Menteri BUMN Rini Peresmian Rice Milling Unit (RMU)

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2019 - 09:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya- Menteri BUMN Rini Soemarno  meresmikan pengoperasian dua pusat pengolahan gabah dan beras (Rice Milling Unit/RMU) di Kabupaten Ciamis, yakni di kecamatan Pamarican dan Kecamatan Jamanis.

RMU yang dibangun oleh 2 perusahaan BUMN, yakni Bank Mandiri dan BRI tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan negara kepada upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan petani melalui konsep kewirausahaan petani.

Rini menjelaskan, konsep kewirausahaan petani mensinkronkan empat kegiatan petani, yaitu pra tanam, tanam, panen dan pascapanen dalam sebuah entitas bisnis berbentuk PT yang dikelola secara professional serta dimiliki oleh rakyat setempat (Gabungan Kelompok Tani/Gapoktan dan BUMNDesa).

“Konsep ini akan dapat mendorong kemandirian petani, karena proses pengelolaan hasil tanam hingga pemasaran dilakukan oleh petani secara professional dan diawasi secara bersama-sama sehingga bias didapatkan hasil yang optimal,” katanya, Rabu (20/3/2019)

Rini lalu mencontohkan, RMU Pamarican yang telah selesai dibangun oleh Bank Mandiri pada September 2018 sudah bisa memproduksi hingga lebih dari 700 ton beras berkualitas baik hingga Februari 2019.

Beras dengan brand "Si Geulis" itu telah dipasarkan secara online di blanja.com, tokopedia, bukalapak, jd.id, dsn shopee

Kelas Kreatif dan Pangan Murah

Masih dalam kunjungan ke Tasikmalaya, Menteri Rini berkesempatan mengunjungi kelas kreatif yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia  dan Kegiatan Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselanggarakan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN.

Untuk Kelas Kreatif telah melibatkan 300 peserta dan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi peserta, dan pada akhirnya bisa menjadi wirausaha-eirausaha muda tangguh. Program-program seperti ini yang terus saya dorong , bgaimana BUMN terus menyediakan wadah untu menyalurkan aspirasi, talenta dan bakat anak muda untuk bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan,” ungkap Menteri Rini.

Dalam penyelenggaraan Kelas kreatif ini dibagi menjadi lima kelas, yakni barista kopi, Business Model Canvas, Grooming Groom  dan komunikasi, Design sprint dan Trend Bisnis Digital.

Sementara itu untuk kegiatan pangan murah, Bank Mandiri menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, sarden, dan lainnya yang dapat dibeli masyarakat sekitar dengan harga terjangkau.

Kegiatan Panagn Murah dilakukan di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamias dan disambut meriah oleh masyarakat setempat. Dengan kegiatan ini, Menteri Rini berharap, masyarakat Pamarican bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari dengan harga terjangkau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Outlet baru Gulu Gulu Star

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:52 WIB

Sour Sally Group Buka Outlet Gulu Gulu Star di Central Park

Sour Sally Group membuka outlet baru dari Gulu Gulu Star dengan konsep yang lebih besar serta menghadirkan menu yang lebih variatif untuk memanjakan pelangganya. Kali ini Gulu Gulu memilih Central…

Sekretaris Jenderal PUPR Anita Firmanti dengan Vice Chairman China International Development Cooperation Agency (CIDCA) Deng Boqing

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:18 WIB

Pemerintah Gandeng Tiongkok Garap Bendungan di Sulawesi dan Kalimantan

Penandatanganan Exchange of Letter ini merupakan tanda dimulainya kegiatan Engineering Services persiapan pembangunan Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara dengan dana hibah dari Pemerintah…

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:00 WIB

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Pembalap Amato belia Amato Rudolph mencetak double winner putaran 5 ISSOM 2019 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat Minggu (13/10/2019). Catatan double winner Amato Rudolph, ini…

Kasubdit BUMD Bidang Lembaga Keuangan dan Aneka Usaha Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Bambang Arianto

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:11 WIB

BUMD Dituntut Untuk Siap Dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut untuk siap dalam menghadapi berbagai perubahan supaya dapat bersaing dalam dunia usaha yang semakin menggeliat…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:10 WIB

Pacu Investasi dan Ekspor, Kemenperin Bakal Hapus 18 Regulasi

Kementerian Perindustrian akan menghapus 18 regulasi demi mengantisipasi berlanjutnya perang dagang antara Amerika Serikat dan China yang diprediksi berdampak pada terjadinya resesi global.…