Presiden Jokowi: Selamat Tahun Baru Imlek 2570

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Februari 2019 - 05:39 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun instagram resmi menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2570 bagi yang merayakan.

“Semoga di Tahun Baru ini, persaudaraan kita menjadi lebih erat, penuh sukacita, berlimpah cinta dan kedamaian,” tulis Presiden di akun instagram yang diunggah Rabu (5/2/2019). 

Penyelenggaraan kegiatan keagamaan, kepercayaan, dan adat istiadat Cina, menurut Diktum Ketiga Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2000, dilaksanakan tanpa memerlukan izin khusus sebagaimana berlangsung selama ini.

“Penyelenggaraan kegiatan agama, kepercayaan, dan adat istiadat, pada hakikatnya merupakan bagian tidak terpisahkan dari hak asasi manusia,” bunyi klausul menimbang dalam Keppres yang ditandatangani Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid, pada tanggal 17 Januari 2000 seperti dikutip dari laman Setkab.

Peringatan Imlek atau Tahun Baru Cina kemudian ditetapkan Presiden Abdurrahman Wahid sebagai hari libur melalui Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2001, tanggal 9 April 2001.

Kemudian, di era Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri, Imlek ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional tahun 2002, dan berlaku mulai tahun 2003 sampai sekarang.

Perayaan Imlek di Denpasar Bali

Ratusan umat Konghucu melakukan sembahyang bersama merayakan tahun baru Imlek 2570 di Vihara Satya Dharma Benoa, Kota Denpasar, Bali, Selasa (5/2/2019)

Dalam pengamatan Antara, sejak pagi hari, umat Konghucu berdatangan untuk melakukan sembahyang di vihara dengan sebagian besar mengenakan busana dengan dominasi warna merah.

Mulai memasuki pelataran vihara tersebut, nuansa terasa berada di kawasan Tiongkok, karena ornamen bangunan viara itu kental dengan ciri kas Tionghoa yang dibalut dominan warna merah, dihiasi lampu lampion dan patung naga.

Begitu juga di sisi selatan dari bangunan utama vihara berdiri sebuah patung Dewi Kuan Im yang tingginya mencapai 15 meter. Untuk menuju patung Dewi Kwan Im tersebut ada juga sejumlah patung yang berukuran lebih kecil sebagai lambang Sio.

Pada perayaan tahun Baru Imlek 2570 Kongzili, umat yang berdatangan tersebut, setiba di bangunan utama vihara akan mengambil sarana sembahyang berupa dupa berwarna merah, serta lembaran kertas berlambang uang mas. Selanjutnya umat menyalakan dupa untuk digunakan sembahyang kepada Tuhan yang disimbolkan dengan arca disucikan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…