KOI: Indonesia Berpeluang Mendapatkan 51-53 Emas di SEA Games Manila

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Mei 2019 - 08:54 WIB

Presiden Jokowi dan Erick Thohir (Foto Tribunnews)
Presiden Jokowi dan Erick Thohir (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sepakat dengan pemerintah jika yang diberangkatkan ke SEA Games 2019 di Manila, Filipina adalah atlet muda karena kejuaraan dua tahunan ini hanya dijadikan sasaran antara.

"Setelah Asian Games 2018 level kita sudah naik. Fokus kita harus lebih tinggi lagi termasuk olimpiade. Jadi saya kira memberangkatkan atlet muda cukup tepat," kata Ketua KOI Erick Thohir di Jakarta, Minggu (26/5/2019)

Menurut dia, dengan memaksimalkan atlet muda, maka harus memperhatikan cabang olahraga yang diikuti dan fokus utamanya adalah dari cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade.

"Orientasinya memang harus olimpiade. Jadi kita harus fokus dari awal. Sayang kalau menghambur-hamburkan uang dengan mengirim atlet dari cabang olahraga yang PB-nya belum ada," katanya.

Hanya saja, Erick menyadari jika hasilnya bakal kurang maksimal. Untuk itu pihaknya berharap atlet yang diberangkatkan fokus untuk membidik rekor individu untuk masing-masing cabang. Induk organisasi sangat berperan untuk menentukan atlet yang diberangkatkan.

"Jangan berfikir kita harus juara di Filipina. Jangan berjanji akan lebih baik dibandingkan hasil di Malaysia. Itu akan berat. Tapi harus tetap maksimal," kata mantan presiden klub Inter Milan itu.

SEA Games 2019 Manila akan mempertandingkan 56 cabang olahraga, namun Indonesia hanya mendaftarkan 51 cabang saja. Itu pun belum ditetapkan apa saja cabang yang diberangkatkan ke kejuaraan dua tahunan itu.

Ada 35 cabang yang diharapkan bakal menjadi unggulan untuk mendulang medali emas. Bulu tangkis, martial art, dayung, angkat besi, panahan, renang, atletik hingga boling menjadi cabang olahraga yang menjadi tumpuan.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan KOI dengan induk organisasi cabang olahraga, kontingen Indonesia memiliki peluang untuk mendapatkan emas antara 51-53 keping.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT. Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:54 WIB

Rubah Marmer Lebih Artistik, Fagetti Hadirkan Teknologi Terbaru IndoBuildTech 2019

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) meluncurkan teknologi marmer terbaru di lndoBuildTech 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 21-25 Agustus 2019.

Arsitek Delution, hadir di acara IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8).(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

Jakarta Architecture Installation Festival 2019 Hadir di JCC

Sebuah pameran mahakarya instalasi arsitek terkemuka di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI Syariah di Islamic Tourism

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gelar Acara Islamic Tourism Expo 2019

Jakarta - BNI Syariah menebar promo umroh murah dan beragam program menarik pada perhelatan Islamic Tourism Expo 2019. Pameran Umroh Haji & Wisata Halal terbesar dan terlengkap ini diselenggarakan…

Gading Marten (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Gading Marten Ringan Bebannya karena Mendapat Pujian dari Mutiara Sani

Kesuksesan Deddy Mizwar memainkan tokoh Naga Bonar membuat Gading Marten mengaku minder untuk menerima peran cerita fiktif karya Asril Sani itu. Apalagi sang empunya cerita masih hidup.

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 14:30 WIB

BCA-Yayasan Helping Hands Gelar Pelatihan Kepemimpinan Siswa Disabilitas

Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (RI), BCA melalui CSR Bakti BCA berkolaborasi dengan Yayasan Helping Hands menggelar kegiatan sosial berupa pelatihan. Mendukung visi ‘SDM…