TPK KOJA Layani Kapal Terbesar Berkapasitas  4.253 TEUs

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 April 2019 - 16:31 WIB

TPK KOJA Layani Kapal Terbesar
TPK KOJA Layani Kapal Terbesar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Terminal Petikemas (TPK) KOJA Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta melayani kapal terbesarnya dengan kapasitas 4.253 TEUs (Twenty foot Equivalent Units) milik Ocean Network Express (ONE).  Layanan ini dimulai pada 12 April 2019.

“Kehadiran servis baru di TPK KOJA menandakan kepercayaan pelanggan terhadap TPK KOJA yang selama ini melayani 6 servis. Ini adalah momentum bagi TPK KOJA dalam mendukung Pelabuhan Tanjung Priok untuk melayani pelayaran internasional,” kata General Manager (GM) TPK KOJA, Ade Hartono di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Kapal MV. Navious Verde akan melayani pelayaran rute Singapura (SIN) - Jakarta (JKT) – Thailand (LCH) – Singapura dengan rencana bongkar muat 3.500 boxes per minggu. Kapal MV. Navious Verde ini memiliki bobot 40.000 Gross Tonne, panjang LOA 260 m, dan lebar 32 meter. 

Dengan menggunakan 3 quay crane, kapal ini memiliki tingkat rata-rata gross cane rate (GCR) sebanyak 32.2 pemindahan peti kemas per jam dengan vessel operating rate (VOR) 85.9 pemindahan peti kemas per jam.

“Kami berterimakasih untuk kepercayaan perusahaan pelayaran internasional yang memilih TPK KOJA sebagai tempat berlabuh. Kesempatan ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang optimal melalui peningkatkan sistem, digitalisasi dan SDM KOJA yang handal,” tutur Ade.

Ade menambahkan kehadiran kapal besar di TPK KOJA juga tak lepas dari peranan pemilik, yakni PT Pelindo II atau IPC dan Hutchison Port Indonesia. “Kami berharap keberadaan kapal besar ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha, khususnya eksportir dan importir nasional untuk mengoptimalkan peluang bisnis global,” ucap Ade.

Melalui optimalisasi program dan sinergi dengan mitra bisnisnya, volume bongkar muat TPK KOJA saat ini telah mencapai  lebih dari 1 juta TEUs per tahun, meningkat dari  sebelumnya 889.034 TEUs. TPK KOJA juga mampu melayani 2 kapal sekaligus dengan panjang kapal (LOA) 300 meter.

TPK KOJA melayani kapal-kapal dengan tujuan Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, Korea, Jepang, dan Australia.

Sejak awal operasi, TPK Koja fokus layanannya berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Terakreditasi dengan standar kualitas ISO-9001: 2008 yang disertifikasi oleh PT Lloyd's Register Indonesia (Manajemen Mutu UKAS), TPK KOJA memberikan layanan penanganan kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok  Jakarta, 24 jam sehari, sepanjang hari.

TPK KOJA mengelola lahan penumpukan petikemas seluas 21,80 hektare di Pelabuhan Tanjung Priok dengan kapasitas statis impor CY 9.828 TEUs, kapasitas statis ekspor CY 9.072 TEUs dan kapasitas Reefer CY 310 Plugs. TPK KOJA memiliki 7 unit Quay Cranes yang dapat melayani 2 Super Post Panamax, 2 Post Panamax, dan 3 Panamax.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa OJK, Muhammad Maulana tengah

Senin, 16 Desember 2019 - 19:41 WIB

Waran Terstruktur Siap Menghiasi Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki Rancangan Peraturan OJK (RPOJK) terkait instrumen investasi Waran Terstruktur. Harapannya produk ini dapat dikembangkan sebagai produk derivatif.

Penghargaan diterima oleh Direktur Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa

Senin, 16 Desember 2019 - 19:19 WIB

Mandiri Syariah Dinobatkan Menjadi Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperoleh penghargaan sebagai Mitra Distribusi SBSN Ritel Terbaik 2019 dan Peserta Lelang SBSN Terbaik Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan…

Diskusi media kebaikan nata de coco

Senin, 16 Desember 2019 - 18:33 WIB

Ramai Beredar Video Hoax Produk Nata de Coco, GAPMMI Ingin Pemerintah Bertindak Tegas

Sejauh ini, terhitung ada sebanyak lima video hoax yang beredar di masyarakat melalui sosial media. Diantara lima video tersebut menyebutkan bahwa produk nata de coco mengandung plastik dan…

Danone-AQUA raih Penghargaan Industri Hijau

Senin, 16 Desember 2019 - 16:41 WIB

15 Pabrik Danone-AQUA Raih Penghargaan Hijau 2019 dari Kemenperin

Danone-AQUA mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 melalui 15 pabriknya dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas upaya Danone-AQUA yang secara aktif dan bijak menggunakan…

Fadel Muhammad berbincang dengan Direktur Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muhammad Maulana.

Senin, 16 Desember 2019 - 16:24 WIB

Crowdfunding Bisa Danai UKM di Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan untuk go publik. Kelebihannya, perusahaan yang sudah jadi emiten sebutan yang sudah listing di pasar modal, akan diawasi banyak orang.