Pengusaha Industri Mamin Dijadwalkan Pameran Teknologi di Jerman

Oleh : Herry Barus | Rabu, 01 Maret 2017 - 08:02 WIB

Ilustrasi industri mamin. (Foto: IST)
Ilustrasi industri mamin. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengusaha Indonesia diundang menghadiri pameran dagang internasional "Drinktec" tanggal 11-15 September 2017 di Munchen, Jerman, untuk menyaksikan teknologi terkini industri minuman dan makanan cair dari berbagai negara.

"Pameran ini merupakan terbesar yang menampilkan berbagai produk dan teknologi minuman sehingga selalu diikuti pengusaha dan pengunjung dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia," kata Business Unit Director Messe Munchen International Georg Moller kepada pers di Jakarta, Selasa (28/2/2017)

Menurut Georg Moller, pameran yang berlangsung sekali dalam empat tahun tersebut selalu dikunjungi oleh pengusaha minuman dari Indonesia yang ingin mengetahui teknologi terkini dan terbaru bukan hanya mengenai minuman tapi juga kemasan untuk minuman dan makanan cair.

Kunjungan pengusaha Indonesia yang datang ke "Drinktec", katanya, menunjukkan tren positif yatitu dari 85 pengusaha tahun 2005 menjadi 135 pengusaha tahun 2009, dan tahun 2013 sebanyak 299 pengusaha.

"Tahun ini diharapkan pengusaha Indonesia yang hadir bisa lebih banyak lagi," katanya.

Dalam tahun 2013, total jumlah pengunjung "Drinktec" mencapai 66.886 orang naik 14 persen dibanding tahun sebelumnya, dengan jumlah pengunjung terbesar datang dari Italia, Rusia, dan Swiss.

Untuk tahun ini, katanya, pameran ini ditargetkan akan diikuti oleh 1.600 pengusaha dari lebih 70 negara dan dihadiri lebih dari 70.000 pengunjung dari 180 negara.

Georg mengatakan untuk tahun ini produk yang akan ditampilkan merupakan hasil dari teknologi terkini mulai dari pengolahan minuman, pengisian minuman ke dalam botol, hingga pengepakan sampai dengan distribusi ke konsumen.

Dia menilai industri minuman di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat ditambah lagi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, sehingga konsumsi meningkat dipastikan juga akan bertambah tiap tahunnya.

Mengutip data Euromonitor International 2017, dia mengatakan, total volume penjualan air minum di Indonesia untuk periode 2016-2020 akan tumbuh 41,9 persen, diikuti minuman sari buah tumbuh 31,8 persen, dan minuman berenergi 16,4 persen. Sementara untuk minuman susu di Indonesia pada periode itu di Indoensia akan tumbuh 31,3 persen.

"Jadi melihat data seperti itu, Indonesia merupakan pasar penting untuk industri minuman sehingga tak mengherankan jika industri tersebut juga kian bertambah," katanya.

Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) Lena Prawira, seperti dikutip Antara mengatakan, pihaknya mendukung pengusaha minuman Indonesia untuk hadir dalam pameran itu.

"Di situ nanti industriawan Indonesia bisa melihat sendiri kemajuan teknologi minuman terkini yang pada akhirnya juga bisa memberikan manfaat bagi perusahaan," katanya.

Dia menilai, bagi pengusaha minuman Indonesia, pameran tersebut sangat penting karena akan bisa mempelajari sejauh mana kemajuan industri minuman dunia sehingga pada akhirnya pengusaha nasional bisa memiliki strategi agar produknya bisa diterima di pasar internasional

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…