Kemenperin Ajak Puluhan Perajin Keramik di Plered Tingkatkan Nilai Jual Produk

Oleh : Ridwan | Senin, 08 April 2019 - 19:30 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar pelatihan bagi puluhan perajin keramik di Kecamatan Plered, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (8/4).

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual produk keramik Plered.

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih berharap pelatihan tersebut mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan perajin. Sehingga nantinya akan meningkatkan nilai jual produk keramik Plered.

"Jika kemampuan perajin meningkat, maka produksinya akan semakin bagus dan tentunya bisa meningkatkan pangsa pasar," kata Gati.

Menurut Gati, para perajin gerabah di Purwakarta terus menunjukkan prestasi yang luar biasa. Bahkan memikiki potensi yang cukup besar.

Berdasarkan catatan UPTD Litbang Keramik Purwakarta hingga akhir 2018, sebanyak 101 kontainer produk keramim asal Purwakarta telah dieskpor ke berbagai negara termasuk salah satunya ke Amerika Serikat (AS). 

Dijelaskan Gati, pemerintah terus mendukung perkembangan industri gerabah di Indonesia, salah satunya dengan mengupayakan adanya ketersediaan harga gas industri yang kompetitif.

"Kami akan terus berupaya menyediakan pasikan harha harha gas industri yang kompetitif," terangnya.

Selain harga gas industri, tambah Gati, pemerintah juga terus mendorong tumbuhnya inovasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta terus melakukan pembinaan industri keramik dalam negeri.

"Peningkatan inovasi dan SDM itu sangat penting dalam menyongsong era industri 4.0. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan pembinaan," ungkap Gati.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Purwakarta yang konsisten mengembangkan dan terus mendorong industri kerajinan gerabah sebagai salah satu andalan usaha ekonomi kerakyatan di wilayah tersebut.

Sementara itu, Kepala UPTD Litbang Keramik Plered, Bambang Mega Wahyu mengatakan melalui pelatihan diharapkan bisa memberikan motivasi baru bagi pengusaha industri kecil dan menengah keramik di Purwakarta.

"Apalagi kerajinan keramik Plered memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu industri yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…