KOI: Indonesia Berpeluang Mendapatkan 51-53 Emas di SEA Games Manila

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Mei 2019 - 08:54 WIB

Presiden Jokowi dan Erick Thohir (Foto Tribunnews)
Presiden Jokowi dan Erick Thohir (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sepakat dengan pemerintah jika yang diberangkatkan ke SEA Games 2019 di Manila, Filipina adalah atlet muda karena kejuaraan dua tahunan ini hanya dijadikan sasaran antara.

"Setelah Asian Games 2018 level kita sudah naik. Fokus kita harus lebih tinggi lagi termasuk olimpiade. Jadi saya kira memberangkatkan atlet muda cukup tepat," kata Ketua KOI Erick Thohir di Jakarta, Minggu (26/5/2019)

Menurut dia, dengan memaksimalkan atlet muda, maka harus memperhatikan cabang olahraga yang diikuti dan fokus utamanya adalah dari cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade.

"Orientasinya memang harus olimpiade. Jadi kita harus fokus dari awal. Sayang kalau menghambur-hamburkan uang dengan mengirim atlet dari cabang olahraga yang PB-nya belum ada," katanya.

Hanya saja, Erick menyadari jika hasilnya bakal kurang maksimal. Untuk itu pihaknya berharap atlet yang diberangkatkan fokus untuk membidik rekor individu untuk masing-masing cabang. Induk organisasi sangat berperan untuk menentukan atlet yang diberangkatkan.

"Jangan berfikir kita harus juara di Filipina. Jangan berjanji akan lebih baik dibandingkan hasil di Malaysia. Itu akan berat. Tapi harus tetap maksimal," kata mantan presiden klub Inter Milan itu.

SEA Games 2019 Manila akan mempertandingkan 56 cabang olahraga, namun Indonesia hanya mendaftarkan 51 cabang saja. Itu pun belum ditetapkan apa saja cabang yang diberangkatkan ke kejuaraan dua tahunan itu.

Ada 35 cabang yang diharapkan bakal menjadi unggulan untuk mendulang medali emas. Bulu tangkis, martial art, dayung, angkat besi, panahan, renang, atletik hingga boling menjadi cabang olahraga yang menjadi tumpuan.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan KOI dengan induk organisasi cabang olahraga, kontingen Indonesia memiliki peluang untuk mendapatkan emas antara 51-53 keping.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P.

Selasa, 10 Desember 2019 - 22:00 WIB

Panglima TNI : Prajurit Marinir Harus Siap Dengan Perubahan dan Beradaptasi Pada Tuntutan Zaman

Prajurit Marinir TNI AL harus siap mengikuti perubahan dan beradaptasi dengan tuntutan jaman dan jangan alergi terhadap perubahan serta selalu siap digerakkan sesuai dengan perintah pimpinan…

Lippo Mall Kuta

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:42 WIB

Perda Perpasaran Bikin Industri pusat Perbelanjaan Tidak Sehat, APBI Lapor ke Menkop UKM

Jakarta - Asosiasi Pengurus Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan keluhan ke Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki terkait Perda DKI Jakarta No. 2 Tahun 2018 tentang Perpasaran yang…

PT Sarinah (Persero)

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:34 WIB

BUMN Sarinah Jadi Etalase Produk UMKM Lokal, Ini Harapan Kemenkop Teten

Jakarta-BUMN PT Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pelat merah diarahkan untuk menjadi showroom atau etalase produk UMKM lokal sehingga diperlukan sinergi yang lebih kuat mendorong dan…

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (foto humas Kemenkop)

Selasa, 10 Desember 2019 - 21:18 WIB

Kemenkop dan UKM Targetkan Peningkatan Kontribusi UMKM Terhadap PDB dan Ekspor

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menyusun Strategi Pemberdayaan UMKM dalam lima tahun ke depan. Strategi ini merupakan implementasi dari program pemerintah dalam pengarusutamaan UMKM dalam…

David Maraharja, MM Tech President University

Selasa, 10 Desember 2019 - 20:50 WIB

Warung Kopi dan Gaya Hidup Melenial

Siapa yang tidak mengenal kopi?? Bila di tanyakan suka kopi atau tidak? Kebanyakan orang akan menjawab suka atau bahkan suka sekali. Memang kopi tidak mengenal usia, jenis kelamin dan pekerjaan.…