Pembangunan KEK Mandalika Terapkan Standar Tinggi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Mei 2019 - 14:30 WIB

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

INDUSTRY.co.id - Lombok Tengah- Presiden Joko Widodo menilai pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sudah bagus karena menggunakan standar tinggi.

"Pertama, saya ingin melihat progres perkembangan dari Mandalika. Ternyata bagus. Dirut (direktur utama ITDC, red) juga sudah menyampaikan ada tujuh hotel yang sewa dan tiga dalam pembangunan, ini perkembangannya bagus," kata Jokowi saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (17/5/2019)

Dalam kunjungannya ke KEK Mandalika, Presiden Jokowi ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan Dirut PT ITDC Abdulbar M Mansoer.

Selain itu, Presiden Jokowi menilai pembanguan fasilitas pendukung di kawasan itu, mulai toilet umum juga sudah menggunakan standar yang tinggi sejak awal. Karena itu, Presiden berpesan agar kawasan itu tetap dijaga dan dipelihara dengan baik.

"Jangan sampai kawasan yang sangat indah dan bagus pemberian Allah ini menjadi tidak baik karena salah manajemen dari awal. Ini yang harus dihindari," tegas Jokowi.

Karena itu, untuk mendukung pembangunan sirkuit MotoGP, Presiden Jokowi berharap semua segera bisa dikerjakan. Mulai dari bandara hingga jalan menuju lokasi sirkuit.

"Nanti akan di bangun 'by pass', gede banget melebihi tol, karena lebarnya 50 meter. Nanti dilihat gambarnya sudah ditunjukkan ke saya," ujarnya.

Menurut presiden, ditargetkan pada tahun 2020 seluruh fasilitas untuk MotoGP siap digunakan, dan pada 2021 penyelenggaraan MotoGP sudah bisa diselenggarakan.

"Nanti untuk pembangunan bandara, jalan, itu dari kita semua. Kita yang ingin selesaikan. Itu bukan untuk MotoGP saja. Tapi memang, ini akses yang paling bagus masuk ke Mandalika, sehingga perkembangan Mandalika bisa menjadi Bali Baru," jelas Jokowi.

Presiden Jokowi juga berharap dibangunnya sirkuit Mandalika menjadi titik awal pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat bisa memberikan dukungan kepada ekonomi nasional dan NTB.

"Kita harap kalau sirkuit terbangun dapat memberikan 'support' terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.(Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Borneo Olah Sarana Sukses, Tbk. (“BOSS”), (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 17 Juni 2019 - 18:00 WIB

BOSS Genjot Produksi untuk Meningkatkan Pendapatan Tahun Ini

PT Borneo Olah Sarana Sukses, Tbk. (“BOSS”), produsen batu bara berkalori tinggi dengan kadar abu dan sulfur yang rendah, optimis mampu memacu produksi batubaranya secara maksimal pada semester…

 PT Bali Bintang Sejahtera Tbk (Foto Herlambang)

Senin, 17 Juni 2019 - 17:00 WIB

Bali United Resmi Menjadi Klub Sepakbola yang Go Public

PT Bali Bintang Sejahtera Tbk, perusahaan yang memiliki dan mengelola klub sepakbola profesional Liga 1 Indonesia “Bali United” resmi menjadi perusahaan publik ke-632 yang mencatatkan sahamnya…

Paul Frank

Senin, 17 Juni 2019 - 16:38 WIB

Lewat Layanan Do it Yourself, Paul Frank Ajak Pelanggan Berkreasi

Kehadiran layanan ‘Do It Yourself’ bisa menjadi jawaban bagi pelanggan yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka.

Jababeka

Senin, 17 Juni 2019 - 15:45 WIB

Usai Pemilu, Kota Industri Jababeka Ketiban Untung

Pengembang kawasan industri PT Kota Industri Jababeka (KIJA) mengaku diuntungkan dengan membaiknya iklim sosial-politik pasca gelaran pemilihan umum 2019 lalu.

BRI Hadir di Tengah Bencana Banjir Sultra dan Kaltim (Foto Rino)

Senin, 17 Juni 2019 - 15:22 WIB

BRI Hadir di Tengah Bencana Banjir Sultra dan Kaltim

Bencana banjir menerpa beberapa kota di Indonesia pada awal bulan Juni ini. Hal ini menimbulkan dampak kerugian material hingga korban jiwa. Melihat kondisi tersebut, Bank BRI melalui program…