REI Inginkan Kepemilikan Properti bagi Asing Dipermudah

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 22 Maret 2019 - 07:44 WIB

Ilustrasi Properti
Ilustrasi Properti

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Asosiasi pengusaha pengembang properti yang tergabung dalam Real Estate Indonesia (REI) mengajukan usulan terhadap RUU Pertanahan yang salah satu poinnya adalah mempermudah kepemilikan properti warga negara asing (WNA).

Saat ini, WNA yang memiliki properti HGB hanya memiliki hak 25 tahun dan perpanjangan 25 tahun setelah habis.

Sekretaris Jenderal REI Paulus Totok Lusida menjelaskan bahwa pihaknya masih terus berdiskusikan mengenai kemudahan bagi WNA memiliki properti. Yang jelas, dirinya menyatakan bahwa bagi WNA regulasi di Indonesia lebih rumit ketimbang regulasi di negara tetangga.

“Orang asing tetap samalah, HGB, tetapi 50 tahun, kemudian bisa diperpanjang 40 tahun. Hal itu kita butuhkan karena negara tetangga kita berinya 100 tahun, jadi supaya kompetitif,” ujarnya belum lama ini.

Ia melanjutkan, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap usulan REI tersebut karena properti yang diperuntukkan kepada WNA memiliki kelas ekonomi yang sudah dibatasi. Selain itu, area-area juga terbatas dan hanya untuk high end saja.

“Properti itu kan tidak dibawa lari atau dibawa ke luar negeri, tetap ada di Indonesia. Dengan adanya batasan itu, tentu saja ada kepastian statusnya baik untuk orang asing maupun negara kita,” lanjutnya.

Pengamat Properti, Panangian Simanungkalit meragukan aturan tersebut akan efektif menggenjot demand WNA terhadap kepemilikan rumah. Pasalnya, banyak WNA yang sudah memiliki properti di Indonesia kendati menggunakan nominee atau nama orang lain.

“Orang asing ragu akan kepastian hukum perpanjangannya dan kepastian biaya perpanjangannya. Jadi orang asing di Indonesia memilih jalan memiliki properti dengan nominee melalui perjanjian dibawah tangan,” tambahnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…