Tingkatkan Ekonomi Desa, TelkomGroup Resmikan Balkondes Sambirejo

Oleh : Wiyanto | Minggu, 28 April 2019 - 06:03 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno bertransaksi LinkAja di pengrajin didampingi Dirut Telkom Alex J Sinaga
Menteri BUMN Rini Soemarno bertransaksi LinkAja di pengrajin didampingi Dirut Telkom Alex J Sinaga

INDUSTRY.co.id

Sleman – TelkomGroup terus berkomitmen membangun negeri dengan turut mendorong perekonomian nasional hingga ke desa-desa, salah satunya melalui pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes). TelkomGroup meresmikan Balkondes Sambirejo (Tebing Breksi) yang berlokasi di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peresmian Balkondes Sambirejo dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Bupati Sleman Sri Purnomo, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga dan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Dalam kesempatan ini Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan bahwa kehadiran Balkondes merupakan upaya BUMN untuk turut serta meningkatkan ekonomi masyarakat desa melalui penyediaan berbagai sarana dan prasarana penunjang ekonomi Desa. "Untuk itu saya berterima kasih kepada Telkom dan Telkomsel yang telah membangun Balkondes Sambirejo ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga desa setempat".

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengatakan, “Balkondes Sambirejo yang dibangun Telkomsel ini merupakan kontribusi TelkomGroup sebagai bagian dari BUMN Hadir untuk Negeri berkontribusi mengembangkan potensi masyarakat sekitar khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital. Balkondes ini akan menjadi sentra kegiatan UMKM desa untuk mengembangkan kerajinan maupun kuliner melalui fasilitas workshop dan galeri. Balkondes dan seluruh fasilitas yang ada di Desa Wisata Sambirejo juga kami support dengan Information and Communication Technology (ICT) sehingga seluruhnya terintegrasi.”

Dalam membangun Desa Wisata Sambirejo, TelkomGroup membangun Balkondes dengan menghadirkan fasilitas homestay yang memungkinkan wisatawan dapat menginap dan menikmati lingkungan asri pedesaan dengan suasana di atas bukit. Selain itu, dibangun pula beberapa fasilitas lain diantaranya Rumah Joglo, Amphitheatre sebagai panggung kesenian dan pentas budaya, Pergola, Joglo Gallery sebagai ruang pertemuan dan galeri, Joglo Limasan sebagai lokasi workshop dan ruang pajang para pelaku UMKM, Green Garden, serta Resto.

Memiliki luas wilayah 2.500 m2, kini Desa Sambirejo memiliki Balkondes yang ditunjang dengan berbagai layanan berbasis teknologi digital, seperti sistem pembayaran digital dengan LinkAja untuk sistem parkir, pujasera, sewa mobil Jeep, serta pembayaran penginapan maupun meeting room.

Letak Balkondes juga sangat strategis, berjarak sekitar 7 Km dari kompleks Candi Prambanan dan sangat dekat dengan kompleks Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Barong, dan Candi Banyunibo. Para wisatawan akan disajikan pemandangan utama perbukitan batuan breksi yang memiliki corak indah serta pegunungan seperti Gunung Merapi dan Gunung Pegat.

TelkomGroup memproyeksikan Desa Sambirejo akan menjadi Digital Heritage Village, yaitu desa wisata yang memadukan teknologi digital dengan keunikan suasana pedesaan dalam berbagai kegiatan budaya, kesenian, pendidikan dan agro wisata.

“Dengan pesona keindahan di Balkondes Sambirejo ini, kami berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini. Kedepannya Balkondes Sambirejo akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Oleh karenanya, seluruh pendapatan dari balkondes tersebut akan menjadi milik desa. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan perekonomian di desa sambirejo,” tutup Alex.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.