Dahlan Iskan Dan Para Pemilih Buta

Oleh : Anab Afifi, CEO Bostonprice Asia | Minggu, 14 April 2019 - 10:24 WIB

Anab Afifi Ceo Boston Price
Anab Afifi Ceo Boston Price

INDUSTRY.co.id - Para pemilih  itu jenisnya ada tiga macam. Yang pertama,  pemilih fanatik. 

Kelompok ini tidak peduli apa yang dilakukan oleh jagoannya. Pokoknya semuanya baik. Kalau ada yang mengkritik mereka siap ganti menghardik. 

Inilah kelompok yang oleh warga net dikatakan begini.

"Ada dua kelompok yang tidak bisa dikasih nasehat. Orang yang sedang jatuh cinta dan pendukung capres. Karena cinta buta sehingga  tak peduli omongan orang."

Golongan ini di barisan Prabowo banyak. Sedangkan di kubu Jokowi jauh lebih banyak.

Golongan ini tidak perlu dikasih kampanye. Bahkan tidak perlu ada debat Capres maupun Cawapres. Mau debat seratus kali juga tidak akan ada pengaruhnya sama sekali. Penjelasan visi misi juga tidak penting. Apalagi uraian program kerja. 

Kelompok kedua, pemilih rasional. 

Mereka memilih Prabowo atau Jokowi yang memakai penalaran. Akal sehat digunakan. Pertimbangan untung rugi diteliti dan dikaji. Bukan hanya untung buat dirinya sendiri tetapi untuk rakyat Indonesia. 

Salah satu orang  dari kelompok ini adalah Dahlan Iskan. Mantan Direktur Utama PLN. Juga menteri BUMN di era SBY.

Lima tahun lalu ia mendeklarasikan menjadi pendukung Jokowi. Bahkan acara dukungannya saat itu dilakukan secara kolosal di Sentul. 

Yang hadir banyak. Dari berbagai kalangan. Karena dirinya memang tokoh serba bisa dan serba ada. Pengusaha, wartawan, mantan pejabat bahkan ia pemenang convensi presiden partai Demokat. Saat itu.

Dahlan mendukung Jokowi karena berharap mantan pengusaha mebel itu dapat memperbaiki ekonomi Indonesia. Mengerek pertumbuhan ekonomi hingga tujuh persen dan dapat mensejahterakan rakyat. 

Nawa cita yang disodorkan Jokowi telah memantabkan Dahlan menjadi Jokower. Tapi tidak radikal.

Kali ini pilihan  Dahlan berubah. Ia melabuhkan dukungannya kepada Prabowo.  Itu yang terjadi di Surabya beberapa hari lalu. Alasannya rasional bukan idioligis. 

Jokowi gagal menaikkan pendapatan perkapita rakyat Indonesia yang menurut perhitungannya bisa menjadi 7.000 dolar pada tahun ini. Bukannya naik, malah turun jadi 4.500 dolar. Padahal, lima tahun  lalu sudah 5.000 dolar. Itu saja.

Sebagai pengusaha dan mantan menteri BUMN, Dahlan tahu betul bagaimana kinerja ekonomi itu dapat dipacu.  Kesempatan lima tahun memimpin Indonesia ternyata tidak mampu mendongkrak ekonomi. Maka ia menggantungkan harapannya kepada sosok lain, Prabowo.

Jokowi  sebenarnya sangat diuntungakan dengan Dahlan. Lewat opini yang setiap hari ia tulis di Disway. Selama satu tahun belakangan, mantan wartawan itu keliling dunia. Dan wilayah yang paling banyak dikunjungi adalah China. Hampir semua kota penting negara tirai bambu itu telah ia kunjungi.

Bukan hanya menjadi turis biasa. Dahlan selalu membuat tulisan yang mencerahkan dan memukau. 

Bahkan boleh dikatakan ia termasuk China Maniak. Tulisannya tentang China selalu memuji kebaikan negara komunis itu. Pertumbuhan ekonominya, sistem politiknya yang efektif, alamnya yang  menakjubkan, kemajuan teknologi  yang luar biasa bahkan juga tentang wanita-wanita China yang cantik.

Saya sebenarnya agak gimana gitu, saat membaca tulisan Dahlan tentang China. Tetapi itu ternyata wajar. Sebab umur Dahlan dapat diperpanjang karena kehebatan dokter China. Yang telah berhasil mengganti hatinya dengan hati seorang remaja dari China. 

Ia sukses transplantasi hati. Di salah satu rumah sakit di China. Tentu juga karena memang Allah belum menghendaki Dahlan sowan ke haribaan Nya.

Pada saat yang sama, kebijakan Jokowi juga pro China. Tenaga kerja China dibiarkan membanjiri negeri ini. Perusahaan China dipersilahkan membangun infrasruktur penting. Bahkan utang negara diperbanyak juga dari China. 

Dengan penuh kesadaran Jokowi bergabung dengan proyek raksasa China, yaitu One Belt One Road (OBOR). Jalan sutera baru yang memfasilitasi banjirnya uang dari negerinya Xi Jing Ping itu.

Klop sebenarnya antara Jokowi dan Dahlan. Sama-sama suka dengan China. Tetapi akal sehat akhirnya tetap berbicara. Maka Dahlan keluar dari barisan Jokower dan memilih Prabowo. Pada pemilu ini.

Dahlan itu bak masinis. Gerbonganya panjang. Bahkan panjang sekali. Ada yang Dahlan maniak yang terkenal dengan Dahlanis, ada juga rombongan rasional seperti sang tokoh. Maka gerbong akal sehat akan migrasi, mengikuti lokomotifnya.

Terakahir golongan pemilih ketiga, adalah orang-orang pragmatis. Tidak peduli dengan akal sehat. Juga tak mengangap penting idiologi. Mereka lebih menyukai dirinya sendiri. Yang penting saya dapat sesuatu dari perhelatan akbar ini. Tak peduli siapa yang menang.

Golongan ini juga banyak. Ada rombongan birokrat aparatur negara ada pula pegawai BUMN. Karir pribadi lebih penting dari segala hiruk pikuk pemilu. Apa maunya pimpinan ia ikuti. Bahkan kalaupun harus ikut iuran untuk mensukseskan ia akan lakoni.

Golongan ini juga tersebar di masyarakat. Penunggu serangan fajar dan uang bayaran. Tak peduli siapa calegnya. Tak peduli siapa presidennya. Yang penting yang ngasih duit itulah yang dipilih. 

Jumlah golongan ini ternyata juga amat banyak. Mereka itulah yang menyebabkan caleg kedodoran. Harus menyiapkan 1 juta amplop degan isi yang lumayan. Mereka menjadi penyebab pemilu biaya tinggi. 

Mereka juga menjadi penyebab caleg stress ketika gagal terpilih. Dan mereka pula yang menyebebkan politisi menjadi koruptor. Akhirnya  yang menang masuk penjara yang kalah masuk rumah sakit jiwa. Karena pemilih macam ini.

Nah, Anda pemilih macam mana ?

Penulis adalah Anab Afifi, pemerhati Politik dan CEO Boston Price

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…