Gejolak Harga Bawang Putih di Sukabumi Berangsur Turun

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 Mei 2019 - 10:18 WIB

Bawang Putih (ist)
Bawang Putih (ist)

INDUSTRY.co.id - Sukabumi- Harga bawang putih yang dijual di berbagai pasar tradisional di Kota Sukabumi, Jawa Barat pada hari ketiga Ramadhan 1440 Hijriah mulai berangsur turun dari yang awalnya Rp80 ribu/kg sekarang menjadi Rp60 ribu/kg.

"Penurunan harga bawang putih ini karena sudah mulai masuknya pasokan dari impor ke pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Sukabumi, sehingga persediaannya meningkat," kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi,UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Dikop UKMPP) Kota Sukabumi Heri Sihombing di Sukabumi, Rabu (8/5/2019)

Menurutnya, dengan masuknya bawang putih impor ini diharapkan bisa menstabilkan harga karena pasokan dari lokal saat ini terbatas dan beberapa daerah penghasil belum mulai memanen serta persediaannya pun terbatas.

Dengan meningkatnya persediaan dan distribusi di pasar, harga bawang putih bisa terus berangsur turun hingga Idul Fitri atau Lebaran mendatang.

Namun, kemungkinan mendekati Lebaran biasanya ada kenaikan harga karena meningkatnya permintaan. Tetapi dengan persediaan yang melimpah pihaknya optimistis harganya tetap bisa stabil.

"Fluktuasi harga pasti selalu terjadi, kami pun mengimbau kepada warga tidak perlu panik karena persediaan berbagai macam kebutuhan pokok di Kota Sukabumi mencukupi hingga Lebaran nanti," tambahnya.

Heri mengatakan tidak hanya bawang putih, komoditas lainnya juga menurun seperti daging sapi dari Rp140 ribu/kg menjadi Rp120 ribu/kg, daging sapi has luar Rp145 ribu/kg menjadi Rp135 ribu/kg, daging sapi brisket dari Rp115 ribu/kg menjadi Rp110 ribu /kg. Kemudian, daging ayam broiler Rp45 ribu/kg turun menjadi Rp40 ribu/kg, cabai merah TW dari Rp42 ribu/kg menjadi Rp36 ribu/kg, cabai hijau besar dari Rp24 ribu/kg menjadi Rp20 ribu/kg.

Selanjutnya, cabai lokal dari Rp36 ribu/kg menjadi Rp32 ribu/kg, bawang merah Rp32 ribu/kg menjadi Rp30 ribu kg dan kentang dari Rp15 ribu/kg menjadi Rp13 ribu/kg. "Untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok kami juga akan menggelar pasar murah sembako Ramadhan dalam waktu dekat di tujuh kecamatan," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…