Harga Jagung Mulai Anjlok, Siapa Bertanggung jawab?

Oleh : Wiyanto | Selasa, 19 Februari 2019 - 13:36 WIB

Tanaman jagung
Tanaman jagung

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Hoax berita harga jagung mencapai Rp 6.200 per kg tidak terbukti. Justru satu minggu terakhir di beberapa lokasi panen yang kami kunjungi rata-rata turun dari Rp 4.000-4.400 per kg menjadi Rp 3.300-3.750 per kg.

"Jangan hanya menghasut, menyebarkan hoax tapi tidak bisa menunjukkan dimana lokasinya. Kapan, dimana dan siapa yang membeli dengan harga tersebut informasikan ke kami. Jangan hanya memberi informasi yang tidak berdasar," kata Bambang Sugiharto, Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa (19/2/2019)

Harga ini diperkirakan akan terus merosot sejalan dengan meluasnya panen di sentra jagung nasional. Ketika kunjungan kerja bersama Ibu Bupati di Gunung Kidul kemarin (18/2), petani menyampaikan bahwa harga saat puncak panen bisa mencapai Rp 2.000 per kg. Lalu siapa yang akan bantu kalau sudah begitu?

Pernyataan Deputi Kemenko minggu lalu rencana akan impor karena datanya bermasalah, belum panen raya dan bahkan ada yg bilang panen raya baru bulan April. Ada berita juga peternak bilang jagung sangat mahal, harganya melambung. Dampaknya mereka minta impor jagung tidak dibatasi volumenya dan hanya dibatasi waktu pemasukannya.

Ditambahkan Andi Saleh, Kasubdit Jagung, Kenyataannya kita sudah memasuki panen raya jagung. Bukankah ini saatnya menyerap dan menyimpan jagung ketika harga jatuh?

Data penurunan harga jagung yang dilaporkan petugas informasi pasar tercatat selama seminggu ini antara Rp 100/kg - Rp 1.000/kg terjadi di beberapa kabupaten seperti Karo, Langkat, Humbang Hasundutan, Pakpak Barat, Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, Dharmas Raya, OKU, OKI, OKU Timur, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Pesisir Barat, Tasikmalaya, Kuningan, Majalengka, Purbalingga, Klaten, Wonogiri Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Jepara Demak, Batang, Brebes, Solo, Malang, Madiun , Sumenep, Tanah Laut, Kotawaringin, Bolmong, Minsel, Bulukumba, Janeponto, Pangkep, Barru, Bau-Bau, Gorontalo Utara dan Gorontalo. Penurunan harga ini akan berlangsung terus dan minggu depan harga bisa menjadi semakin anjlok di beberapa Kabupaten lain, ungkap Gatut, Direktur PPHTP Kementan.

Bagaimana tanggung jawab para komprador yang selalu meminta impor jagung, tidak percaya kalau sudah panen raya? Gunakan segala cara termasuk menyebar hoax bahwa tidak ada panen bulan Februari malah Dewan jagung bilang panen baru akhir april. Ada info paling tidak 3 kapal membawa jagung impor akan masuk ke jawa. Kalau seperti ini dan harga anjlok lagi, mereka harus tanggung jawab ke petani.

Kementan telah dan terus proaktif memitigasi anjloknya harga jagung dengan menggandeng pengusaha pakan ternak untuk memberikan komitmennya menyerap jagung petani lokal dengan harga yang pantas. Beberapa kabupaten telah melaksanakan kerjasama ini seperti di Pandeglang dan Gunungkidul dan harapannya diikuti oleh kabupaten lainnya agar petani jagung kita mendapat kepastian harga.

Selain itu pemerintah memberi bantuan dryer untuk meningkatkan mutu jagung, waktu simpan dan harga jualnya. Bantuan alat pemipil jagung, alat panen dalam rangka meningkatkan effisiensi produksi dan menekan biaya produksi jagung.

Terima kasih kami sampaikan ke Bapak Presiden yang telah mengapresiasi kerja petani, penyuluh, TNI dan insan pertanian. Apresiasi ini menjadi modal juang kami yang pantang menyerah untuk menjadikan Indonesia menjadi produsen jagung dunia, pungkas Bambang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosial Media (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 10:26 WIB

Masih Down, Media Sosial WhatsApp Belum Bisa Unggah Foto/Video

Pengguna media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter masih sulit diakses pada Kamis (23/5/2019).

Gerbang tol Cikampek Utama

Kamis, 23 Mei 2019 - 10:25 WIB

Transaksi di GT Cikarut Pindah ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama Mulai Hari Ini

Perubahan sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan berlaku pada tanggal 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB.

GoJek Indonesia (Foto : Anisa Triyuli)

Kamis, 23 Mei 2019 - 10:03 WIB

Cegah Perang Tarif, Pemerintah Bakal Atur Tarif Promo Ojek Online

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengatur program diskon atau tarif promo yang dikeluarkan oleh aplikator ojek online (ojol). Langkah ini untuk menghindari 'perang harga' yang tidak…

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives mulai dibuka tanggal 20 Juni – 20 Desember 2019 di Gandaria City, Jakarta

Kamis, 23 Mei 2019 - 09:50 WIB

Sorak Gemilang Entertainment Hadirkan Teamlab Future Park And Animals Of Flowers

TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives adalah pameran seni interaktif terbesar di Jakarta menggunakan teknologi digital. Pameran ini mengangkat tema utama ‘Co-Creation’…

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Kamis, 23 Mei 2019 - 09:30 WIB

Trans Power Marine Bagikan Dividen Tunai Sekitar 64% Dari Laba Bersih Tahun 2018

Jakarta-Pada tahun 2018, volume produksi batu bara nasional mengalami kenaikan sekitar 15% menjadi 528 juta ton yang didukung oleh peningkatan permintaan aktivitas ekspor batu bara, sehingga…