Jaga Kualitas dan Kuantitas Air, Danone-AQUA Lakukan Konservasi di Sekitar Lokasi Pabrik AQUA Cianjur

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Maret 2019 - 06:57 WIB

Danone-AQUA Lakukan Konservasi di Sekitar Lokasi Pabrik AQUA Cianjur
Danone-AQUA Lakukan Konservasi di Sekitar Lokasi Pabrik AQUA Cianjur

INDUSTRY.co.id - Cianjur - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret lalu, Danone-AQUA menggelar acara  “Selusur Siklus Air Bersama Danone-AQUA” bersama media yang diadakan di Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/3/2019).

Sejalan dengan visi Danone, “One Planet One Health” di hari air sedunia kali ini, Danone-AQUA telah melakukan berbagai upaya konservasi dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan keberlanjutan siklus air.

Salah satu wujud konservasi Danone-AQUA untuk menjaga kualitas dan kuantitas air adalah Konservasi di sekitar lokasi Pabrik AQUA Cianjur, Jawa Barat. Dengan menerapkan pendekatan ‘Hulu-Tengah-Hilir’, Danone-AQUA mengembangkan dua program konservasi Taman Kehati. Wilayah program  berada di dalam area pabrik  yang berada di  Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur. 

Dua Taman Kehati yang luas totalnya mencapai 5 Ha tersebut memiliki koleksi tanaman beragam termasuk tanaman herbal, yang kini juga berfungsi sebagai tempat penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hayati, pendidikan, serta penunjang kegiatan ekowisata.

Selain program konservasi, Danone-AQUA juga menjadikan desa tersebut sebagai desa percontohan pertanian ramah lingkungan, bekerja sama dengan Kelompok Tani Gede Lestari Program Ecofarming dan organisasi Himpunan Petani Organik Cianjur (HIPOCI). Program ini dikembangkan sebagai upaya melindungi sumber daya air dari cemaran bahan kimia yang terjadi akibat aktivitas pertanian.  

Model ini memastikan praktek budi daya dilakukan dengan benar sesuai dengan kaidah good agriculture practice (GAP) dengan selalu berorientasi pada pasar sehingga mampu memberikan dampak pada peningakatan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan pertanian ramah lingkungan di Cianjur.

“Setelah mendapatkan edukasi dan bantuan untuk memulai pertanian sehat ini, saya menjadi semakin sadar akan kualitas tanaman yang dihasilkan dengan menggunakan pestisida nabati dan nutrisi konvensional, sehingga hasil panen pun menjadi lebih sehat dan segar,” tutur Uden Suherlan, Ketua Kelompok Tani Gede Lestari Program Ecofarming. 

“Di samping itu, kami juga diajarkan dan difasilitas untuk dapat menggunakan greenhouse yang sangat membantu dalam pemeliharaan tanaman, karena melindungi tanaman dari kondisi lingkungan yang bisa merusak, misalnya curah hujan yang terlalu tinggi yang sering sekali terjadi di sini. Hasil panen menjadi lebih bagus sekaligus kami dapat menjaga keberlanjutan lingkungan,” tambahnya.

Berbagai inisiatif yang dilakukan oleh Danone-AQUA tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk terus menjaga kualitas sekaligus menjaga keberlajutan lingkungan. Danone-AQUA berkomitmen untuk dapat terus memberikan hidrasi sehat dengan kualitas air mineral pegunungan terbaik melalui tiga cara:

Memilih mata air terbaik dengan 9 kriteria dan 5 tahapan penelitian selama minimal 1 tahun, yang melibatkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu meliputi hidrogeologi, geologi, geofisika, geokimia, dan mikrobiologi. Penelitian ini terus dilakukan untuk memastikan kestabilan kualitas, kuantitas, dan kesinambungan sumber daya air AQUA yang  terfiltrasi selama ratusan tahun secara alami.

Menjaga keaslian air seperti di sumbernya dengan tidak memakai bahan kimia pemurni air dan menggunakan sistem integrasi yang tak terputus dengan sumbernya. Sistem ini memiliki 400 parameter kualitas, melalui 19 audit kualitas berbeda dan mendapatkan sertifikasi dari 7 badan independent.

Merawat sumber air dan lingkungan sekitarnya dari hulu hingga ke hilir. Danone-AQUA berkontribusi melindungi ekosistem dengan 3 tahap inisiatif dari daerah serapan hujan sampai ke mata air dan daerah sekelilingnya untuk menjaga kualitas dan kuantitas air dari waktu ke waktu. Bersama 11 LSM, Danone-AQUA melaksanakan lebih dari 15 program pelestarian lingkungan serta pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

Danone-AQUA percaya bahwa kesehatan hidrasi harus dimulai dengan kesehatan bumi. Air yang terjaga keberlanjutannya, adalah salah satu indikator kesehatan bumi. Berbagai upaya yang dilakukan Danone-AQUA merupakan langkah untuk mencapai salah satu tujuan keberlanjutan Danone-AQUA: berkontribusi kepada kehidupan bumi yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 18:00 WIB

Konser Jakarta Melayu Festival Berlangsung Meriah

Jakarta Melayu Festival (JMF) ke-9 yang digelar di Ancol Sabtu malam (17/8/2019) dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Gubernur, juga hadir dua tamu istimewa dari Kerajaan Malaysia.

Industri Petrokimia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 17:25 WIB

Kadin Minta Pemerintah Serius Kembangkan Industri Kimia Berbasis Metanol

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah untuk terus mengembangkan industri kimia berbasisi metanol. Pasalnya, kebutuhan metanol untuk industri di Tanah Air terus meningkat…

Presiden Jokowi-JK Jadi Saksi Pernikahan Anak Ketua DPR

Senin, 19 Agustus 2019 - 17:00 WIB

Presiden Jokowi-JK Jadi Saksi Pernikahan Anak Ketua DPR

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersyukur akad nikah puteranya, Yudhistira Raditya Pujono Soesatyo dengan Nadira Isnindiati Kuringa Kusumabrata, yang berlangsung di Lobby Kudus, Hotel…

Data Center Telkom Sigma-(foto Dok TelkomSigma)

Senin, 19 Agustus 2019 - 16:02 WIB

Perlindungan Data Pribadi Mutlak Diperlukan

Jakarta-Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus terkait dengan kedaulatan data. Apalagi di zaman era digital saat ini. Hal tersebut disampaikannya dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR RI…

Forest Hill (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 Agustus 2019 - 16:00 WIB

Forest Hill, Kawasan Properti Berbasis Aset Teknologi

Forest Development, perusahaan properti Indonesia berbasis aset teknologi, mengenalkan kawasan properti bernilai investasi tinggi di Parung Panjang