Menteri BUMN Rini Peresmian Rice Milling Unit (RMU)

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2019 - 09:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya- Menteri BUMN Rini Soemarno  meresmikan pengoperasian dua pusat pengolahan gabah dan beras (Rice Milling Unit/RMU) di Kabupaten Ciamis, yakni di kecamatan Pamarican dan Kecamatan Jamanis.

RMU yang dibangun oleh 2 perusahaan BUMN, yakni Bank Mandiri dan BRI tersebut merupakan bentuk dukungan perusahaan negara kepada upaya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan petani melalui konsep kewirausahaan petani.

Rini menjelaskan, konsep kewirausahaan petani mensinkronkan empat kegiatan petani, yaitu pra tanam, tanam, panen dan pascapanen dalam sebuah entitas bisnis berbentuk PT yang dikelola secara professional serta dimiliki oleh rakyat setempat (Gabungan Kelompok Tani/Gapoktan dan BUMNDesa).

“Konsep ini akan dapat mendorong kemandirian petani, karena proses pengelolaan hasil tanam hingga pemasaran dilakukan oleh petani secara professional dan diawasi secara bersama-sama sehingga bias didapatkan hasil yang optimal,” katanya, Rabu (20/3/2019)

Rini lalu mencontohkan, RMU Pamarican yang telah selesai dibangun oleh Bank Mandiri pada September 2018 sudah bisa memproduksi hingga lebih dari 700 ton beras berkualitas baik hingga Februari 2019.

Beras dengan brand "Si Geulis" itu telah dipasarkan secara online di blanja.com, tokopedia, bukalapak, jd.id, dsn shopee

Kelas Kreatif dan Pangan Murah

Masih dalam kunjungan ke Tasikmalaya, Menteri Rini berkesempatan mengunjungi kelas kreatif yang diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia  dan Kegiatan Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri.

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diselanggarakan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN.

Untuk Kelas Kreatif telah melibatkan 300 peserta dan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan serta kompetensi dalam menghadapi persaingan global.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi peserta, dan pada akhirnya bisa menjadi wirausaha-eirausaha muda tangguh. Program-program seperti ini yang terus saya dorong , bgaimana BUMN terus menyediakan wadah untu menyalurkan aspirasi, talenta dan bakat anak muda untuk bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan,” ungkap Menteri Rini.

Dalam penyelenggaraan Kelas kreatif ini dibagi menjadi lima kelas, yakni barista kopi, Business Model Canvas, Grooming Groom  dan komunikasi, Design sprint dan Trend Bisnis Digital.

Sementara itu untuk kegiatan pangan murah, Bank Mandiri menyediakan sejumlah bahan pokok berupa beras, minyak goreng, gula pasir, makanan instan, sarden, dan lainnya yang dapat dibeli masyarakat sekitar dengan harga terjangkau.

Kegiatan Panagn Murah dilakukan di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamias dan disambut meriah oleh masyarakat setempat. Dengan kegiatan ini, Menteri Rini berharap, masyarakat Pamarican bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari dengan harga terjangkau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertamina (Foto: Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 15:44 WIB

Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

Jakarta-Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan yang menyatakan pemerintah sudah mulai mengebut upaya eksplorasi dan eksploitasi untuk mencari cadangan…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 19 Agustus 2019 - 15:33 WIB

Telkom Optimis Raih Kinerja yang Semakin Baik

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) optimis mampu meningkatkan kinerja hingga akhir tahun 2019. Peningkatan pendapatan dan kontribusi dari bisnis digital serta Investasi pembangunan…

Bank BTN akan menjaga laju bisnis perseroan tetap on track hingga akhir 2019

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:56 WIB

Aset BTN Tumbuh Tertinggi di Antara 15 Bank Besar

akarta-Bisnis PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. yang terus melaju positif sukses mengantarkan perseroan mencatatkan diri sebagai bank dengan pertumbuhan aset tertinggi di antara 15 entitas…

Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen, saat paparan publik

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Telkom Ikuti Proses Tender BTS Menara Indosat

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) sedang mengikuti proses tender (Base Tranceiver Station/BTS) dari PT Indosat TBK (ISAT).

Arc by Crown Group

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Dua Menara Megah Crown Group Sabet Penghargaan Bergengsi dalam UDIA NSW Awards 2019

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk dua proyek huniannya di Sydney pada perhelatan UDIA NSW Awards for Excellence 2019, akhir…