Optimalisasi Dana Riset Dongkrak Pertanian

Oleh : Wiyanto | Senin, 18 Maret 2019 - 16:33 WIB

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)
Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

INDUSTRY.co.id

Bogor - Alokasi riset di pertanian masih sangat rendah, namun rendahnya alokasi tersebut bukan berarti tanpa hasil yang optimal. Optimalisasi anggaran riset diharapkan dongkrak kemajuan pertanian.

Secara umum, anggaran riset Indonesia belum mencapai 1% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Dalam APBN 2017, anggaran riset hanya sebesar 0,21 persen dari PDB Indonesia.

"Alokasi anggaran kita masih kalah, tapi kita harus bisa berbuat banyak," kata SAM Bid Infrastruktur Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi di Bogor, Senin (18/3/2019).

Saat ini Kementan punya penelitian unggulan yang on-going di Tanaman Pangan seperti Varietas Padi Hibrida, Tropis Umur Genjah,Varietas Padi Ultra Genjah (mendukung IP 400 dan antisipasi perubahan iklim), Benih Padi (BS, FS, ES/SS), Varietas Jagung Hibrida Umur Genjah, Varietas Kedelai Biji Besar, Varietas Gandum Tropika dan Varietas Sorghum. Pada Tanaman Hortikultura seperti, varietas Unggul Baru (kentang, bawang merah, manggis, durian, jeruk, pisang, krisan) produktivitas tinggi, tahan cekaman biotik dan abiotik (perubahan iklim), Benih Sumber(Bawang Merah, Kentang, Durian, Manggis, Jeruk, Krisan, Mawar. Teknologi Budidaya Produksi Hortikultura (aman dikonsumsi, sehat dan input rendah) Tanaman Perkebunan, Somatik Embriogenesis (SE) Jambu Mete, Kultur Jaringan Nilam & Lada, Tebu kultur jaringan dan lainnya.

"Anggaran Litbang pertanian sekitar Rp 1 triliun itu semua, riset lebih rendah. Lihat alokasi anggaran riset dan APBN, negara maju Singapura, Jepang rasio dengan APBN lebih tinggi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…