Jokowi: Tiga KEK di Sulawesi Utara Ini Serap 120 Ribu Tenaga Kerja

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 01 April 2019 - 17:16 WIB

Presiden Joko Widodo akan meresmikan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di Bandara Samratulangi Manado, Sulawesi Utara, Tiga KEK tersebut adalah KEK Bitung, KEK Maloy dan KEK Morotai.
Presiden Joko Widodo akan meresmikan tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di Bandara Samratulangi Manado, Sulawesi Utara, Tiga KEK tersebut adalah KEK Bitung, KEK Maloy dan KEK Morotai.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) meresmikan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kawasan Timur Indonesia. Ketiga KEK ini ditargetkan bisa menarik investasi hingga Rp 110 triliun dan menyerap 120 ribu tenaga kerja.

Dia berharap dengan adanya KEK, industri pengolahan dan industri lainnya bisa berkembang di dalam negeri. “Sehingga kita tidak lagi sekedar mengekspor bahan mentah, melainkan produk yang memiliki nilai tambah lebih tinggi,” kata Jokowi dalam keterangannya saat peresmian tiga KEK tersebut di Manado, Senin (1/4).

Ketiga KEK yang diresmikan hari ini adalah KEK Bitung di Sulawesi Utara, KEK Morotai di Maluku Utara, dan KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Kalimantan Timur. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan targetan yang akan dicapai dari ketiga KEK tersebut.

KEK Bitung fokus industri pengolahan kelapa, industri pengolahan perikanan, industri farmasi, dan logistik. KEK ini ditargetkan dapat menarik investasi Rp 35,2 triliun dan menyerap 34.710 tenaga kerja serta dapat memberikan efek terhadap perekonomian nasional hingga Rp 92,1 triliun pada 2025.

KEK Bitung telah mendatangkan beberapa investor dengan total komitmen investasi sebesar Rp 3,8 triliun. Salah satunya adalah Futai Indonesia yang bergerak di bidang industri pengolahan kertas daur ulang dengan komitmen investasi sebesar Rp 2,8 triliun.

Kemudian KEK Morotai yang fokus pada industri pengolahan perikanan, pariwisata, dan logistik. KEK ini ditargetkan dapat menarik investasi Rp 37,24 triliun dan menyerap 30 ribu tenaga kerja. KEK Morotai diproyeksikan berkontribusi terhadap perekonomian nasional hingga Rp 1,45 triliun pada tahun 2025.

Hingga kini, KEK Morotai telah menghadirkan komitmen investasi sebesar Rp 455 miliar, berasal dari PT Jababeka Morotai yang juga merupakan pengelola KEK tersebut. Investasi ini diwujudkan melalui pembangunan loft studio senilai Rp 150 miliar, serta street mall dengan nilai investasi Rp80 miliar. Dalam waktu dekat juga akan masuk pelaku usaha baru, yang akan membangun hotel/resort senilai US$ 15 juta (Rp 225 miliar).

Sementara KEK MBTK memiliki kegiatan utama industri pengolahan kelapa sawit, industri energi, dan logistik. KEK ini ditargetkan mampu menarik investasi sebesar Rp 37,71 triliun dan menyerap 55.700 tenaga kerja. KEK MBTK diproyeksikan berkontribusi pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kutai Timur sebesar Rp 4,67 triliun pada tahun 2025.

KEK MBTK telah mendatangkan beberapa investor dengan total komitmen investasi sebesar Rp 995 miliar. Investor tersebut di antaranya Kilang Kaltim Continental yang bergerak di bisnis kilang BBM dengan komitmen investasi sebesar Rp 945 miliar dan Anugerah Energitama yang bergerak di bidang bisnis tangki timbun dengan komitmen investasi Rp 50 miliar.

Dengan peresmian 3 KEK ini, maka total KEK yang telah beroperasi genap menjadi 10 KEK. Dua KEK lainnya, yakni KEK Sorong dan KEK Tanjung Api-Api ditargetkan untuk beroperasi pada semester I tahun ini.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:37 WIB

Menko Airlangga Beberkan Hasil Kerja Keras Pemerintah yang Bikin Dunia Kagum! Covid-19 Turun Cepat, Ekonomi Rebound

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan bahwa kerja keras Pemerintah dengan partisipasi masyarakat di masa pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil yang baik.  Hal ini menurutnya…

Outlet Baru The Face Shop

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:14 WIB

Ekspansi Lagi, Merk Kosmetik Asal Korea Ini Tambah 5 Outlet Baru di 5 Kota di Indonesia

The Face Shop Indonesia, merek kosmetik asal Korea Selatan membuka sebanyak 5 outlet terbaru di 5 kota besar di Indonesia. Pembukaan outlet ini memperkuat jaringan footprint The Face Shop di…

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Ist)

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:05 WIB

Menpan RB Terbitkan Surat Edaran, Berikut Aturan Baru WFH dan WFO Bagi ASN

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo kembali mengeluarkan surat edaran yang mengatur penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara…

Toko SELMA

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:54 WIB

Ekspansi Kawan Lama Group Buka Toko Pertama Informa Electronics dan SELMA di Lamongan

Center Indonesia yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group terus berekspansi dengan membuka toko pertama dari dua bisnis unitnya di Lamongan pada hari Senin, 18 Oktober 2021.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat menemui Chairman Foxconn Young Liu dan CEO Gogoro Horace Luke

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:45 WIB

Kunker ke Taiwan, Menteri Bahlil Temui Bos Foxconn Ajak Bawa Duit Berkarung-karung Bangun Pabrik Kendaraan Listrik

Dalam kunjungan kerjanya ke Taipe, Taiwan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menemui Chairman Foxconn Young Liu dan CEO Gogoro Horace Luke.