Terra Drone Indonesia Perkenalkan Teknologi LIDAR lewat Proyek Percontohan dengan PT PP

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Mei 2019 - 09:49 WIB

Terra Drone Indonesia (Foto Dok Industry.co.id}
Terra Drone Indonesia (Foto Dok Industry.co.id}

INDUSTRY.co.id - Purworejo- Terra Drone Indonesia telah melakukan pemetaan topografi menggunakan LiDAR pada proyek pembangunan infrastruktur bendungan yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Pekerjaan survei dilakukan selama 4 hari yang dimulai pada 21 April 2019 lalu, di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut sekaligus ditujukan untuk memperkenalkan teknologi drone LiDAR kepada PT PP (Persero) Tbk.

 “Secara umum, kondisi wilayah di lokasi rencana pembangunan bendungan merupakan daerah aliran sungai yang berbukit dan curam. Kemiringan medan yang bervariasi dan diselingi tebing-tebing membuat pengukuran terestris untuk mendapatkan peta wilayah tersebut secara langsung akan sulit untuk dilakukan. Dengan teknologi drone LiDAR, dapat memudahkan aktivitas survei di wilayah tersebut tanpa perlu menerjukan manusia ke lapangan secara langsung yang minim akan akses,” Michael Wishnu Wardana Siagian (Managing Director Terra Drone Indonesia), Selasa (21/5/2019)

Sensor LiDAR bekerja dengan cara menembakkan sinar laser ke permukaan objek dan kemudian menerima pantulannya. Dari pantulan tersebut kemudian dapat diketahui jarak dari permukaan objek tersebut dan dimodelkan dalam bentuk point cloud 3 dimensi.

 Teknologi drone LiDAR secara perlahan sudah mulai banyak digunakan dalam pembangunan infrastruktur, khususnya survei dan pengambilan data di wilayah pengerjaan konstruksi. Hal ini dikarenakan drone LiDAR membuat pekerjaan survei menjadi lebih efektif dalam segi waktu, ekonomis secara biaya, dan aman digunakan karena sama sekali tidak mengganggu pengerjaan proyek. Kedepannya, teknologi tersebut akan semakin diadaptasi oleh para penyelenggara jasa konstruksi sebagai bagian dari kemajuan teknologi konstruksi di Indonesia.

 Terra Drone Corporation Terra Drone Corporation

Tentang Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan.

Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gojek

Jumat, 03 April 2020 - 15:18 WIB

Kementan Gandeng Gojek Lancarkan Distribusi Pangan

Sektor pertanian menjadi kebutuhan prioritas dalam menghadapi pandemi Covid - 19, apalagi bulan ini masyarakat muslim di Indonesia akan memasuki Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Presiden Jokowi…

Ilustrasi Pekerja proyek perumahan (Industry.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 15:10 WIB

Himbauan Dirumah Aja, Pekerja Harian: Kalau Gak Nukang yang Kasih Makan Siapa Pak

"Kita tetap nukang (kerja-red), abis kalau dirumah yang kasih makan anak-anak siapa Pak?," ujar Haji Abdul pemborong proyek perumahan di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Jumat (3/4).

Peruri Menyalurkan Bantuan Kepada BPBD Karawang

Jumat, 03 April 2020 - 15:10 WIB

Peruri Salurkan Bantuan Penanggulangan Covid-19 untuk Wilayah Karawang

Peruri menyalurkan bantuan kepada BPBD Karawang yang dipusatkan di markas Komando Distrik Militer Kodim Karawang dan kepada tenaga medis di beberapa Puskesmas yang menangani kasus Covid-19 yang…

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Dilewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…