Mesti Melambat, SBI Catat Peningkatan Penjualan Capai 2,8 Persen di Kuartal I/2019

Oleh : Ridwan | Rabu, 01 Mei 2019 - 12:05 WIB

Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban
Pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk., di Tuban

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) resmi mengumumkan kinerja keuangan perusahaan pada kuartal pertama tahun 2019.

Di tengah ketatnya persaingan dan permintaan pasar yang relatif stagnan, SBI mencatatkan peningkatan pada pendapatan penjualan bersih sebanyak 2,8% dari Rp 2.285 miliar di tahun 2018 menjadi Rp 2.349 miliar pada tahun 2019. 

Asosiasi Semen Indonesia melaporkan penjualan semen di dalam negeri mengalami penurunan 0,2% atau sebesar 15,7 juta ton pada kuartal I/2019, sementara ekspor melonjak 97% menjadi 1,37 juta ton. 

Lemahnya penjualan terutama terjadi di Pulau Jawa dan Sumatera, umumnya karena musim hujan yang masih berlangsung, anggaran belanja pemerintah yang belum terealisasi, serta suasana menjelang pemilihan umum (pemilu) lalu yang turut memberikan pengaruh pada laju proyek-proyek pembangunan. 

Sejak bergabung dengan Semen Indonesia Group (SMIG), SBI melakukan transformasi untuk mencapai sinergi dan memperbaiki kinerja perusahaan. 

Melalui perluasan jangkauan pasar dan program-program efisiensi yang dilakukan secara internal, SBI mampu mencetak laba sebelum bunga dan pajak penghasilan yang positif sebesar Rp 120 miliar, dibandingkan kerugian yang dialami pada kuartal pertama tahun 2018. 

Secara keseluruhan, SBI berhasil menurunkan tingkat kerugian hingga 63% atau menjadi Rp 123 miliar dari Rp 332 miliar pada periode yang sama di tahun 2018.

Proyeksi Kedepan
Mengantisipasi kinerja pada kuartal II/2019, SBI memproyeksikan bahwa pasar masih akan menantang dengan cuaca yang belum stabil, melambatnya pembangunan sehubungan bulan Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri 
mendatang, serta hasil pemilihan umum. 

Untuk itu, SBI akan terus melakukan sinergi dengan SMIG untuk tetap berupaya meraih hasil positif, melalui optimalisasi aset, jaringan distribusi, serta melanjutkan program-program efisiensi yang terus berjalan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…

Pure Saturday menyapa dan menghibur para pengunjung di booth Suzuki GIIAS 2019

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:50 WIB

Suzuki Setia Menemani Keseharian Personel Band Pure Saturday

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meriahkan panggung booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan penampilan Pure Saturday.

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 19:30 WIB

Jimny Hadir Dengan Konsep "Functional Beauty, Designed for Professionals"

Jimny merupakan mobil legendaris yang diperkenalkan oleh Suzuki dan telah menjadi bagian masyarakat Indonesia. Mengaspal sejak tahun 1979 di Indonesia, Jimny telah melalui tiga generasi dengan…