Sucofindo Raih Tiga Kategori dalam Indonesia Innovation Awards 2019

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 26 April 2019 - 08:16 WIB

Sucofindo merupakan pionir dalam mengembangkan Greenport Concept di Indonesia.
Sucofindo merupakan pionir dalam mengembangkan Greenport Concept di Indonesia.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Sucofindo (Persero) meraih tiga kategori penghargaan dalam acara puncak Indonesia Innovation Award (IIA) 2019. Acara yang bertempat di Grand Ballroom Fairmont Hotel ini diselenggarakan oleh majalah BISKOM dan APTIKNAS, didukung oleh Kemenristekdisti, dan bekerjasama dengan beberapa konsultan, asosiasi bisnis, & akademisi inovasi terkait.

Penghargaan pertama yang diraih adalah kategori Best Over All yang diserahkan oleh Hammam Riza, Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Selanjutnya adalah kategori Best CEO untuk Direktur Utama PT Sucofindo, Bachder Djohan Buddin, yang diserahkan oleh Jumain Appe, Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti. Kategori ketiga adalah Best Innovation on Consulting yang diserahkan oleh Syahrul Mubarak, Sekretaris Umum Badan Siber dan Sandi Negara.

“Tujuan yang ingin dicapai dari Indonesia Innovation Award 2019 adalah meningkatkan daya saing perusahaan, mendorong produktifitas dan efisiensi perusahaan serta menumbuhkembangkan budaya inovasi dan kreatifitas,” ujar Soegiharto Santoso selaku Ketua Panitia Penyelenggara IIA 2019.

Fokus penilaian Indonesia Innovation Award 2019 adalah pada kreativitas dan inovasi yang dilakukan dengan menggunakan bahan dasar lokal (TKDN) dan prospek bisnis ke depan. Penilaian menggunakan dua metode sekaligus, yaitu penilaian inovasi dan market research.

Dewan Juri menilai bahwa PT Sucofindo (Persero) layak untuk menerima penghargaan Indonesia Innovation Award on Best Innovation on Consulting 2019, karena perusahaan tersebut melakukan terobosan dalam hal inovasi, khususnya dalam Jasa Konsultasi dan Sertifikasi Greenport.

Sucofindo merupakan pionir dalam mengembangkan Greenport Concept di Indonesia. Dimana Sucofindo telah menerbitkan Sucofindo Greenport Guideline yang menjadi panduan implementasi Greenport di pelabuhan. Greenport Guideline juga sudah tercatat sebagai Hak Cipta di Ditjen HAKI, Kemenkumham.

Jasa konsultansi dan sertifikasi Sucofindo Greenport merupakan komitmen terhadap perlindungan lingkungan maritim yang merupakan terjemahan poros maritim dunia. Kondisi pelabuhan Indonesia saat ini perlu terus didorong untuk terus disesuaikan dengan kaidah pengelolaan pelabuhan mendukung pembangunan keberlanjutan.

Untuk menghadirkan pelabuhan yang sejalan dengan kaidah Greenport, Bachder Djohan Buddin mengatakan kriteria yang harus dipenuhi oleh pelabuhan adalah pengelolaan energi & limbah, pengendalian pencemaran air, udara, & sampah domestik serta pengendalian sampah B3 (bahan beracun dan berbahaya), keanekaragaman hayati, dan tata guna lahan. Selain itu, aktivitas pelabuhan, seperti bongkar muat barang ekspor dan impor, lintas transportasi antara darat dan laut, dan juga reklamasi lahan, semuanya menjadi perhatian sehingga mendapatkan label Greenport.

Selain penyusunan Blueprint Greenport dan Greenport Awarding, Sucofindo menawarkan jasa lainnya dalam pengembangan implementasi Greenport.  Antara lain Pembuatan Rencana Teknis Implementasi Greenport, Audit Energi Pelabuhan, Port Reception Facility (PRF) Assessment, dan Pelatihan Greenport.

Sucofindo juga membuka layanan baru untuk sektor telekomunikasi dan industri 4.0 yang berkembang cepat. Dalam hal ini Sucofindo mengembangkan Laboratorium Pengujian untuk Sektor Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Handphone, Komputer Genggam, dan Tablet (HKT).

Selain itu, Sucofindo juga membentuk unit Sucofindo Technology yang menawarkan jasa pengelolaan Big Data, Internet of Things dan Enterprise Solution yang dikemas dalam berbagai model bisnis, termasuk dengan konsep Managed Services.

Sedangkan untuk aspek lingkungan dan sosial, PT SUCOFINDO (Persero) menyediakan layanan jasa CSR berbasis ISO 26000. Layanan jasa ini menyediakan jasa sertifikasi layanan CSR yang dilakukan untuk memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…