Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung Smart Learning Class
Samsung Smart Learning Class

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan. 

Sejak 2017, Samsung berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI), meresmikan Samsung Smart Learning Class (SSLC), sebuah ruang kelas berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), sebagai wadah untuk memberikan pelatihan penggunaan gadget dan teknologi bagi para guru anggota IGI dan mendorong kegiatan belajar mengajar yang lebih interaktif. 

Kini, SSLC di IGI Makassar juga digunakan sebagai ruang sekolah berkonsep paperless school bernama Ranu Harapan Islamic School (RHIS) yang didirikan atas inisiatif pengurus IGI Makassar.

Kang HyunLee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia, mengatakan, sejak diresmikan pada tahun 2017, SSLC di IGI Makassar dan program-programnya telah memfasilitasi pelatihan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan mengajar yang diikuti oleh lebih dari 800 guru di Sulawesi Selatan. 

"Kami menyambut baik inisiatif pengurus IGI yang memperluas fungsi Samsung Smart Learning Class (SSLC) di IGI Makassar menjadi sekolah Ranu Harapan Islamic School . Hal ini memang sesuai dengan harapan kami, bahwa SSLC dapat bermanfaat luas untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, di mana teknologi dimanfaatkan sebagai fasilitas untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih kreatif dan menarik terutama bagi para siswa," kata Kang HyunLee, Kamis (23/5/2019).

Para guru memanfaatkan fasilitas SSLC dan mengikuti pelatihan setiap akhir pekan dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi maupun IGI Makassar selaku pengelola SSLC. Antusiasme mereka tidak hanya ditunjukkan saat pelatihan berlangsung, namun setelahnya mereka juga mengimplementasikan beberapa materi yang telah diajarkan, seperti pemeriksanaan hasil ujian berbasis Android yang meningkatkan efisensi kerja, sehingga para guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan materi ajar yang lebih menarik. 

Selain itu, para guru juga sudah mulai terbiasa membuat video untuk menyampaikan materi pembelajaran mereka sehingga lebih interaktif dan membuat murid lebih semangat mengikuti proses belajar di kelas. 

Dengan tujuan memaksimalkan manfaat SSLC, maka pada hari Senin sampai Jumat, kelas digunakan untuk kegiatan belajar mengajar RHIS. Dikembangkan dengan konsep paperless school, RHIS menjalankan kegiatan pembelajarannya tanpa menggunakan kertas, spidol, maupun pinsil, namun menggunakan perangkat standar untuk kelas berbasis ICT. 

Sebagaimana yang telah difasilitasi oleh Samsung untuk SSLC, maka siswa-siswa RHIS pun dapat menikmati pembelajaran dengan memanfaatkan 23 unit Samsung Galaxy Tab A with S-Pen, televisi Samsung dan koneksi internet yang ada di dalam SSLC. Selain itu, para siswa RHIS juga dibimbing oleh tenaga pengajar terbaik dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan yang sudah mendapatkan pelatihan dasar penggunaan tablet dan e-learning dari tim Samsung dan IGI Makassar. 

Muhammad Ramli Rahim, Ketua Dewan Pembina RHIS Makassar, mengatakan  sejak menerima bantuan fasilitas Samsung Smart Learning Class pada tahun 2017 kemampuan mengajar kini semakin berkembang, terutama dengan penggunaan gadget dan teknologi. Saat pelatihan mulai berjalan.

"Kami melihat potensi bahwa SSLC juga bisa semakin bermanfaat karena kami hanya menggunakannya pada akhir pekan, maka selama Senin sampai Jumat seharusnya bisa digunakan untuk kegiatan pendidikan yang lain. Akhirnya kami tergerak untuk membuat sebuah sekolah berkonsep paperless school ini. Murid-murid juga sangat senang belajar di ruang kelas berbasis teknologi ini, belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan mereka bisa memahami pelajaran dengan lebih baik.” katanya.

Fasilitas SSLC yang diberikan Samsung kepada IGI Makassar pada tahun 2017 tersebut merupakan sebuah bentuk dukungan Samsung untuk guru-guru di Indonesia untuk meningkatan kemampuannya dalam menerapkan kemajuan teknologi dalam proses belajar mengajar sehari-hari. Kehadiran SSLC diharapkan mampu membuat para guru menciptakan metode belajar mengajar yang lebih efisien, menarik, dan interaktif dengan para siswa. 

Program Samsung Smart Learning Class ini mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kompetensi guru, seperti tercantum pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, pada Bab II Pasal 3 disebutkan bahwa salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh para guru adalah pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. 

Selain di IGI Makassar, SSLC juga hadir di enam lokasi lainnya yaitu, SMA Negeri Unggulan MH Thamrin Jakarta, SMA Pangudi Luhur Jakarta, Brawijaya Smart School Malang, SMA Plus Negeri 17 Palembang, SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar, SMA Negeri 5 Balikpapan, SMA Bina Amal Semarang, SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan SD YPK Waupnor, Biak, Papua.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia