Peringati HUT ke-21, Sekolah Tinggi Teknik PLN Gelar Electricity Forum 2019

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Maret 2019 - 15:28 WIB

Sekolah Tinggi Teknik PLN Gelar Electricity Forum 2019
Sekolah Tinggi Teknik PLN Gelar Electricity Forum 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN) menyelenggarakan kegiatan forum kelistrikan Nasional “ELECTRICITY FORUM 2019” bersamaan dengan peringatan HUT ke-21 STT PLN dengan mengangkat tema “Inovasi Teknologi Kelistrikan & Kerakyatan Untuk Kemandirian Energi Nasional” yang berlangsung di Kampus STT PLN, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, pada 27-28 Maret 2019. 

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi Pameran; Presentasi Produk dari sejumlah perusahaan di bidang kelistrikan; dan juga Job Fair. Kegiatan ini juga menampilkan inovasi Pelet TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) dari STT PLN sebagai bahan baku energi Listrik Kerakyatan. 

Acara Electricity Forum 2019 tersebut, dimulai dengan Talkshow Interaktif yang menghadirkan Ketua STT PLN, Supriadi Legino, Illah Sailah, M.S saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, DKI Jakarta, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti); serta Djoko Rahardjo Abumanan, Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara. 

Selanjutnya dilakukan Pengguntingan Pita oleh ketiganya, sekaligus menandai pembukaan secara resmi kegiatan tersebut dan kunjungan ke area pameran. Selanjutnya, disampaikan “Laporan Perjalanan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan Listrik Kerakyatan” sebagai Program STT PLN dalam memberikan kontribusi terhadap kebutuhan listrik di masyarakat yang terus meningkat. 

Program Listrik Kerakyatan merupakan model penyediaan dan pengembangan energi listrik yang terdiri dari bauran pembangkit listrik skala kecil dari energi bersih yang tersedia di sekitar komunitas masyarakat. Salah satunya melalui pengelolaan dan pengolahan sampah melalui TOSS. Tampil sebagai Keynote Speech adalah Jumain Appe, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti dan Rasmus A. Kristensen Duta Besar Denmark untuk Indonesia. 

Jumain Appe menyampaikan apresiasinya terhadap STT PLN sebagai sekolah tinggi vokasi yang menghasilkan tenaga-tenaga terdidik, terampil, dan profesional di bidang ketenagalistrikan Tanah Air. Sementara Rasmus memaparkan mengenai dukungan Pemerintah Denmark untuk memajukan Energi Baru Terbarukan di wilayah terpencil terutama di Indonesia Timur. 

Dalam kesempatan tersebut, diselenggarakan Diskusi Panel. Pada sesi pertama, diskusi menghadirkan: Djoko Abumanan, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) yang memaparkan mengenai melistriki wilayah terpencil dan dukungan pembangunan pembangkit listrik berbasis biomassa dan sampah; I Nyoman Suwirta, Bupati Klungkung mengenai Mengolah Sampah menjadi listrik dengan program TOSS. 

Tampil juga sebagai pembicara pada diskusi sesi pertama; Sripeni Inten Cahyani, Direktur Utama PT Indonesia Power mengenai Peranan PT Indonesia Power dalam pengembangan Listrik Kerakyatan (LK); Rida Mulyana, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM yang memaparkan Peranan Pemerintah Indonesia dalam pengembangan dan penerapan kebijakan untuk listrik kerakyatan. Diskusi tersebut dipandu oleh Supriadi Legino, Ketua STT PLN. 

Sedangkan diskusi sesi ke-2 dengan tema: “Menjalankan Peluang dan Tantangan Membangun Kelistrikan dalam Listrik Kerayatan” juga dipandu oleh Supriadi Legino. Hadir sebagai panelis: Sonny Djatnika Sunda Djaja, PT Hariff Daya Tunggal Engineering; FX Sutijastoto, Dirjen EBTKE Kementerian ASDM; Hudoyo, Staff Ahli Menteri LKH Bidang Energi; dan Jaya Wahono, Pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa Mentawai.

Dalam kesempatan tesebut, Sonny Djatnika memaparkan mengenai terobosannya dalam menghasilkan energi listrik dari sampah melalui teknologi Peuyemisasi. I Nyoman Suwirta, menyampaikan bagaimana perannya sebagai Bupati yang mengimplementasikan TOSS dan Listrik Kerakyatan STT PLN dan berhasil membuatnya meraih sejumlah penghargaan. 

Sementara Sripeni, mengungkapkan keyakinannya bahwa metode TOSS dari STT PLN dapat menghasilkan pelet sampah berkalori 3300 kcal/kg yang bisa berkontribusi terhadap kelistrikan nasional. Job Fair, MOU STT PLN, dan Penghargaan Dalam Electricity Forum 2019 juga dilaksanakan Job Fair dari sejumlah perusahaan kelistrikan, perbankan, dan asuransi. Sedangkan pada hari kedua, dilangsungkan kegiatan presentasi korporasi yang disampaikan oleh sejumlah perusahaan di bidang kelistrikan, termasuk dari BPPT. 

Sementara, dalam kesempatan tersebut, Majalah Listrik Indonesia juga memberikan penghargaan kepada pihak yang dinilai berkontribusi ikut mendorong kemajuan industri kelistrikan nasional. Penghargaan yang diberikan Majalah Listrik Indonesia tersebut diberikan kepada: PT Sumber Segara Primadaya (S2P) untuk kategori: The Cleanest and Most Efficient Coal Power Plant; PT Bekasi Power sebagai The Cleanest Power Plant In The Center of Industrial Estate; PT Enviromate Technology International sebagai The Leading Technology Provider For Power Plant; PEB Steel Indonesia untuk kategori The Highest Quality Design & Steel Fabrication Company; Ketua STT PLN, Supriadi Legino, sebagai Penggagas Listrik Kerakyatan; dan David Lius, CEO Voksel Electic sebagai The Visionary CEO. 

Penghargaan tersebut disampaikan oleh Herman Darnel Ibrahim, Dewan Pakar Majalah Listrik Indonesia. Di sela acara tersebut juga dilakukan Penandatangan MOU antara pihak STT PLN dengan PLN Engineering. Kegiatan Electricity Forum 2019 tersebut, ditutup oleh Ketua STT PLN, Supriadi Legino.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.