PT. SPV Tuntaskan 5000 Biopori dan Lima Sumur Komunal di Hari Air Sedunia 2019

Oleh : Hery Barus | Selasa, 26 Maret 2019 - 06:00 WIB

PT. South Pacific Viscose (PT. SPV) (Foto Dok Industry.co.id)
PT. South Pacific Viscose (PT. SPV) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Purwakarta– PT.  South Pacific Viscose (PT. SPV) yang merupakan penghasil serat untuk pasar dunia, lakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan berikan 5000 biopori di 1000 rumah tinggal warga desa Cicadas, Purwakarta serta fasilitasi 5 sumur komunal pada Hari Air Sedunia 2019 untuk sumber air bersih yang dapat dilakukan warga sekitar dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Lubang resapan biopori adalah lubang silindris sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya serap air pada tanah. Hal ini dilakukan mengingat kontur tanah di sekitar Purwakarta adalah tanah bebatuan sehingga sering terjadi genangan air jika turun hujan.

"SPV menginisiasi gerakan 5 biopori di setiap rumah yang bertujuan menjaga kandungan air tetap terjaga. Alhamdulillah program ini didukung penuh oleh warga sekitar dan saat ini terdapat 5000 biopori di pemukiman warga Cicadas,“ ujar Widi Nugroho sebagai Head of Corporate Affairs PT South Pacific Viscose.

Tak hanya gerakan biopori, SPV juga melakukan program penyediaan air bersih dengan membuat 5 sumur komunal yang dapat digunakan oleh warga desa Cicadas secara umum, dan juga membuat SABU (Sentra Air Bersih untuk Umum) yang berlokasi di Desa Cikao Bandung dengan mengelola air sungai Citarum melalui sistem penyaringan khusus hingga layak digunakan. SPV secara aktif melibatkan masyarakat dalan kegiatan air bersih dan sanitasi untuk membentuk rasa memiliki sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung secara berkelanjutan.

“Harapan kami dengan program penyediaan air bersih pada Hari Air Sedunia 2019 ini, SPV dapat berkontribusi dalam mengkampanyekan praktek hidup bersih dan sehat di masyarakat, serta meningkatkan jumlah kelompok masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan dimana hal ini sejalan dengan tujuan kami dalam hal pemberdayaan masyarakat dengan memberikan fasilitas yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar”, tutup Widi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 22:00 WIB

Ketua DPR: Sikapi Rekapitulasi Akhir Pemilu dengan Arif dan Bijaksana

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersyukur tahapan akhir Pemilu 2019 telah selesai ditandai dengan diumumkannya hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa dini hari (21/05/19).…

Dari kiri ke kanan: Manager Komunikasi Internal BNI Syariah, Alyusri; Pgs Manager Koordinator BNI Syariah, Iqbal Taqiudin; Sekretaris Perusahaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari.

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:52 WIB

Green Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

Green Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:30 WIB

Menhan Ryacudu Pastikan Kondisi Aksi 22 Mei Kondusif Stabil

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizad Ryacudu memastikan kondisi keamanan menjelang aksi 22 Mei 2019 berjalan kondusif dan stabil.

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:20 WIB

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Pemerintah mengabulkan harapan Ida Faridha (54) warga Kawarang untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku telah menelusuri keberadaan…

Brigjen Pol Mohammad Iqbal Karopenmas Polri

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:03 WIB

Enam Sikap Masyarakat Jelang Pengumuman Resmi KPU Terkait Pilpres

Sehubungan dengan pengumuman terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024, terdapat masa-masa yang tidak menginginkan/menolak/makar terhadap Presiden terpilih nanti pada…