Industri Seman Bisa Dikuasai Oleh Semen Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 27 Januari 2019 - 15:00 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk optimistis bisa menguasai pasar semen pada 2019 setelah mengakuisisi PT Holcim Indonesia Tbk melalui Perjanjian Pengikatan Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales & Purchase Agreement) sebesar 80,6 persen.

Kepala Unit Komunikasi Ekternal Semen Indonesia, Firdiansyah Oktarizky di Surabaya, Jumat (25/1/2019) , mengatakan, sebelum mengakuisisi Holcim pangsa pasar Semen Indonesia pada kisaran 39,4 persen, sedangkan Holcim 15,6 persen.

"Dengan akuisisi ini, kami harapkan pasar semen nasional akan dikuasasi oleh Semen Indonesia atau sekitar 55 persen. Sisanya adalah oleh pemain lainnya," kata Firdiansyah di Surabaya.

Akuisisi ini, kata dia, juga menjadikan pasar Semen Indonesia semakin kuat di berbagai daerah, karena adanya sinergi antara Semen Indonesia dan Holcim dalam pola penjualan.

"Kami harapkan keuntungannya pada 2019 bisa menjadi Rp4,3 triliun, atau ada peningkatan sekitar 40 persen dibanding tahun 2018," katanya.

Terkait dengan nama merek Holcim setelah diakuisisi, Firdiansyah mengaku masih akan dirapatkan formulanya secara bersama-sama, kemudian akan diambil keputusan untuk penggunaan satau nama ke depanya.

Dalam catatan Antara, Holcim Indonesia merupakan perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia, dan memiliki 4 pabrik semen dengan kapasitas 14,8 juta ton per tahun dan 30 fasilitas ready-mix.

Saat ini di Indonesia terdapat 15 perusahaan semen dengan kapasitas terpasang sekitar 107 juta ton per tahun, di mana 63 persen dari kapasitas tersebut dikuasai pihak swasta dan pemain asing (global).

Pengambilalihan saham Holcim Indonesia ini dinilai akan semakin memperkuat posisi Semen Indonesia di pasar domestik.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:02 WIB

Dukung Industri Interior Indonesia, Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali mengumumkan kolaborasi konsep unik & kreatif dalam rangka menyelenggarakan pameran…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:00 WIB

Tanpa Penjelasan Pasti, Balap Sepeda TdF dan TdT Ditiadakan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa mengatakan pemerintah Provinsi NTT tidak menggelar kegiatan balap sepeda Tour de Flores (TdF) dan Tour…

Data Analyst Moka Hutami Nadya

Rabu, 22 Mei 2019 - 11:41 WIB

Semangat Bantu UKM, Moka Berbagi Strategi Bisnis dengan Tren Data Ramadan

Melalui medium microsite dan e-book Ramadan yang dapat diakses secara gratis, paparan data ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu dengan menunjukkan tren ritel dan F&B selama…