Menteri BUMN Rini Peresmian Rice Milling Unit (RMU)

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2019 - 09:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya- Menteri BUMN Rini Soemarno  meresmikan pengoperasian dua pusat pengolahan gabah dan beras (Rice Milling Unit/RMU) di Kabupaten Ciamis, yakni di kecamatan Pamarican dan Kecamatan Jamanis.

RMU yang dibangun oleh 2 perusahaan BUMN, yakni Bank Mandiri dan BRI tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan negara kepada upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan petani melalui konsep kewirausahaan petani.

Rini menjelaskan, konsep kewirausahaan petani mensinkronkan empat kegiatan petani, yaitu pra tanam, tanam, panen dan pascapanen dalam sebuah entitas bisnis berbentuk PT yang dikelola secara professional serta dimiliki oleh rakyat setempat (Gabungan Kelompok Tani/Gapoktan dan BUMNDesa).

“Konsep ini akan dapat mendorong kemandirian petani, karena proses pengelolaan hasil tanam hingga pemasaran dilakukan oleh petani secara professional dan diawasi secara bersama-sama sehingga bias didapatkan hasil yang optimal,” katanya, Rabu (20/3/2019)

Rini lalu mencontohkan, RMU Pamarican yang telah selesai dibangun oleh Bank Mandiri pada September 2018 sudah bisa memproduksi hingga lebih dari 700 ton beras berkualitas baik hingga Februari 2019.

Beras dengan brand "Si Geulis" itu telah dipasarkan secara online di blanja.com, tokopedia, bukalapak, jd.id, dsn shopee

Kelas Kreatif dan Pangan Murah

Masih dalam kunjungan ke Tasikmalaya, Menteri Rini berkesempatan mengunjungi kelas kreatif yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia  dan Kegiatan Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselanggarakan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN.

Untuk Kelas Kreatif telah melibatkan 300 peserta dan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi peserta, dan pada akhirnya bisa menjadi wirausaha-eirausaha muda tangguh. Program-program seperti ini yang terus saya dorong , bgaimana BUMN terus menyediakan wadah untu menyalurkan aspirasi, talenta dan bakat anak muda untuk bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan,” ungkap Menteri Rini.

Dalam penyelenggaraan Kelas kreatif ini dibagi menjadi lima kelas, yakni barista kopi, Business Model Canvas, Grooming Groom  dan komunikasi, Design sprint dan Trend Bisnis Digital.

Sementara itu untuk kegiatan pangan murah, Bank Mandiri menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, sarden, dan lainnya yang dapat dibeli masyarakat sekitar dengan harga terjangkau.

Kegiatan Panagn Murah dilakukan di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamias dan disambut meriah oleh masyarakat setempat. Dengan kegiatan ini, Menteri Rini berharap, masyarakat Pamarican bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari dengan harga terjangkau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).