari pelepasan 35.846 pemudik yang dibiayai oleh 33 BUMN dari 19 pelabuhan yang telah diberangkatkan sejak tanggal 21 Mei 2019 dari berbagai kota di Nusantara. “Pemudik telah diberangkatkan dari Batam-Belawan dengan KM. Kelud; Senin (27/5-2019), dari  PT. Jiwasraya (Persero), PT Pegadaian (Persero) dan PT Jasindo (Persero). Rabu (29/5-2019) dari PT Pos Indonesia (Persero),  PT Askrindo (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT Pelindo 1 (Persero) dan PT Askrindo (Persero).  Jumat (31/5-2019) dari PT Inalum (Persero) dan Pelindo 1. Terakhir Minggu (2/6- 2019) dari PT Pelindo 1 (Persero)”, terang Hambra.

Tanjung Priok-Batam/Tanjung Balai Karimun dari PT Brantas Abipraya (Persero), PT Timah (Persero)  dan Pelindo 2 (Persero) telah berangkat pada  Minggu (26/5). “Pemberangkatan dari Tanjung Priok-Makasar dari PT Taspen (Persero), Perum Jamkrindo. Tanjung Priok-Ternate dari PT Antam (Persero). Tanjung Priok-Surabaya dari PT Pelindo 2 (Persero), PT Jasa Raharja (Persero) dan PT PLN (Persero) akan  berangkat Rabu (29/5) dengan KM. Dorolonda, kami  lepas hari ini”, lanjut Hambra.

Hambra menjelaskan, Pemberangkatan berikutnya akan dilaksanakan Jumat (31/5-2019) dari Tanjung Priok-Makasar dari PT Indoesia RE (Persero). Tanjung Priok-Surabaya dari  PT Indonesia RE (Persero), PT Bahana (Persero), PT Danareksa (Persero), dan Perum Airnav  dengan KM. Gunung Dempo. “PT Inalum (Persero) menyiapkan 170 tiket gratis dari Tanjung Priok-Sorong-Jayapura untuk Senin (3/6) dengan KM. Ciremai. Ini suatu kepedulian luar biasa dari BUMN untuk masyarakat”, imbuhnya.

Pemberangkatan lainya dari Pontianak-Surabaya dengan KM. Bukit Raya, Senin (27/5) dari PT. PLN (Persero) dan PT. RNI (Persero). Kumai-Semarang akan berangkat pada hari  Minggu (26/5) dari PT Bank BRI (Persero), PT RNI (Persero) dan Perum Jamkrindo.  Kumai-Semarang diberangkatkan pada Senin (3/6) dari PT. Pelindo 3 (Persero).  Sampit-Semarang berangkat pada hari Kamis (30/5) dengan KM. Egon dari PT. Jasa Raharja (Persero). Sampit-Semarang diberangkatkan pada hari Jumat (31/5) dengan KM. Leuser  dari PT. Askrindo (Persero), PT. Pelindo 3 (Persero) dan dari Perum Jamkrindo. Sampit-Surabaya akan berangkat pada Sabtu (1/6) dengan KM. Kelimutu dari PT.Pelindo 3 (Persero) dan Perum Jamkrindo.

 Balikpapan-Makasar berangkat pada Senin (27/5) dengan KM. Umsini dari Bank BRI (Persero). Balikpapan-Makasar pada Selasa (28/5) dengan KM. Lambelu dari PT. Pupuk Indonesia (Persero). Balikpapan-Surabaya akan diberangkatkan Kamis (30/5) dengan KM. Labobar dari PT Angkasapura I (Persero), PT. Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero). Balikpapan-Makasar.  Bontang- Awarange dengan KM. Binaiya pada  Selasa (21/5) dan Sabtu (25/5-2019) dari PT. Pupuk Indonsia (Persero) dan Batulicin-Surabaya dengan KM. Binaiya pada Rabu (29/5) dari PT Pelindo 3 (Persero).

Makasar-Surabaya telah berangkat pada Senin (27/5) dengan KM. Dobonsolo dari PT. Angkasapura I (persero) dan PT. Semen Indonesia (Persero). Makasar-Baubau pada Rabu (29/5)  dengan KM. Lambelu dari PT Pertamina (Persero). Makasar-Baubau pada Jumat (31/5) dengan KM. Dorolonda dari PT Pertamina (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT Jasindo (Persero) dan Perum Jamkrindo. Makasar-Surabaya pada Senin (3/6) dengan KM. Tidar dari PT. Pertamina (Persero), PT RNI (Persero), PT. Bank BTN (Persero). Makasar-Balikpapan telah berangkat pada Selasa (28/5) dengan KM. Bukit Siguntang dari PT. Pupuk Indonesia (Persero). Makasar-Maumere telah diberangkatkan pada Selasa (28/5) dengan KM. Umsini dari PT. PLN (Persero) dan PT. Semen Indonesia (Persero).

 Kijang-Tarempa/Natuna pada Sabtu (25/5) dengan KM. Bukit Raya dari PT Persero BATAM. Ambon-Bandaneira berangkat pada hari Kamis (30/5) dengan KM. Nggapulu dari Perum Bulog, dan terakhir Semarang-Kumai pada Minggu (16/6) dengan KM. Leuser  dan Semarang-Sampit pada Minggu (16/6) dengan KM.  Kelimutu dari PT. Semen Indonesia (Persero). “Bank Mandiri memberangkatkan 800 pemudik dari berbagai kota”, tutup Hambra.

Untuk pendaftaran pemudik, masing-masing BUMN telah membuka secara online dan beberapa BUMN bersinergi dengan PELNI dengan membuka pendafataran di loket cabang-cabang PELNI di daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…