BALESIN.id Admin Otomatis Bantu Jualan Online Lebih Praktis

Oleh : Nina | Jumat, 03 Mei 2019 - 09:40 WIB

BALESIN.id siap jadi admin otomatis tokomu
BALESIN.id siap jadi admin otomatis tokomu

INDUSTRY.co.id - Jakarta, 2 Mei 2019 - Chatting telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kultur digital masyarakat Indonesia, termasuk ketika sedang berbelanja online. Baik di platform e-commerce maupun media sosial, dua tempat favorit belanja online di Indonesia tersebut sama-sama mengandalkan chatting sebagai metode komunikasi utama antara penjual dan pembeli. Kebiasaan berbelanja lewat chat ini dikembangkan lebih lanjut oleh BJtech dalam produk terbaru mereka. Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerjasama dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola & Frestea, BFI Finance, dalam pengembangan produk berbasis chatbot, kini BJtech siap luncurkan BALESIN.id, admin otomatis untuk membuat proses jual-beli online menjadi lebih mudah.

“Penting sekali untuk stand-by melayani chat pelanggan karena di e-commerce pun, sebagian besar akan chat dulu untuk nanya-nanya, seperti memastikan stoknya ada, bisa dikirim ke daerah mana aja, dan lain-lain. Tantangannya muncul ketika banyak chat yang masuk di luar jam operasional, padahal tidak semua chat berujung pada pembelian, kan?” ujar Tania Ray Mina, co-founder ZAM Cosmetics sambil menceritakan pengalamannya menjalankan bisnis secara online. “Kami memang memiliki admin yang bertanggung jawab di masing-masing e-commerce dan chatting messenger, tapi pada kondisi tertentu misalnya demand-nya lagi banyak secara bersamaan, mereka bakal keteteran jawab ratusan chat dalam sehari.”

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, BALESIN.id memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Setelah mendapatkan suntikan dana dari Stellar Kapital dan GDI (Global Digital International), BJtech melalui BALESIN menawarkan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online. Penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam. Saat ini BALESIN.id sudah terkoneksi dengan LINE Messenger, serta dalam tahap pengembangan untuk terkoneksi dengan WhatsApp Messenger dan bisa memiliki link sendiri.

Diatce G. Harahap, CEO BJtech menyatakan, “Perkembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence) di Indonesia berpotensi besar untuk membantu pelaku bisnis online Indonesia yang terbiasa berjualan lewat chatting. Semakin tinggi skala operasionalnya, tantangan yang dihadapi seller juga semakin besar untuk membalas chat pelanggan. Misalnya ada 200 chat yang masuk ke ponsel dalam sehari, berapa persen yang akhirnya beli? Dengan adanya admin otomatis BALESIN.id berbasis chatbot ini, seller akan terbebas menjawab pertanyaan-pertanyaan repetitif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih efisien. Mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk menangani serious buyer, dan tentunya akan meningkatkan penjualan mereka.” 

Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, BALESIN.id menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting. Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal. Untuk membuat pembeli lebih interaktif dan nyaman saat chatting, penjual bisa memilih sendiri gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan bisnis online yang dijalankan.

Bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan, konsumsi belanja masyarakat Indonesia juga meningkat setiap tahunnya, baik secara langsung maupun online. “Biasanya melonjak pesanan itu seminggu sebelum dan dua-tiga minggu tengah Ramadhan, karena bakal banyak barang yang diskon, ada koleksi spesial Ramadhan begitu, kan. Jam operasional juga ada perubahan sedikit untuk para admin kita ketika Ramadhan. Aku harus consider ke mereka dong, karena mereka kerja juga sambil ibadah puasa,” ungkap Arief Tri Satya, COO brand fashion muslim Ria Miranda.  

Berdasarkan data SimilarWeb, beberapa platform e-commerce di Indonesia menunjukan adanya peningkatan aktivitas 5 – 10 persen sebulan menjelang dan selama bulan Ramadhan. Untuk kategorinya, peningkatan yang cukup signifikan terjadi pada penjualan online barang rumah tangga, busana muslim, makanan dan minuman. Peluang ini menjadi momentum yang pas bagi penggemar belanja online untuk merasakan pengalaman baru ketika berbelanja lewat chat. 

“Dengan menggunakan admin otomatis dari BALESIN.id, para penjual online berpotensi untuk melipatgandakan penjualannya di bulan Ramadhan dengan lebih mudah dan efisien, tanpa perlu kerepotan membalas chat pelanggan satu per satu karena kan udah #AdaYangBalesin,” tutup Ache.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Foto Ilustrasi dari https://uici.ac.id/bmkg-rilis-potensi-cuaca-ekstrem

Selasa, 16 April 2024 - 07:16 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan akan diwarnai adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Selasa, 16 April 2024 - 06:51 WIB

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Bantul—Forum Muda Mudi Sawahan (FOMSA), Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, D.I Yogyakarta menggelar acara syawalan Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.