PLTP Ulubelu Segera Diresmikan

Oleh : Irvan AF | Kamis, 02 Maret 2017 - 08:08 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id, Palembang - Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulubelu di Tanggamus, Lampung yang merupakan bagian proyek 35 ribu megawatt segera diresmikan.

Proyek PLTP unit 3 dan 4 yang "groundbreaking" (dicanangkan) oleh Presiden Jokowi di Kamojang itu telah selesai dan PLTP itu akan diresmikan sekitar April 2017, kata Vice Presiden Corproate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro, di Palembang, Kamis (2/3/2017).

Ia menyebutkan wilayah PLTP ulubelu dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy dengan memanfaatkan energi panas bumi di Kabupaten Tanggamus.

PLTP Ulubelu unit 4 dengan kapasitas 55 MW, lanjutnya, ditargetkan mulai beroperasi secara komersial pada April 2017, sedangkan unit 3 dengan 55 MW telah beroperasi pada Agustus 2016.

Wianda menjelaskan energi Panas Bumi Ulu Beli Lampung sebesar 165 MW merupakan proyek pertama dan terbesar di Indonesia.

PLTP Ulubelu, menurutnya, dapat memenuhi kebutuhan listrik di Provinsi Lampung sekitar 25 persen dari kebutuhan.

Saat ini, lanjutnya, Pertamina terus mengembangkan energi baru dan terbarukan salah satunya memanfaatkan panas bumi menjadi energi listrik.

"Meski pertumbuhan tenaga panas bumi baru lima persen, tetapi pemerintah melihat potensi masih bisa maksimal untuk terus dikembangkan," jelasnya.

Dia menjelaskan dampak yang bisa didapatkan selain dapat penuhi kebutuhan listrik untuk 1,5 juta rumah tangga dan mengurangi efek dampak iklim rumah kaca tetapi juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar minyak.

Sehingga, katanya, otomatis dapat mengurangi impor bahan bakar minyak untuk pembangkit listrik.

"Peresmian PLTP Ulubelu, semoga bisa langsung diresmikan Pak Presiden pada April mendatang," harapnya.

Di sisi lain, pembangunan PLTP sebagian besar lokasinya berada dekat dengan kawasan hutan konservasi atau hutan lindung mengingat energi panas bumi sebagian besar berada di sana.

Karena itu, lanjutnya, Pertamina berkoordinasi dengan pihak terkait agar pembangunan tak menimbulkan masalah termasuk dengan penduduk yang berada di kawasan tersebut.

PT Pertamina menggelar acara Pertemuan Forum Komunikasi Humas, bersama media wilayah Sumbagsel, pada 1-2 Maret 2017 itu secara rinci mengupas terkait perkembangan perluasan bisnis Pertamina yang akan dilakukan hingga tahun 2025 ke depan mulai dari hulu hingga hilir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:13 WIB

PRO AVL, Ajang Pameran Instrumen Musik Terlengkap Kembali Hadir di Jakarta

Bagi Anda pecinta seni musik, alat musik, pengetahuan penggunaan alat musik dan sound system ada baiknya untuk menghadiri pameran PRO AVL & Music Indonesia 2019 yang berlangsung pada hari ini…

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

Kamis, 18 Juli 2019 - 22:04 WIB

Keluarga Cendana Serahkan Dokumen Penting Presiden Soeharto ke Negara

– Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima tambahan khaSanah arsip statis tentang Presiden Soeharto yang diserahkan oleh pihak keluarga Presiden Soeharto. Arsip tersebut diserahkan…

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2019 bertempat di kampus Perbanas Institute Jakarta.

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:45 WIB

42 Emiten Meraih CSA Awards 2019

Jakarta-Sebanyak 42 emiten di Bursa Efek Indonesia meraih CSA Awards, penghargaan emiten dengan kinerja terbaik hasil kerjasama antara Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) dengan CSA Research.…

Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:42 WIB

Ramaikan Pasar Laptop Gaming, Dell Hadirkan Laptop G-Series Teranyar

Dell Indonesia menghadirkan inovasi gaming untuk memenuhi pertumbuhan pasar gaming PC di Indonesia dengan menghadirkan laptop G-Series terbaru – Dell G7 15 (7590) yang dibanderol dengan harga…

Pameran 3-in-1 Industri Mainan, Taman Hiburan, dan Peralatan & Dekorasi Rumah Mulai Digelar Hari ini

Kamis, 18 Juli 2019 - 21:28 WIB

Ragam Industri Mainan Teknologi China Mejeng di JIExpo

Jakarta-Tiga pameran dagang berstandar internasional digelar secara bersamaan mulai hari ini hingga 20 Juli 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.