Wapres Jusuf Kalla Resmikan Pikiran Rakyat TV

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 18 Maret 2019 - 09:55 WIB

Witjaksono Komisaris Utama Pikiran Rakyat TV
Witjaksono Komisaris Utama Pikiran Rakyat TV

INDUSTRY.co.id - Bandung – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, kemarin, Minggu, 17/3, di Hotel Savoy Homan, Bandung secara resmi menekan tombol menandai dimulainya siaran TV Digital Pikiran Rakyat TV (PRTV). Hadir pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Komisaris Pikiran Rakyat Media, dan pencetus serta komisaris utama PR TV, Witjaksono.

Dalam sambutannya Jusuf Kalla menyampaikan kegembiraannya atas hadirnya Pikiran Rakyat TV yang akan menambah deretan media yang mengutamakan informasi akurat dibandingkan berita hoak. “Kemajuan teknologi yang begitu pesat dengan kemajuan di media, media bukan hanya memberitakan yang sedang terjadi tetapi juga bisa yang akan terjadi. Karena itu perkembangan kedaualatan rakyat, tv menjadi kehadiran dan bukan hanya mencari berita tetapi juga bahwa berita mulai mencari kita. Saya yakin dan percaya media sekelas Pikiran Rakyat akan mengutamakan kebenaran ketimbang berita bohong. Apalagi saat ini masyarakat sdh semakin cerdas untuk memilih berita yang benar.” Kata Jusuf Kalla.

Sementara itu, Witjaksono selaku pencetus dan komisaris utama PRTV mengatakan bahwa PR TV adalah sebuah media tv full news yang merupakan terobosan baru di dunia media televisi di Indonesia. "Kita ingin punya tv yang kondusif jauh lebih uptodate dari yang bisa dilihat oleh anak-anak muda terutama untuk kaum millenial, kenapa? Saya saja tidak pernah nonton TV konvesional dan saya tidak pernah nonton dilayar juga, nah pergeseran ke tv ini pasti akan terjadi mau tidak mau semua stasiun tv akan lari ke mobile," ujar Witjaksono

Pengusaha muda  yang namanya dianggap layak menjadi menteri mewakili kalangan  milenial ini, mengatakan PRTV berbasis aplikasi yang bisa di downlot di di Playstore Android yang bisa diliat kapanpun dan di manapun. "Target kita adalah news aplication yang dibentuk seperti entertaiment news yang akan lebih enak lebih di tonton tapi  enak dilihat, juga tidak provokatif. Saya melihat banyak media provokatif saya akan kurangi itu, karena kalau kondisinya live dan interatif itu akan susah kepada media yang provokatif, memang kondisinya keterbatasan kita adalah fun yang belum cukup untuk kita digeber, ada beberapa yang harus di funded, kalau sudah ukup ok kita geber dan langsung besar namanya," bebernya.

Untuk membuat tv berbasis aplikasi ini, Witjaksono akan melibatkan masyarakat dalam memberikan informasi yang di lihat dan terjadi disekitarnya. "Siapapun bisa jadi Citizen Journalism dan kami yang akan menyediakan ruang itu termasuk tekhnologi, sumber daya dan kualitas live streaming yang memadai," bebernya.

Program Pikiran Rakyat TV menurut sang penggagas, Witjaksono hampir dengan televisi nasional maupun lokal sekitar 60-70%, target berita adalah citizen jurnalizm jadi pihaknya tak menginginkan adanya wartawan-wartawan yang memang kompetensinya harus ada tulisannya tapi harus benar-benar update saat itu juga.

"Target PR tv adalah live kalau di dunia luar melihat ada seperti TV live, tapi TV kita ini fokus ke interatif antara penyiar dan masyarkat secara langsung. Dan sistem kita klik karena di seluruh dunia belum ada news aplication yang modelnya seperti ini, makanya target PRTV ini dari umur 15 sampai 40 tahun lebih banyak yang kita targetkan, kenapa luas demografi ini kalau lihat data statistik di tahun 2024 sampai 2025 itu 50-60% sudah mulai beralih ke kaum millenial yang akan pegang kendali." tandas Witjaksono. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…