Film Pohon Terkenal Tampilkan Kisah Taruna/I di Akademi Kepolisian

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 22 Februari 2019 - 08:14 WIB

Kadiv Humas Polri, Ir Jen Pol Muhammad Iqbal Membuka Selbung Poster Resmi film "Pohon Terkenal" produksi Divisi Humas Polri
Kadiv Humas Polri, Ir Jen Pol Muhammad Iqbal Membuka Selbung Poster Resmi film "Pohon Terkenal" produksi Divisi Humas Polri

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Pertumbuhan jumlah penonton film kita yang sangat signifikan, telah mendorong  Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia untuk ikut meramaikannya dengan membuat sebuah film berjudul Pohon Terkenal. Film ini bermaksud memberikan gambaran tentang bagaimana proses pendidikan dan latihan yang terjadi akademi kepolisian RI yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini.

Pohon Terkenal dipilih menjadi judul karena istilah itu populer di dunia kepolisian. Menurut Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal,  selaku Kepala Divisi Humas Mabes Polri, istilah pohon terkenal diberikan kepada taruna dan taruni yang selalu berulah dan tidak taat peraturan. Ia berharap film ini dapat menampilkan  sisi lain dari seorang polisi yang lebih humanis, baik, dan akrab dengan seluruh masyarakat.

"Tujuannya mempertontonkan sisi lain seorang polisi. Masyarakat tahunya polisi nangkap maling dan petugas lalu lintas. Yang mau ditunjukkan inilah proses seseorang menjadi perwira polisi di Akpol, mulai seleksi rekrutmen yang bersih sampai selama pendidikan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dalam rilis trailer dan poster film 'Pohon Terkenal' di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019).

"Tetapi dalam pendidikan selalu ada yang suka membuat masalah, yang sering terlambat apel, atau ngantuk saat pendidikan. Jadi, tanpa disebutkan namanya, kalau peserta apel kurang satu, pasti semua sudah tahu siapa yang belum datang. Istilah Betawinya 'lu lagi, lu lagi',"tambah  Iqbal.

Iqbal optimistis film ini akan diterima di hati para pencinta film, khususnya oleh masyarakat yang hendak alumni Akpol. "Ini film pertama yang bercerita tentang Akpol. Kalau misalnya semua lulusan Akpol nonton, Lalu mereka akan ajak anak, istri, dan temannya past film ini akan box office," tutur Iqbal.

Film yang dibintangi oleh Umay Shahab dan Laura Theux bercerita tentang kehidupan remaja milenial yang terpilih menjadi taruna taruni Akademi Kepolisian. Itu sebabnya dalam flm ini  sarat dengan pesan pembinaan karakter yang pantang menyerah serta kisah persahabatan, cinta, pengorbanan, kenakalan remaja, dan tentu saja aksi komedi

“Saya senang banget untuk jadi Bara di film ini. Ini film pertamanya akademi kepolisian, saya bersyukur awalnya saya enggak menyangka (berperan dalam film ini,” kata Umay yang berperan sebagai Bara.

Bara adalah salah satu tokoh sentral dalam film ini. Selama menjalani syuting, Umay mengaku kagum pada kehidupan taruna dan taruni di Akpol. "Mereka sangat disiplin. Itu pelajaran yang saya ambil. Dan mereka sangat bangga menjadi seorang taruna. Saya tanya para taruna dan taruni di sana bahwa masuk Akpol itu gratis," ujar Umay.

Film Pohon Terkenal yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini akan mulai tayang serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 21 Maret 2019. (AMZ)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.

H. Priyadi Abadi, MPar Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) paling kiri

Sabtu, 21 September 2019 - 17:11 WIB

Halal Tour Jamin Makanan dan Waktu Ibadah ke Luar Negeri

Jakarta -- Kenapa harus Halal Tour? Sebuah pertanyaan yang untuk sebagian orang akan merasa kurang nyaman menyebutnya, kenapa harus halal? Tapi bagi umat Islam, persoalan halal menjadi penting…

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Sabtu, 21 September 2019 - 17:00 WIB

Tiga Kandidat Rektor akan Lakukan Debat Publik

Memberi ruang bagi para kandidat untuk memaparkan sekaligus mempertahankan visi-misi mereka, berikut kesempatan mengkritisi pandangan para pesaingnya melatarbelakangi Majelis Wali Amanat Universitas…