NATO Pilih BlackBerry SecuSUITE® for Government untuk Amankan Jaringan Telepon

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 15 Maret 2019 - 08:57 WIB

Blackberry Secure Devices (Foto us.blackberry.com)
Blackberry Secure Devices (Foto us.blackberry.com)

INDUSTRY.co.id - Waterloo, Ontario, Canada - BlackBerry Limited menginformasikan bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) melalui NATO Communications and Information (NCI) Agency telah memilih layanan BlackBerry SecuSUITE® for Government untuk mengenkripsi data percakapan suara yang dilakukan oleh para pemimpin negara anggota NATO.

Layanan BlackBerry SecuSUITE® for Government merupakan teknologi layanan enkripsi data suara yang dimiliki BlackBerry saat ini. Layanan tersebut terdapat dalam perangkat yang digunakan para pemimpin dunia tersebut ketika mereka berkomunikasi di tempat kerja, rumah, atau saat berpergian.

NCI Agency memfasilitasi 29 negara anggota NATO agar dapat berkomunikasi secara aman. NCI Agency bertugas menerima, menyebarkan, dan melindungi sistem komunikasi yang digunakan para pengambil keputusan politik serta pusat komando yang tergabung dalam NATO serta memerangi serangan siber.

Karena informasi yang ditangani oleh NCI Agency sangat rahasia, maka keamanan menjadi aspek yang sangat penting untuk melindungi seluruh aktivitas komunikasi serta memerangi kriminal siber yang bertujuan untuk menyadap percakapan secara elektronik.

General Manager of the NCI Agency, Kevin Scheid, mengemukakan, seiring dengan pelaku kejahatan siber yang semakin canggih, NCI membutuhkan cara yang aman agar para tokoh penting negara dapat melakukan percakapan telepon dengan orang-orang yang berada di dalam maupun di luar organisasi dimanapun mereka berada.

“Teknologi enkripsi percakapan suara dari BlackBerry dapat mengatasi tantangan yang sedang dihadapi NCI tesebut dan juga dapat memperkuat strategi pertahanan siber kami,” ujar Kevin.

“Menyadap telepon adalah cara termudah untuk mengakses informasi rahasia. Kami bangga karena NCI Agency, pelopor pengembangan dan pemanfaatan teknologi untuk menjaga keamanan negara-negara anggota NATO, telah mempercayai perangkat lunak BlackBerry untuk mengamankan komunikasi suara mereka,” papar Dr. Christoph Erdmann, SVP of BlackBerry Secusmart, BlackBerry.

Christoph menambahkan, apapun sistem operasi atau perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi, teknologi keamanan siber BlackBerry dapat menjamin keamanan data para pelanggan kami.

SecuSUITE for Government dari BlackBerry mendukung berbagai ponsel pintar (smartphone) serta tablet berbasis Android™ dan iOS®, juga dapat dipasang  on-premise, di pusat data, ataupun di cloud.

Contoh penggunaan solusi tersebut adalah:

  1. Secure conferencing yang mengenkripsi percakapan antara conference bridge yang aman dengan perangkat yang telah terpasang SecuSUITE for Government.
  2. Secure landing yang mengenkripsi perangkat seluler ke sebuah sambungan kabel telepon dalam jaringan yang sama.
  3. Break-in yang melindungi komunikasi antara perangkat seluler atau telepon kabel dalam jaringan home pengguna ke perangkat seluler yang telah dipasang SecuSUITE for Government.
  4. Break-out yang mengamankan perangkat seluler ke jaringan home milik karyawan dan kemudian ke perangkat selular eksternal atau jaringan telepon kabel melalui ekstensi PSTN.

SecuSUITE® for Government telah dievaluasi dan memperoleh sertifikat untuk memenuhi syarat Common Criteria protection profile bagi VOIP applications dan SIP servers. Layanan tersebut juga telah mendapatkan sertifikat NIAP dan telah terdaftar dalam NSA Commercial Solutions for Classified Program (CSfC), yakni suatu daftar komponen dari produk yang telah disertifikasi untuk BlackBerry dalam sebuah sistem yang terklasifikasi. Ini adalah layanan tambahan BlackBerry. (Abraham Sihombing)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

Selasa, 21 Mei 2019 - 07:03 WIB

Keputusan Diskon Tarif, Astra Tol: Kami Menunggu Asosiasi Jalan Tol

PT Astra Tol Nusantra selaku operator tol Trans Jawa masih menunggu keputusan dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia terkait soal potongan harga atau diskon tarif tol pada saat mudik dan arus balik…

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

Selasa, 21 Mei 2019 - 06:30 WIB

H-5 Puncak Arus Mudik, Waspadai Kenaikan Kepadatan di Tol Tangerang-Merak

Bagi Anda yang ingin merencanakan mudik kali ini menggunakan jalur darat ada baiknya mempersiapkan waktu lebih awal atau seminggu sebelum puncak arus mudik lebaran yang jatuh pada 31 Mei atau…

ASTRA Infra grup mengadakan acara media gathering sekaligus berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema “Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di tol Trans Jawa”

Selasa, 21 Mei 2019 - 05:57 WIB

Mudik 2019, Begini Kesiapan Astra Infra di Tol Trans Jawa

Mudik lebaran merupakan momentum penting bagi masyarakat Indonesia. Terhubungnya ruas jalan tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018, semakin mempercepat dan mempermudah pemudik menuju kampung halaman.…

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Fotos Ist)

Selasa, 21 Mei 2019 - 00:40 WIB

Hasto: Aksi Demo 22 Mei Jangan Ganggu Ketertiban Umum

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan agar aksi demo yang dilakukan bertepatan dengan pengumuman hasil pemilu presiden 2019 oleh KPU pada 22 Mei, tidak sampai mengganggu…

Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 00:30 WIB

KPU: Unggul 16,59 Juta Suara, Jokowi-Ma’ruf Unggul di 21 Provinsi

Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah menyelesaikan dan menetapkan rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019 dari 34 provinsi hingga Senin (19/5/2019) malam. Dari hasil tersebut, paslon capres-cawapres…