PT Jababeka Morotai Akui Telah Kembangkan Dua Zona Indah di KEK Morotai

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 April 2019 - 13:15 WIB

Pulau Morotai (Foto Dok Beritasatu.com)
Pulau Morotai (Foto Dok Beritasatu.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo tekah meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) salah satunya KEK Morotai di Maluku Utara pada Senin (1/4) lalu.

PT Jababeka Morotai, selaku pengelola KEK Morotai mengakui bahwa sejauh ini telah mengembangkan dua zona di kawasan tersebut.

"Pengembangan dua zona KEK Morotai sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu dan dikelola oleh PT Jababeka Morotai," ungkap Sekretaris Perusahaan PT Kawasan Industri Jababeka (KIJA) Mulyadi Suganda di Jakarta (2/4) kemarin.

Dijelaskan Muljadi, pembangunan zona 1 meliputi 41 unit rumah dan satu unit Kantor Administrasi KEK. Sementara itu, satu dari 10 unit condotel telah dibangun dan direncanakan memiliki 81 kamar. 

"Rencana pengembangan lainnya adalah pembangunan street mall dan stadion olahraga," terangnya.

Dilanjutkan Muljadi, untuk zona 2 terdiri dari D’Aloha Resort yang sudah beroperasi selama enam tahun dengan 30 kamar yang memiliki pekerja lokal hingga 95%. 

Selain itu, di zona 2 juga sudah terbangun lima villa dari target 100 villa Morotai Maharani Villas. Villa ini dioperasikan oleh PT Morotai Paradise Resort, anak perusahaan dari PT Jababeka Morotai.

Meski tidak menjelaskan lebih rinci terkait anggaran yang disiapkan dan target pendapatan ke depan, Muljadi menyebut proses pengembangan dan pembangunan terus berlangsung sejalan dengan minat para investor yang hendak menanamkan investasinya di KEK Morotai.

"Ada beberapa peminat yang akan menanamkan investasinya di Morotai. Sejauh ini baru PT Morotai Paradise Resort yang merupakan joint venture company yang menempati Morotai selain Jababeka Morotai serta ada beberapa rumah, villa, dan condotel yang dijual kepada end userdan investor individu," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menpeein Agus Gumiwang, Menko Perekonomian Airlangga, Menteri PUPR, Menkeu Sri Mulyani saat Konfrensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:49 WIB

Agus Gumiwang Unggah Potret Bareng Airlangga, Basuki dan Sri Mulyani, Netizen: Sukses Pak....

Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mencuri perhatian masyarakat usai mengunggah sebuah potret "langka" bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR,…

Menteri BUMN Erick Thohir

Minggu, 07 Maret 2021 - 22:18 WIB

Cinta Buatan Indonesia, Erick Thohir: Selalu Menempel! Mulai dari Batik, Makanan Sampai Sneakers...

Menteri BUMN Erick Thohir menuai banjir komentar dari masyarakat usai mengunggah sebuah lagu berjudul "Aku Cinta Buatan Indonesia" yang diciptakan oleh musisi legendaris Indonesia, Bimbo. Menurut…

Menkeu Sri Mulyani

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:42 WIB

Sri Mulyani Blak-blakan Soal Sulitnya Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik, Publik: Hebat Ibu Menteri...

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuai banjir pujian dari masyarakat usai mengunggah tulisan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik. "Bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik?,"…

Tim Lazismu Pusat bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Minggu, 07 Maret 2021 - 19:33 WIB

BPK Bersama Lazismu Audit Program BPKH Untuk Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia bersama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengunjungi dua lembaga pendidikan…

Pemilik UKM Batik Gedog Zaenal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:21 WIB

Demi Serap Banyak Pekerja, Pembatik Ini Pertahankan Cara Tradisional, Omzetnya Ratusan Juta Per Bulannya

Jakarta– Upaya PT Pertamina (Persero) dalam melestarikan kebudayaan Nusantara diwujudkan dalam banyak hal, salah satunya dengan membina banyak perajin kain baik.