Mesti Melambat, SBI Catat Peningkatan Penjualan Capai 2,8 Persen di Kuartal I/2019

Oleh : Ridwan | Rabu, 01 Mei 2019 - 12:05 WIB

Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban
Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) resmi mengumumkan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2019.

Di tengah ketatnya persaingan dan permintaan pasar yang relatif stagnan, SBI mencatatkan peningkatan pada pendapatan penjualan bersih sebanyak 2,8% dari Rp 2.285 miliar di tahun 2018 menjadi Rp 2.349 miliar pada tahun 2019. 

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan penjualan semen di dalam negeri mengalami penurunan 0,2% atau sebesar 15,7 juta ton pada kuartal I/2019, sementara ekspor melonjak 97% menjadi 1,37 juta ton. 

Lemahnya penjualan terutama terjadi di Pulau Jawa dan Sumatera, umumnya karena musim hujan yang masih berlangsung, anggaran belanja pemerintah yang belum terealisasi, serta suasana menjelang pemilihan umum (pemilu) lalu yang turut memberikan pengaruh pada laju proyek-proyek pembangunan. 

Sejak bergabung dengan Semen Indonesia Group (SMIG), SBI melakukan transformasi untuk mencapai sinergi dan memperbaiki kinerja perusahaan. 

Melalui perluasan jangkauan pasar dan program-program efisiensi yang dilakukan secara internal, SBI mampu mencetak laba sebelum bunga dan pajak penghasilan yang positif sebesar Rp 120 miliar, dibandingkan kerugian yang dialami pada kuartal pertama tahun 2018. 

Secara keseluruhan, SBI berhasil menurunkan tingkat kerugian hingga 63% atau menjadi Rp 123 miliar dari Rp 332 miliar pada periode yang sama di tahun 2018.

Proyeksi Kedepan
Mengantisipasi kinerja pada kuartal II/2019, SBI memproyeksikan bahwa pasar masih akan menantang dengan cuaca yang belum stabil, melambatnya pembangunan sehubungan bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri 
mendatang, serta hasil pemilihan umum. 

Untuk itu, SBI akan terus melakukan sinergi dengan SMIG untuk tetap berupaya meraih hasil positif, melalui optimalisasi aset, jaringan distribusi, serta melanjutkan program-program efisiensi yang terus berjalan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…