Meningkatknya Industry Infrastruktur, KS Tingkatkan Produksi 5,4 Juta Ton/Tahun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Maret 2019 - 13:00 WIB

Pabrik Baja (Foto Dok Industry.co.id)
Pabrik Baja (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Krakatau Steel (Persero) Tbk akan mulai mengoperasikan fasilitas pabrik "hot strip mill" kedua (HSM 2) pada Juni mendatang setelah memasuki tahap penyelesaian mekanik pada akhir April 2019.

"Perlu waktu mungkin dua bulan dari April untuk bisa beroperasi," kata Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim di Jakarta, Kamis (21/3/2019)

Nilai investasi pabrik HSM kedua itu mencapai 515 juta dolar AS dengan kapasitas produksi tahap awal sebesar 1,5 juta ton. Selanjutnya, akan disusul dengan pembangunan pabrik-pabrik "rolling mill" lainnya seperti dua "Cold Rolling Mill" dan penambahan kapasitas HSM 2.

Menurut Silmy, beroperasinya pabrik baru perseroan itu akan menambah kapasitas produksi baja nasional. Dengan demikian, Indonesia bisa memenuhi permintaan baja untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur yang tengah masif dilakukan.

Pengoperasian pabrik baru diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi baja hingga 5,4 juta ton per tahun.

"Saat ini produksi sekitar 5 juta ton per tahun. Tahun ini kami kapasitas produksi baja hingga 5,4 juta ton per tahun.

Dalam catatan Antara, pembangunan pabrik HSM 2 merupakan bagian dari klaster baja di Cilegon yang ditargetkan bisa memproduksi 10 jta ton baja pada 2025. Pembangunan klaster baja di Cilegon terdiri dari fasilitas produksi  milik PT Krakatau Steel dan PT Krakatau Posco.

Untuk mencapai target 10 juta ton produksi baja, Silmy menuturkan pihaknya tengah mengatur waktu yang tepat untuk bisa melakukan investasi tambahan. Namun, ia meyakini target tersebut akan bisa dicapai sebelum 2025 jika mendapat dukungan regulasi dan pasar baja yang sehat.

"Kita sedang atur waktu yang tepat untuk investasi tambahan agar menjadi 10 juta ton (produksi)," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 06 April 2020 - 15:05 WIB

Dilarang Angkut Penumpang Selama Masa PSBB, Pengemudi Ojol Desak Pemerintah Berikan Kompensasi Penghasilan Rp100 Ribu per Hari

Pemerintah bakal melarang transportasi daring, khususnya sepeda motor untuk mengangkut penumpang selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di satu daerah.

Cegah Covid-19, RPX Bantu Proses Impor Lma Juta Masker

Senin, 06 April 2020 - 15:00 WIB

Cegah Covid-19, RPX Bantu Proses Impor Lima Juta Masker

RPX pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) kembali melakukan pengiriman alat pelindung diri membantu pencegahan covid-19. Kali ini RPX dipercaya oleh PT Aplikasi Karya Anak…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Senin, 06 April 2020 - 14:39 WIB

OJK Ingatkan Kepada Leasing untuk Hentikan Menerjunkan Debt Collector

OJK masih mendengar keluhan yang disampaikan melalui email atau telepon call center OJK berkaitan masih maraknya debt collector yang menemui masyarakat, khususnya yang terkait dengan pembiayaan…

Program BSPS Kementerian PUPR 2020 Jangkau 4.745 Lokasi

Senin, 06 April 2020 - 14:27 WIB

Program BSPS Kementerian PUPR 2020 Jangkau 4.745 Lokasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020, salah satunya adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)…

Patrick Cutrone Fiorentina (ist)

Senin, 06 April 2020 - 14:16 WIB

Kabar Gembira Datang Dari Fiorentina, Patrick Cutrone, Pezzela dan Vlahovic Telah Sembuh dari Covid-19

Tiga pemain club Fiorentina yakni Patrick Cutrone, German Pezzela, dan Dusan Vlahovic telah dinyatakan sembuh dari virus corona atau covid-19.