Jaga Kualitas dan Kuantitas Air, Danone-AQUA Lakukan Konservasi di Sekitar Lokasi Pabrik AQUA Cianjur

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Maret 2019 - 06:57 WIB

Danone-AQUA Lakukan Konservasi di Sekitar Lokasi Pabrik AQUA Cianjur
Danone-AQUA Lakukan Konservasi di Sekitar Lokasi Pabrik AQUA Cianjur

INDUSTRY.co.id - Cianjur - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret lalu, Danone-AQUA menggelar acara  “Selusur Siklus Air Bersama Danone-AQUA” bersama media yang diadakan di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/3/2019).

Sejalan dengan visi Danone, “One Planet One Health” di hari air sedunia kali ini, Danone-AQUA telah melakukan berbagai upaya konservasi dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan keberlanjutan siklus air.

Salah satu wujud konservasi Danone-AQUA untuk menjaga kualitas dan kuantitas air adalah Konservasi di sekitar lokasi Pabrik AQUA Cianjur, Jawa Barat. Dengan menerapkan pendekatan ‘Hulu-Tengah-Hilir’, Danone-AQUA mengembangkan dua program konservasi Taman Kehati. Wilayah program  berada di dalam area pabrik  yang berada di  Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. 

Dua Taman Kehati yang luas totalnya mencapai 5 Ha tersebut memiliki koleksi tanaman beragam termasuk tanaman herbal, yang kini juga berfungsi sebagai tempat penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hayati, pendidikan, serta penunjang kegiatan ekowisata.

Selain program konservasi, Danone-AQUA juga menjadikan desa tersebut sebagai desa percontohan pertanian ramah lingkungan, bekerja sama dengan Kelompok Tani Gede Lestari Program Ecofarming dan organisasi Himpunan Petani Organik Cianjur (HIPOCI). Program ini dikembangkan sebagai upaya melindungi sumber daya air dari cemaran bahan kimia yang terjadi akibat aktivitas pertanian.  

Model ini memastikan praktek budi daya dilakukan dengan benar sesuai dengan kaidah good agriculture practice (GAP) dengan selalu berorientasi pada pasar sehingga mampu memberikan dampak pada peningakatan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan pertanian ramah lingkungan di Cianjur.

“Setelah mendapatkan edukasi dan bantuan untuk memulai pertanian sehat ini, saya menjadi semakin sadar akan kualitas tanaman yang dihasilkan dengan menggunakan pestisida nabati dan nutrisi konvensional, sehingga hasil panen pun menjadi lebih sehat dan segar,” tutur Uden Suherlan, Ketua Kelompok Tani Gede Lestari Program Ecofarming. 

“Di samping itu, kami juga diajarkan dan difasilitas untuk dapat menggunakan greenhouse yang sangat membantu dalam pemeliharaan tanaman, karena melindungi tanaman dari kondisi lingkungan yang bisa merusak, misalnya curah hujan yang terlalu tinggi yang sering sekali terjadi di sini. Hasil panen menjadi lebih bagus sekaligus kami dapat menjaga keberlanjutan lingkungan,” tambahnya.

Berbagai inisiatif yang dilakukan oleh Danone-AQUA tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk terus menjaga kualitas sekaligus menjaga keberlajutan lingkungan. Danone-AQUA berkomitmen untuk dapat terus memberikan hidrasi sehat dengan kualitas air mineral pegunungan terbaik melalui tiga cara:

Memilih mata air terbaik dengan 9 kriteria dan 5 tahapan penelitian selama minimal 1 tahun, yang melibatkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu meliputi hidrogeologi, geologi, geofisika, geokimia, dan mikrobiologi. Penelitian ini terus dilakukan untuk memastikan kestabilan kualitas, kuantitas, dan kesinambungan sumber daya air AQUA yang  terfiltrasi selama ratusan tahun secara alami.

Menjaga keaslian air seperti di sumbernya dengan tidak memakai bahan kimia pemurni air dan menggunakan sistem integrasi yang tak terputus dengan sumbernya. Sistem ini memiliki 400 parameter kualitas, melalui 19 audit kualitas berbeda dan mendapatkan sertifikasi dari 7 badan independent.

Merawat sumber air dan lingkungan sekitarnya dari hulu hingga ke hilir. Danone-AQUA berkontribusi melindungi ekosistem dengan 3 tahap inisiatif dari daerah serapan hujan sampai ke mata air dan daerah sekelilingnya untuk menjaga kualitas dan kuantitas air dari waktu ke waktu. Bersama 11 LSM, Danone-AQUA melaksanakan lebih dari 15 program pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

Danone-AQUA percaya bahwa kesehatan hidrasi harus dimulai dengan kesehatan bumi. Air yang terjaga keberlanjutannya, adalah salah satu indikator kesehatan bumi. Berbagai upaya yang dilakukan Danone-AQUA merupakan langkah untuk mencapai salah satu tujuan keberlanjutan Danone-AQUA: berkontribusi kepada kehidupan bumi yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…