Sambut Libur Lebaran, Kemenpar Luncurkan Gerakan #PesonaMudik2019

Oleh : Ridwan | Selasa, 21 Mei 2019 - 19:20 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Ridwan)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sambut libur lebaran tahun ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan gerakan #PesonaMudik2019. 

Program yamg diluncurkan untuk menyambut mudik lebaran 2019 serta libur hari raya Idul Fitri 1440 H ini memiliki beberapa kegiatan antara lain, lomba foto instagram #PesonaMudik2019, info 10 Top Kuliner dan 10 Destinasi Mudik serta Pesona Mudik 2019 Co Branding.

"Tahun ini, Kemenpar juga mengadakan lomba untuk kaum milenial yaitu lomba foto instagram #PesonaMudik2019. Dengan mengikuti lomba ini mereka dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (21/5).

Selain itu, tempat destinasi dan kuliner yang masuk dalam Top 10 Kuliner dan Top 10 Destinasi sendiri dipilih berdasarkan kombinasi nilai dari aplikasi TripAdvisor, Google Maps, dan Google Local Guide. Daftar tempat ini juga sudah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh tim Generasi Pesona Indonesia (Genpi) serta dikurasi oleh tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar.

Pada 2029, diperkirakan ada sekitar lebih dari 20 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik. Melalui program tahunan ini, para "Mudikers" bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang tempat wisata dan kuliner di daerahnya melalui media digital. 

Disisi lain, kegiatan mudik juga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi daerah melalui berbagai aktivitas wisata.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, dalam industri pariwisata, peristiwa mudik lebaran termasuk dalam aktivitas pariwisata. 

"Ini berarti karena ada pergerakan orang, disitu juga terjadi pergerakan uang yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata daerah," ujarnya.

Pernyataan ini juga didukung oleh Bank Indonesia yang mengestimasikan akan ada perputaran uang hingga Rp 200 triliun selama sebelas hari masa liburan dengan asumsi per orang menghabiskan sekitar Rp 10 juta.

Sementara itu, Ketua Tim Co-Branding Kemenpar Priyantono Rudito menjelaskan bahwa, program Pesona Mudik Lebaran ini merupakan bentu co-creation dalam kerja sama co-branding, khususnya brand oleh-oleh artis enterpreneur. 

"Beberapa program diantaranya adalah aktivasi kampanye media sosial, bazar pesona mudik, dan program promo "Hot Delas" produk oleh-oleh artis yang didukung mitra co-branding lainnya," jelas Priyantono.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, program Pesona Mudik Lebaran 2019 merupakan upaya untuk meningkatkan minat masyarakat berwisata sekaligus perwujudan dari penerapan prinsip 'Industry Lead, Goverment Support' dimana pemerintah berperan dalam mendukung dan memfasilitasi bisnis di sektor pariwisata Indonesia.

"Bentuk kerja sama antara pelaku industri dan Kemenpar ini merupakan langkah untuk mendongkrak ekuitas merek di pasar global dan domestik," tutup Menpar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Borneo Olah Sarana Sukses, Tbk. (“BOSS”), (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 17 Juni 2019 - 18:00 WIB

BOSS Genjot Produksi untuk Meningkatkan Pendapatan Tahun Ini

PT Borneo Olah Sarana Sukses, Tbk. (“BOSS”), produsen batu bara berkalori tinggi dengan kadar abu dan sulfur yang rendah, optimis mampu memacu produksi batubaranya secara maksimal pada semester…

 PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (Foto Herlambang)

Senin, 17 Juni 2019 - 17:00 WIB

Bali United Resmi Menjadi Klub Sepakbola yang Go Public

PT Bali Bintang Sejahtera Tbk, perusahaan yang memiliki dan mengelola klub sepakbola profesional Liga 1 Indonesia “Bali United” resmi menjadi perusahaan publik ke-632 yang mencatatkan sahamnya…

Paul Frank

Senin, 17 Juni 2019 - 16:38 WIB

Lewat Layanan Do it Yourself, Paul Frank Ajak Pelanggan Berkreasi

Kehadiran layanan ‘Do It Yourself’ bisa menjadi jawaban bagi pelanggan yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka.

Jababeka

Senin, 17 Juni 2019 - 15:45 WIB

Usai Pemilu, Kota Industri Jababeka Ketiban Untung

Pengembang kawasan industri PT Kota Industri Jababeka (KIJA) mengaku diuntungkan dengan membaiknya iklim sosial-politik pasca gelaran pemilihan umum 2019 lalu.

BRI Hadir di Tengah Bencana Banjir Sultra dan Kaltim (Foto Rino)

Senin, 17 Juni 2019 - 15:22 WIB

BRI Hadir di Tengah Bencana Banjir Sultra dan Kaltim

Bencana banjir menerpa beberapa kota di Indonesia pada awal bulan Juni ini. Hal ini menimbulkan dampak kerugian material hingga korban jiwa. Melihat kondisi tersebut, Bank BRI melalui program…