Saleh Husin: Kemitraan Perguruan Tinggi dan Sektor Privat Hasilkan SDM Unggulan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 Mei 2019 - 09:00 WIB

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin (Foto Dok Industry.co.id)
Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Depok- Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Saleh Husin mengungkapkan peran pihak swasta diperlukan untuk kemajuan bangsa Negara. Saleh mengingatkan pesatnya perkembangan sains dan teknologi yang kerap menjadi jalan keluar bagi beragam kepentingan manusia, tak terlepas dari kedalaman riset di ranah sosial serta humaniora.

“Salah satu tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah mewujudkan sumber daya manusia unggulan, yang kompetitif, inovatif dan berkarakter. Untuk mencapainya, bangsa Indonesia – termasuk pula Universitas Indonesia – berupaya memperluas akses masyarakat ke perguruan tinggi. Teknologi dapat menjadi salah satu solusinya, seperti melalui perkuliahan daring. Program studi di bidang ilmu sosial sudah memulainya, harapannya, perkembangan teknologi dapat pula memfasilitasi kompleksitas penyelenggaraan studi jarak jauh di bidang ilmu sains,” kata Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia, Saleh Husin saat bersama civitas academica UI mendampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di Kampus UI, Depok (2/5/20119).

Dalam kegiatan yang juga berisikan peresmian Pusat Riset Sosial dan Politik Universitas Indonesia di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang pembangunannya berasal dari filantropi sektor privat ini, Saleh mengingatkan pesatnya perkembangan sains dan teknologi yang kerap menjadi jalan keluar bagi beragam kepentingan manusia, tak terlepas dari kedalaman riset di ranah sosial serta humaniora.

“Itu sebabnya, riset terapan di kedua bidang ilmu ini mesti berjalan secara beriringan. Percepatannya dapat dilakukan melalui kemitraan antara lembaga pendidikan dengan sektor privat, seperti yang kami lakukan bersama saat ini. Untuk itu, atas nama seluruh civitas academica, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Mochtar Riady atas komitmen sekaligus kedermawanan nya  mendukung pembangunan gedung delapan lantai ini. Semoga langkah beliau menginspirasi sektor privat lainnya, secara meluas, untuk tak ragu bermitra dengan Universitas Indonesia", ujar Saleh yang menjabat Menteri Perindustrian tahun 2014-2016.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perum Jamkrindo support pengobatan mata

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:29 WIB

Perum Jamkrindo Beri Bantuan Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis

Cirebon - Perum Jamkrindo mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan mata gratis dan pemberian kacamata gratis kepada masyarakat Desa Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat, Kamis 27 Juni…

 Ferrari SF90 Stradale (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:00 WIB

Tur Eksklusif Ferrari Menjelajahi Capri Pantai Amalfi

Lebih dari 100 mobil Ferrari dari seluruh dunia bertemu di Campania untuk mengikuti Ferrari Cavalcade edisi ke-8

Tifanny Meilianti, Project Manager E-Learning GMT Institute

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:37 WIB

Menguasai Property Management Melalui E-Learning

Di era digitalisasi yang semakin berkembang, kebutuhan akan konsep suatu pembelajaran berbasis teknologi mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pendidik hingga pebisnis. 

Ilustrasi Bitcoin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:00 WIB

Libra Bitcoin

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berjudul Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019 yang diselenggarakan…

Bedah rumah Kementerian PUPR

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:48 WIB

Tahun 2019, Bedah Rumah Kementerian PUPR Sasar 3.000 Rumah MBR di Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program peningkatan kualitas hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Stimulan Perumahan…