Mesti Melambat, SBI Catat Peningkatan Penjualan Capai 2,8 Persen di Kuartal I/2019

Oleh : Ridwan | Rabu, 01 Mei 2019 - 12:05 WIB

Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban
Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) resmi mengumumkan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2019.

Di tengah ketatnya persaingan dan permintaan pasar yang relatif stagnan, SBI mencatatkan peningkatan pada pendapatan penjualan bersih sebanyak 2,8% dari Rp 2.285 miliar di tahun 2018 menjadi Rp 2.349 miliar pada tahun 2019. 

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan penjualan semen di dalam negeri mengalami penurunan 0,2% atau sebesar 15,7 juta ton pada kuartal I/2019, sementara ekspor melonjak 97% menjadi 1,37 juta ton. 

Lemahnya penjualan terutama terjadi di Pulau Jawa dan Sumatera, umumnya karena musim hujan yang masih berlangsung, anggaran belanja pemerintah yang belum terealisasi, serta suasana menjelang pemilihan umum (pemilu) lalu yang turut memberikan pengaruh pada laju proyek-proyek pembangunan. 

Sejak bergabung dengan Semen Indonesia Group (SMIG), SBI melakukan transformasi untuk mencapai sinergi dan memperbaiki kinerja perusahaan. 

Melalui perluasan jangkauan pasar dan program-program efisiensi yang dilakukan secara internal, SBI mampu mencetak laba sebelum bunga dan pajak penghasilan yang positif sebesar Rp 120 miliar, dibandingkan kerugian yang dialami pada kuartal pertama tahun 2018. 

Secara keseluruhan, SBI berhasil menurunkan tingkat kerugian hingga 63% atau menjadi Rp 123 miliar dari Rp 332 miliar pada periode yang sama di tahun 2018.

Proyeksi Kedepan
Mengantisipasi kinerja pada kuartal II/2019, SBI memproyeksikan bahwa pasar masih akan menantang dengan cuaca yang belum stabil, melambatnya pembangunan sehubungan bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri 
mendatang, serta hasil pemilihan umum. 

Untuk itu, SBI akan terus melakukan sinergi dengan SMIG untuk tetap berupaya meraih hasil positif, melalui optimalisasi aset, jaringan distribusi, serta melanjutkan program-program efisiensi yang terus berjalan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPPI Kemenperin, Doddy Rahadi

Jumat, 25 September 2020 - 17:06 WIB

Dukung Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing SDM Industri, Kemenperin Dongkrak Peningkatan Mutu Produk IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar menginisiasi program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa lebih berdaya saing global.

Kepala Pusat Data & Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi (tengah) bersama Enterprise Project Director Telkom Judi Achmadi (kedua dari kiri), Director of Regional Marketing Pertamina Patra Niaga Jumali (kedua dari kanan), Vice President Business Demand Pertamina Joko Purnomo (paling kanan) dan Operation Senior Manager Enterprise, Government, & Business Service Telkom Regional II Andri Nopendra

Jumat, 25 September 2020 - 16:43 WIB

Telkom Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia. Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat…

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah saat diskusi virtual

Jumat, 25 September 2020 - 16:31 WIB

Mandiri Syariah Jadikan Literasi dan Digitalisasi Kunci Perkembangan Perbankan Syariah Nasional

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi perbankan syariah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Jumat, 25 September 2020 - 16:00 WIB

Coach Teco dan Tim Serdadu Tridatu Bertolak ke Homebase Yogyakarta

Skuad Bali United terus melakukan berbagai persiapan dalam lanjutan Liga1-2020Tugas tambahan pun harus dijalani tim asal pulau dewata ini lantaran homebase yang harus berpindah ke pulau Jawa.…

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Jumat, 25 September 2020 - 15:13 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Presiden Jokowi menyampaikanbahwatak hanya menjadi tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Riau, namun keberadaan tol ini juga akan mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat di sekitar…